Skip to main content

Tips Optimasi SEO ala Agan Ini

Menurut wikipedia, SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. SEO bertujuan untuk menempatkan sebuah web di posisi teratas atau setidaknya muncul di page one ataupun page two dalam hasil penelusuran user melalui mesin pencari. Semakin besar dan tinggi live traffic pada sebuah website ataupun blog, maka semakin besar pula kesempatan untuk menjadi top page disebuah search engine.

Seperti yang kita tahu, Google disebut sebagai Search Engine #1 di dunia. Dengan fasilitas dan layanan yang menurut saya paling memuaskan dan tampilan yang membuat user betah meskipun tampilan dari Google tersebut bisa dikatakan sangat lah simple. Selain Google masih banyak search engine di dunia seperti BING dari Microsoft, Yahoo dari Yahoo Inc, Altavista, Ebay, Ask, dan lainnya.

Dengan berkembangnya teknologi, orang-orang semakin dimudahkan dalam membuat berbagai usaha seperti toko online atau yang sejenis. Internet lebih mempermudah bagi kalangan pebisnis untuk meningkatkan pendapatan, mencari pelanggan dan memberi kemudahan bagi pengelolaan bisnis yang dijalani. Sejalan dengan itu, semakin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai medi bisnis, kebutuhan akan SEO juga semakin meningkat. Mereka banyak mengincar konsumen lewat internet dengan cara berada di poisis puncak daftar pencarian melalui search engine. Mereka akan melakukan optimalisasi SEO website mereka secara kontinu dengan berbagai cara, khususnya menyewa pihak yang menawarkan jasa optimasi SEO bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Para pelaku usaha secara online dapat memanfaatkan berbagai jenis layanan dari Google seperti Google Adword untuk membidik keyword paling top untuk menyerap pengunjung, ataupun Google Analystic untuk mengetahui secara labih detail tentang traffic dari sebuah website/blog ataupun Google Adsense yang digunakan para pengiklan dan para blogger untuk mencari penghasilan melalui website/blog.

Dalam optimasi SEO, terdapat beberapa point penting yang bisa dijadikan senjata untuk Go Page One di Search Engine.

Pertama, pastikan tema untuk website atau blog. Carilah tema yang bisa di post di website atau blog berdasarkan kemampuan/pengetahuan yang anda miliki. Dengan itu, anda tidak akan repot-repot / bingung tentang konten yang akan anda share ke pengguna internet. Untuk kalangan pebisnis, tentu produklah yang akan dijadikan senjata melalui artikel untuk menuju posisi puncak. Untuk para blogger yang biasa menulis tulisan/artikel, anda juga bisa share tentang pengalaman baru yang telah anda alami. Semisal anda kemarin baru saja ada pelajaran kuliah yang lumayan menarik . Anda bisa langsung posting di blog anda dan share ke social media. Anda juga bisa meminta guru/dosen anda untuk melihat postingan anda tentang apa yang telah diajarkan oleh dosen/guru tersebut. Sehingga mereka bisa menilai bagaimana tulisan anda dapat dinikmati dan diserap dengan mudah oleh pengunjung.
Kedua, pastikan konten yang ditulis original dan berkualitas. Google sendiri mengatakan jika konten adalah raja. Konten akan menjadi senjata bagi anda untuk Go Page One di Mesin Pencari. Apalagi jika konten yang anda tulis adalah buah hasil pikiran anda sendiri. Sebelum menulis konten, carilah berbagai referensi di internet dan lihatlah beberapa website atau blog lain yang menulis konten dengan tema yang sama. Gunakan tool Google Adword keyword tool untuk memastikan dan menentukan judul dari tulisan anda. Pikirkanlah beberapa kata yang kebanyakan orang ketik di search engine seperti "apa itu bla bla bla", "ini adalah", "pengertian dan jenis bla bla bla", ataupun keyword yang bisa anda gunakan untuk menyasar pengguna untuk mengunjungi blog atau website anda.
Ketiga, Perbanyaklah back link ke blog/website anda. Back link dijadikan sebuah search engine untuk melakukan seleksi pada website/blog anda. Semakin banyak backlink, semakin sayang pula sebuah Search engine kepada website/blog anda. Dengan banyaknya backlink, website/blog anda akan dengan mudah Go Page One, carilah backlink berkualitas dari beberapa website. Anda juga bisa mencari informasi tentang beberapa website/blog yang berkualitas.
Keempat, tulisan anda harus berstatus sebagai tulisan berskala panjang. Maksudnya, tulisan yang anda buat harus dipastikan bukan seperti ramalan,horoskop , dll yang bersifat sementara. Mengapa?, karena berdasarkan riset saya, tulisan/artikel tentang yang seperti itu terlalu banyak digunakan di internet sebagai syarat untuk menarik pengunjung. Buatlah tulisan yang berbeda dan bermanfaat berskala panjang. Jangan post tentang berita/peristiwa pada hari ini juga, karena kemungkinan pengunjung sudah membacanya di website seperti kaskus, detik, kompas, jpnn, tribun, ataupun semacam koran dan majalah.
Kelima, perbanyaklah update tentang SEO. Daftarkan website / blog ke masing-masing webmaster search engine seperti Google Webmaster Tools, Webmaster milik BING dan lainnya. Daftarkan website / blog anda untuk mensubmit/mengindex artikel / tulisan yang telah di posting. Daftarkan website/blog anda ke alexa untuk mengetahui/mendapatkan ranking blog melalui algoritma yang di tetapkan oleh alexa.
Keenam, Pastikan website/ blog anda memiliki User Interface yang bagus dan User Experience yang mudah digunakan. Ini dilakukan agar pengunjung betah berlama-lama sedikit di website/blog anda. Anda juga bisa menggunakan template SEO Friendly dari para master. Anda bisa searching di Google atau lainnya.

Mungkin beberapa tips dari saya diatas bisa dijadikan referensi dan bermanfaat bagi semua orang. Jadilah blogger yang tidak mengandalkan spamming dan sejenisnya. Keep posting gan.

-Rendy R-

Comments

Popular posts from this blog

Perintah-Perintah Dasar Linux Debian

A. Perintah-perintah dasar GNU/Linux
Perintah-perintah (command) dasar di GNU/Linux di jalankan di suatu terminal shell yang
biasa disebut terminal atau console. Terminal atau console ini dikenal dengan istilah
command line interface (CLI) yang bisa diaktifkan dengan cara klik menu Applications -
Accessories - Terminal. Selain itu bisa juga dengan bekerja diconsole murni dengan
menakan kombinasi tombol ctrl+alt+F1 dimana F1 bisa diganti sampai F6. Untuk kembali
ke mode Grafical User Interface (GUI) tekan ctrl+alt+F7.
Berikut ini hanya beberapa command yang umum terdapat di setiap distribusi GNU/Linux
khususnya distribusi Ubuntu.
1. login
Fungsi : Untuk masuk ke dalam jaringan .
Keterangan : Setiap pemakai sah dari sistem UNIX mempunyai identifikasi pemakai
sendiri (ID).
2. password
Fungsi : Memasukkan kata sandi setelah login.
Keterangan : Untuk pemakai yang baru didaftar oleh SUPER USER maka user tidak
perlu memasukkan kata sandi. Untuk menjaga kerahasiaan, pengetikan
tombol passwor…

Kisah Cinta LDR (Pacaran Jarak Jauh)

Love is in the chat messenger
Girl : Kamu lagi ngapain say ?
Boy : Biasa lagi ngerjain tugas kuliah. Kamu udah makan ?
Girl : Udah. Kamu belum tidur ? Kalau disini siang berarti disana tengah malem kan ?
Boy : Biasa lah say aku belum bisa tidur kalau tugas belum selesai. Deadlinenya besok soalnya. Haha. Lembur deh aku malem ini.
Girl : Brati chatting aku ngganggu ya ?
Boy : Nggak kok, aku lagi isitirahat. Udah mau selesai juga kok tugasnya. Paling sejam lagi juga kelar
Girl : Kamu kapan pulang ke Indonesia ?
Boy : Libur semester ini aku pulang dari China ke tanah air. Mungkin dua bulan lagi. Kamu kapan pulang dari Inggris ? Aku kangen banget loh.
Girl : Mungkin libur semester juga, tapi libur semesterku masih empat bulan lagi. Yah nggak bakal ketemu dong kita. Hiks
Boy : Udah-udah. Kan sekarang kita lagi ketemuan walaupun Cuma di dunia maya.
Girl : Iya untung deh ada internet, walaupun kita LDR tetep bisa melepas cinta. Nggak kerasa udah hampir 6 bulan kita LDR.
Boy : Iya, kangen ni…

Jenis Jenis Tower Jaringan Telekomunikasi Berdasarkan . . .

Tower Jaringan Telekomunikasi adalah menara yang terbuat dari rangkaian besi atau pipa baik segi empat atau segitiga, atau hanya berupa pipa panjang (tongkat) yang bertujuan untuk menempatkan antenna dan radio pemancar maupun sebagai penerima gelombang telekomunikasi dan informasi. Intinya Tower BTS berfungsi untuk menjembatani perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan yang menuju jaringan lain.

Berdasarkan Lokasinya, tower jaringan telekomunikasi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
1. Rooftop : Tower yang berdiri di atas sebuah gedung.
2. Greenfield : Tower yang berdiri langsung di atas tanah.

Berdasarkan bentuknya, tower jaringan telekomunikasi dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

1. Tower 4 Kaki ( Rectangular Tower )

Tower ini berbentuk segi empat dengan empat kaki. Tower dengan 4 kaki sangat jarang sekali dijumpai roboh. Tower jenis ini memiliki kekuatan tiang pancang serta sudah dipertimbangkan konstruksinya. Tower ini mampu menampung banyak antenna dan radio. Harga tipe ini sangat m…