Skip to main content

Cara Menentukan Antenna Mode di Mikrotik

Overview
Menurut Wikipedia, Mikrotik adalah perusahaan kecil yang berkantor pusat di Latvia, yang dibentuk oleh John Trully dan Arnis Riekstins. Mikrotik kita kenal dengan embbed produknya yaitu Mikrotik Router OS yaitu sebuah sistem operasi yand digunakan sebagai network router. Mikrotik Router OS dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless. Fitur-fitur tersebut diantaranya, Firewall dan NAT, PTP Tunneling Protocol, DNS Server, DHCP Server, Hotspot, dan masih banyak lagi fitur yang terdapat didalamnya.

Perangkat mikrotik, banyak sekali variannya. Ada yang untuk indoor dan outdoor. Pada pembahasan kali ini, saya akan sedikit membahas tentang miniPCI yang digunakan pada routerboard outdoor.

routerboard outdoor
Biasanya routerboard tersebut digunakan untuk koneksi wireless entah itu sebagai client atau access point. Pada ISP yang menggunakan metode wireless dalam pendistribusian internet ke klien, tipe routerboard mikrotik yang digunakan biasanya adalah RB 411 ataupun RB 433. Di RouterBoard tersebut menggunakan sebuah card PCI yang disebut miniPCI. Alat tersebut ditancapkan di port mini PCI didalam sebuah RouterBoard. Setelah ditancapkan, maka RouterBoard tersebut akan terdapat sebuah interface baru yaitu wlan.



Jika diperhatikan, disebelah pojok kanan atas, gambar miniPCI, terdapat sebuah port yang akan ditancapkan Pigtal. Sekedar informasi, pigtal adalah sebuah konektor yang menghubungkan routerboard dengan pole grid antenna melalui sebuah Jumper.



Di dalam settingan mikrotik, terdapat kolom antenna mode.

Antenna Mode di Mikrotik dibagi menjadi 2 yaitu antenna a dan antenna b. Untuk dapat menentukan jenis antennanya agar scan bts bisa lebih optimal, anda harus bisa menentukan pigtal yang ditancapkan di bagian miniPCI, entah itu MAIN atau AUX.

Jika Pigtail yang ditancapkan pada MAIN, maka antenna mode yang digunakan adalah antenna a
Jika Pigtail yang ditancapkan pada AUX, maka antenna mode yang digunakan adalah antenna b

Penempatan pigtal dan antenna mode sangat berpengaruh dalam scan wireless di tiap-tiap bts. Hal ini pernah saya alami ketika melakukan instalasi di sebuah rumah sewaktu PKL.

Conclusion
1. Untuk menentukan antenna mode pada mikrotik adalah dengan melihat port yang dipasang pigtail, yaitu port MAIN atau AUX.
2. Jika Pigtail yang ditancapkan pada MAIN, maka antenna mode yang digunakan adalah antenna a.
3. Jika Pigtail yang ditancapkan pada AUX, maka antenna mode yang digunakan adalah antenna b.


Sekian informasi yang bisa saya share kepada anda. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Drama Korea A Thousand Days Promise Sinopsis Lengkap

Kali ini saya akan hadir dengan Sinopsis Drama Korea Terbaru yang berjudul A Thousand Days Promise   dan bagi anda penggemar drama korea mungkin tidak mau melewatkan A Thousand Days Promise. drama korea yang berjenis melodrama romantis yang bisa membuat anda sangat terharu. A Thousand Days Promise menceritakan tentang kesetiaan serta kegigihan seorang suami dalam merawat istrinya yang perlahan lahan hilang ingatan,A Thousand Days Promise Korean Drama ini diproduksi pada tahun 2011, dan dibintangi oleh artis papan atas korea seperti Soo Ae sebagai Lee Seo-yeon, Kim Rae-won Sebagai Park Ji-hyung, dan Jung Yoo-mi Sebagai Noh Hyang-ki. Adapun kisah dari drama korea ini sangatlah menyentuh dan sangat mengharukan dengan ending yang bisa ditebak yaitu sad ending. nah bagi anda yang penasaran akan saya berikan Sinopsis A Thousand Days Promise . berikut sinopsisnya. A Thousand Days Promise Sinopsis Drama ini memulai kisahnya pada Lee Seo-yeon (Soo Ae) yang telah mengen

Pengertian dan Definisi Cara Mengetik 10 Jari (Typing Master Pro)

Assalamualaikum Wr.WB. Selamat pagi atau apalah pokoknya saya udah ngucapin selamat buat kalian entah pagi,siang,sore,malam,maupun tidur.(hehehe). Sudah lama nih saya tidak posting blog. hmmmm.. ini karena saya masih fokus untuk menyelesaikan semua tugas saya di sekolah saya tercinta. terutama tugas untuk produktif,karena saya adalah seorang anak smk (wkwkkw...). (lama amat, min... ) yaudah ketimbang saya curhat dan ngomong yang gk ada artinya lebih baek simak tulisan atau sedikit tips dan trick,pengetahuan untuk kalian semua. langsung saja , saya akan menulis tentang sebuah artikel yang berjudul " Pengertian dan Definisi Cara Mengetik 10 Jari (Typing Master Pro) ". langsung saja kita simak bareng-bareng.. :D Typing Master Pro (Mengetik 10 Jari) A.       Pengertian.   Typing Mater Pro adalah sebuah software yang dapat melatih kecepatan mengetik kita. Dengan software ini, kita dapat menjadi seorang typing yang handal . Typing Master ini dapat membantu Kita yang ingin

Perbedaan Useradd dan Adduser pada Linux

Soal Produktif. Jelaskan 3 perbedaan perintah Adduser dan Useradd ! Berikut adalah perbedaan useradd dan adduser : 1. a) Useradd : menciptakan user tanpa mengeset password.      b) Adduser : menciptakan user dengan melakukan setting password terlebih dahulu. 2. a) Useradd : menciptakan user tanpa ada home dirktorinya.     b) Adduser : menciptakan user serta home direktorinya. 3. a) Useradd : menciptakan user tanpa memberikan keterangan lengkap mengenai user tersebut.     b) Adduser : menciptakan user dengan memberikan keterangan lengkap si user tersebut.