Skip to main content

Tips Optimasi SEO ala Agan Ini

Menurut wikipedia, SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. SEO bertujuan untuk menempatkan sebuah web di posisi teratas atau setidaknya muncul di page one ataupun page two dalam hasil penelusuran user melalui mesin pencari. Semakin besar dan tinggi live traffic pada sebuah website ataupun blog, maka semakin besar pula kesempatan untuk menjadi top page disebuah search engine.

Seperti yang kita tahu, Google disebut sebagai Search Engine #1 di dunia. Dengan fasilitas dan layanan yang menurut saya paling memuaskan dan tampilan yang membuat user betah meskipun tampilan dari Google tersebut bisa dikatakan sangat lah simple. Selain Google masih banyak search engine di dunia seperti BING dari Microsoft, Yahoo dari Yahoo Inc, Altavista, Ebay, Ask, dan lainnya.

Dengan berkembangnya teknologi, orang-orang semakin dimudahkan dalam membuat berbagai usaha seperti toko online atau yang sejenis. Internet lebih mempermudah bagi kalangan pebisnis untuk meningkatkan pendapatan, mencari pelanggan dan memberi kemudahan bagi pengelolaan bisnis yang dijalani. Sejalan dengan itu, semakin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai medi bisnis, kebutuhan akan SEO juga semakin meningkat. Mereka banyak mengincar konsumen lewat internet dengan cara berada di poisis puncak daftar pencarian melalui search engine. Mereka akan melakukan optimalisasi SEO website mereka secara kontinu dengan berbagai cara, khususnya menyewa pihak yang menawarkan jasa optimasi SEO bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Para pelaku usaha secara online dapat memanfaatkan berbagai jenis layanan dari Google seperti Google Adword untuk membidik keyword paling top untuk menyerap pengunjung, ataupun Google Analystic untuk mengetahui secara labih detail tentang traffic dari sebuah website/blog ataupun Google Adsense yang digunakan para pengiklan dan para blogger untuk mencari penghasilan melalui website/blog.

Dalam optimasi SEO, terdapat beberapa point penting yang bisa dijadikan senjata untuk Go Page One di Search Engine.

Pertama, pastikan tema untuk website atau blog. Carilah tema yang bisa di post di website atau blog berdasarkan kemampuan/pengetahuan yang anda miliki. Dengan itu, anda tidak akan repot-repot / bingung tentang konten yang akan anda share ke pengguna internet. Untuk kalangan pebisnis, tentu produklah yang akan dijadikan senjata melalui artikel untuk menuju posisi puncak. Untuk para blogger yang biasa menulis tulisan/artikel, anda juga bisa share tentang pengalaman baru yang telah anda alami. Semisal anda kemarin baru saja ada pelajaran kuliah yang lumayan menarik . Anda bisa langsung posting di blog anda dan share ke social media. Anda juga bisa meminta guru/dosen anda untuk melihat postingan anda tentang apa yang telah diajarkan oleh dosen/guru tersebut. Sehingga mereka bisa menilai bagaimana tulisan anda dapat dinikmati dan diserap dengan mudah oleh pengunjung.
Kedua, pastikan konten yang ditulis original dan berkualitas. Google sendiri mengatakan jika konten adalah raja. Konten akan menjadi senjata bagi anda untuk Go Page One di Mesin Pencari. Apalagi jika konten yang anda tulis adalah buah hasil pikiran anda sendiri. Sebelum menulis konten, carilah berbagai referensi di internet dan lihatlah beberapa website atau blog lain yang menulis konten dengan tema yang sama. Gunakan tool Google Adword keyword tool untuk memastikan dan menentukan judul dari tulisan anda. Pikirkanlah beberapa kata yang kebanyakan orang ketik di search engine seperti "apa itu bla bla bla", "ini adalah", "pengertian dan jenis bla bla bla", ataupun keyword yang bisa anda gunakan untuk menyasar pengguna untuk mengunjungi blog atau website anda.
Ketiga, Perbanyaklah back link ke blog/website anda. Back link dijadikan sebuah search engine untuk melakukan seleksi pada website/blog anda. Semakin banyak backlink, semakin sayang pula sebuah Search engine kepada website/blog anda. Dengan banyaknya backlink, website/blog anda akan dengan mudah Go Page One, carilah backlink berkualitas dari beberapa website. Anda juga bisa mencari informasi tentang beberapa website/blog yang berkualitas.
Keempat, tulisan anda harus berstatus sebagai tulisan berskala panjang. Maksudnya, tulisan yang anda buat harus dipastikan bukan seperti ramalan,horoskop , dll yang bersifat sementara. Mengapa?, karena berdasarkan riset saya, tulisan/artikel tentang yang seperti itu terlalu banyak digunakan di internet sebagai syarat untuk menarik pengunjung. Buatlah tulisan yang berbeda dan bermanfaat berskala panjang. Jangan post tentang berita/peristiwa pada hari ini juga, karena kemungkinan pengunjung sudah membacanya di website seperti kaskus, detik, kompas, jpnn, tribun, ataupun semacam koran dan majalah.
Kelima, perbanyaklah update tentang SEO. Daftarkan website / blog ke masing-masing webmaster search engine seperti Google Webmaster Tools, Webmaster milik BING dan lainnya. Daftarkan website / blog anda untuk mensubmit/mengindex artikel / tulisan yang telah di posting. Daftarkan website/blog anda ke alexa untuk mengetahui/mendapatkan ranking blog melalui algoritma yang di tetapkan oleh alexa.
Keenam, Pastikan website/ blog anda memiliki User Interface yang bagus dan User Experience yang mudah digunakan. Ini dilakukan agar pengunjung betah berlama-lama sedikit di website/blog anda. Anda juga bisa menggunakan template SEO Friendly dari para master. Anda bisa searching di Google atau lainnya.

Mungkin beberapa tips dari saya diatas bisa dijadikan referensi dan bermanfaat bagi semua orang. Jadilah blogger yang tidak mengandalkan spamming dan sejenisnya. Keep posting gan.

-Rendy R-

Comments

Popular posts from this blog

Drama Korea A Thousand Days Promise Sinopsis Lengkap

Kali ini saya akan hadir dengan Sinopsis Drama Korea Terbaru yang berjudul A Thousand Days Promise   dan bagi anda penggemar drama korea mungkin tidak mau melewatkan A Thousand Days Promise. drama korea yang berjenis melodrama romantis yang bisa membuat anda sangat terharu. A Thousand Days Promise menceritakan tentang kesetiaan serta kegigihan seorang suami dalam merawat istrinya yang perlahan lahan hilang ingatan,A Thousand Days Promise Korean Drama ini diproduksi pada tahun 2011, dan dibintangi oleh artis papan atas korea seperti Soo Ae sebagai Lee Seo-yeon, Kim Rae-won Sebagai Park Ji-hyung, dan Jung Yoo-mi Sebagai Noh Hyang-ki. Adapun kisah dari drama korea ini sangatlah menyentuh dan sangat mengharukan dengan ending yang bisa ditebak yaitu sad ending. nah bagi anda yang penasaran akan saya berikan Sinopsis A Thousand Days Promise . berikut sinopsisnya. A Thousand Days Promise Sinopsis Drama ini memulai kisahnya pada Lee Seo-yeon (Soo Ae) yang telah mengen

Pengertian dan Definisi Cara Mengetik 10 Jari (Typing Master Pro)

Assalamualaikum Wr.WB. Selamat pagi atau apalah pokoknya saya udah ngucapin selamat buat kalian entah pagi,siang,sore,malam,maupun tidur.(hehehe). Sudah lama nih saya tidak posting blog. hmmmm.. ini karena saya masih fokus untuk menyelesaikan semua tugas saya di sekolah saya tercinta. terutama tugas untuk produktif,karena saya adalah seorang anak smk (wkwkkw...). (lama amat, min... ) yaudah ketimbang saya curhat dan ngomong yang gk ada artinya lebih baek simak tulisan atau sedikit tips dan trick,pengetahuan untuk kalian semua. langsung saja , saya akan menulis tentang sebuah artikel yang berjudul " Pengertian dan Definisi Cara Mengetik 10 Jari (Typing Master Pro) ". langsung saja kita simak bareng-bareng.. :D Typing Master Pro (Mengetik 10 Jari) A.       Pengertian.   Typing Mater Pro adalah sebuah software yang dapat melatih kecepatan mengetik kita. Dengan software ini, kita dapat menjadi seorang typing yang handal . Typing Master ini dapat membantu Kita yang ingin

Perbedaan Useradd dan Adduser pada Linux

Soal Produktif. Jelaskan 3 perbedaan perintah Adduser dan Useradd ! Berikut adalah perbedaan useradd dan adduser : 1. a) Useradd : menciptakan user tanpa mengeset password.      b) Adduser : menciptakan user dengan melakukan setting password terlebih dahulu. 2. a) Useradd : menciptakan user tanpa ada home dirktorinya.     b) Adduser : menciptakan user serta home direktorinya. 3. a) Useradd : menciptakan user tanpa memberikan keterangan lengkap mengenai user tersebut.     b) Adduser : menciptakan user dengan memberikan keterangan lengkap si user tersebut.