Skip to main content

Sejarah dan Perkembangan Bahasa Inggris

Apakah pengertian dari Bahasa Inggris sendiri?

Bahasa Inggris adalah bahasa pemersatu yang secara langsung diakui oleh penduduk dunia agar tercipta komunikasi yang baik dan lancar. 
Terdapat banyak bahasa-bahasa lain di dunia ini, namun bahasa Inggris telah memisahkan gap (pembatas) dalam berkomunikasi sehingga lebih mudah dipahami.

Sejarah Bahasa Inggris

Sejarah bahasa Inggris - MAGNETICINFO
HISTORY OF THE ENGLISH LANGUAGE-MAGNETICINFO

Sejarah bahasa Inggris bermula dari lahirnya bahasa Inggis di pulau Britania kurang lebih 1.500 tahun yang lalu. BahasaInggris adalah sebuah bahasa Jermanik Barat yang berasal dari dialek-dialek Anglo-Frisian yang dibawa ke pulau Britania oleh para imigran Jermanik dari beberapa bagian daerah barat laut yang sekarang disebut Belanda dan Jerman. Pada awalnya, bahasa Inggris Kuno adalah sekelompok dialek yang mencerminkan asal-usul beragam kerajaan-kerajaan Anglo-Saxon di Inggris. Salah satu dialek ini, Saxon Barat akhirnya yang mendominasi. Lalu bahasa Inggris Kuno yang asli kemudian dipengaruhi oleh dua gelombang penguasa.
Gelombang penguasa pertama adalah penguasa para penutur bahasa dari cabang Skandinavia keluarga bahasa Jerman. Mereka menaklukkan dan menghuni beberapa bagian Britania pada abad ke-8 dan ke-9.
Lalu gelombang penguasa kedua adalah suku Norman pada abad ke-11 yang bertuturkan sebuah dialek bahasa Perancis. Kedua penguasa ini mengakibatkan bahasa Inggris "bercampur" sampai kadar tertentu (meskipun tidak pernah menjadi sebuah bahasa campuran secara harfiah).
Hidup bersama dengan anggota suku bangsa Skandinavia akhirnya menciptakan penyederhanaan (simplifikasi) tata bahasa dan pengkayaan inti Anglo-Inggris dari bahasa Inggris.

Perkembangan Bahasa Inggris

Bahasa Inggris Purba (Bahasa Inggris Proto) 

Suku-suku bangsa Jermanik yang mempelopori bahasa Inggris (suku Anglia, Saxon, Frisia Jute dan Frank). Mereka berdagang dan berperang dengan rakyat Kekaisaran Romawi. Mereka menggunakan bahasa Latin dalam proses penguasaan bangsa Jermanik ke Eropa dari timur. Dengan itu banyak kata-kata Latin yang masuk kosa kata bangsa-bangsa Jermanik ini sebelum mereka mencapai pulau Britania.
Contohnya antara lain adalah :
  1. camp (kamp)
  2. cheese (keju)
  3. cook (memasak)
  4. dragon (naga)
  5. fork (garpu)
  6. giant (raksasa)
  7. gem (permata)
  8. inch (inci)
  9. kettle (ketel)
  10. kitchen (dapur)
  11. mile (mil)
  12. noon (siang)
  13. oil (oli/minyak)
  14. pillow (bantal)
  15. table (meja)
Bangsa Romawi juga memberi bahasa Inggris dengan beberapa kata yang mereka sendiri pinjam dari bahasa-bahasa lain seperti kata :
  1. anchor (jangkar)
  2. butter (mentega)
  3. cat (kucing)
  4. chest (dada)
  5. devil (iblis)
  6. dish (piring)
  7. sack (saku)
Menurut Anglo-Saxon Chronicle , sekitar tahun 449, Vortigem, Raja Kepulauan Britania, mengundang "Angle kin" (Suku Anglia yang dipimpin oleh Hengest dan Horsa) untuk menolongnya dalam penengahan konflik dengan suku Pict. Sebagai balasannya, suku Angles diberi tanah di sebelah tenggara Inggris. Pertolongan selanjutnya dibutuhkan dan sebagai reaksi "datanglah orangorang dari Ald Seaxum dari Anglum dari Iotum" (bangsa Saxon, suku Anglia, dan suku Jute). Chronicleini membicarakan masuknya banyak imigran atau pendatang yang akhirnya mendirikan tujuh kerajaan yang disebut dengan istilah heptarchy. Para pakar modern berpendapat bahwa sebagian besar cerita ini merupakan legenda dan memiliki motif politik. Selain itu identifikasi para pendatang di Inggris dengan suku Angle, Saxon, dan Jute tidak diterima lagi dewasa ini (Myres, 1986, p. 46 dst.), terutama setelah diterima bahwa bahasa Anglo-Saxon ternyata lebih mirip dengan bahasa Frisia daripada bahasa salah satu suku bangsa yang disebut di atas ini.

Bahasa Inggris Kuno

Para pendatang yang menguasai pulau Britania mendominasi penduduk setempat yang menggunakan bahasa Keltik. Bahasa Keltik akhirnya bisa dikembangkan di Skotlandia, Wales dan Cornwall. Dialek-dialek yang digunakan oleh para pendatang yang menguasai Britania pada zaman sekarang disebut dengan nama bahasa Inggris Kuno, dan akhirnya dikenal menjadi bahasa AngloSaxon. Kemudian hari, bahasa ini dipengaruhi bahasa Jermanik Utara; bahasa Norwegia Kuno yang digunkankan oleh kaum Viking yang menguasai dan akhirnya bermukim di sebelah timur laut Inggris. Para pendatang yang bermukim lebih awal menuturkan bahasa-bahasa Jermanik dari cabang yang berbeda. Banyak dari akar kosakata mereka memang sama atau mirip, meski tata bahasanya agak lebih berbeda termasuk prefiks (awalan), sufiks (akhiran), dan hukum infleksi (takrifan) dari banyak kata-kata. Bahasa Jermanik dari orangorang Britania yang berbahasa Inggris Kuno ini, terpengaruhi kontak denNorwegia yang menginvasi Britania. Hal ini kemungkinan besar merupakan alasan daripada penyederhanaan morfologis bahasa Inggris Kuno, termasuk hilangnya jenis kelamin kata benda dan kasus (kecuali pronominal). Karya sastra ternama yang masih lestari dari masa Inggris Kuno ini adalah sebuah fragmen wiracarita "Beowulf". Penulisnya tidak diketahui, dan karya ini sudah dimodifikasi secara besar oleh para rohaniwan Kristen, lama setelah digubah.Kemudian pengenalan agama Kristen di Britania menambah sebuah gelombang baru yang membawa banyak kata-kata pinjaman dari bahasa Latin dan bahasa Yunani. Selain itu, ada yang berpendapat bahwa pengaruh bahasa Norwegia berlangsung sampai pada Abad Pertengahan awal. Masa Inggris Kuno secara resmi berakhir dengan Penaklukan Norman, ketika bahasa Inggris secara drastis dipengaruhi bahasa kaum Norman ini yang disebut bahasa Norman dan merupakan sebuah dialek bahasa Perancis. Penggunaan istilah Anglo-Saxon untuk menggambarkankan pembauran antara bahasa serta budaya Anglia dan Saxon merupakan sebuah perkembangan modern.
"The  first  citation  for  the  second  definition  of  'AngloSaxon',  referring  to  early  English language  or  a  certain dialect thereof, comes during the reign of Elizabeth I, from an  historian named Camden,  who  seems  to  be  the  person  most responsible  for  the  term  becoming well-known  in  modern times."
Artinya :
Kutipan pertama untuk definisi kedua 'Anglo-Saxon', merujuk pada bahasa Inggris awal atau dialek tertentu dari bahasa ini, muncul selama pemerintahan Elizabeth I, dari seorang sejarawan bernama Camden, yang kelihatannya menjadi orang paling bertanggung jawab untuk menjadi terkenalnya istilah ini pada masa modern."

Fragmen bahasa Inggris Kuno

 Beowulf baris 1 sampai 11, kurang lebih 900 Masehi
Hwæt! WēGār-Dena          in geārdagum,
þēodcyninga,                     þrym gefrūnon,
hūðāæþelingas                  ellen fremedon.
Oft Scyld Scēfing              sceaþena þrēatum,
monegum mǣgþum,          meodosetla oftēah,
egsode eorlas.                    Syððan ǣrest wearð
fēasceaft funden,               hēþæs frōfre gebād,
wēox under wolcnum,       weorðmyndum þāh,
oðþæt him ǣghwylc          þāra ymbsittendra
ofer hronrāde                      hȳran scolde,
gomban gyldan.                 þæt wæs gōd cyning!
Artinya :
Lihat, pujian keahlian rakyat raja-raja
Orang  Denmark  yang  dipersenjatai  dengan  tombak  dihari
panjang meluncur,
Kami  sudah  mendengar,  dan  kehormatan  dimana  para  atheling
(“pangeran mahkota”) menang !
Oft Scyld Scefing dari musuh yang dibagi menjadi skuadron,
Dari banyak suku, merusak bangku pesta,
Membuat para bangsawan terpesona. Sejak pertama diaialah
Tanpa teman, seorang bayi terlantar, nasib membalasnya :
Karena  dia  membesar  dibawah  angkasa,  di  kekayaan  dia
berkembang pesat,
Sampai di hadapannya rakyat, baik jauh maupun dekat,
Yang memilih rumah dekat jalan ikan paus,
Mendengar amanatnya
Memberikan hadiah : seorang raja baik dia
Sekian dulu tentang sharing saya tentang  Sejarah dan Perkembangan Bahasa Inggris. Sebenarnya masih ada yang belum saya share, jadi tunggu kelanjutannya di Part II.

Terdapat kutipan dari : Nanang Chosin FTI UIA Jakarta.

Comments

Post a Comment

Blog ini nofollow, jadi berkomentarlah yang baik jangan mengandung unsur:
-SARA
-SPAM
-Komentar berkaitan dengan artikel dan atau materi yang telah disajikan.
Go Blogger Indonesia ... :D

Popular posts from this blog

Drama Korea A Thousand Days Promise Sinopsis Lengkap

Kali ini saya akan hadir dengan Sinopsis Drama Korea Terbaru yang berjudul A Thousand Days Promise   dan bagi anda penggemar drama korea mungkin tidak mau melewatkan A Thousand Days Promise. drama korea yang berjenis melodrama romantis yang bisa membuat anda sangat terharu. A Thousand Days Promise menceritakan tentang kesetiaan serta kegigihan seorang suami dalam merawat istrinya yang perlahan lahan hilang ingatan,A Thousand Days Promise Korean Drama ini diproduksi pada tahun 2011, dan dibintangi oleh artis papan atas korea seperti Soo Ae sebagai Lee Seo-yeon, Kim Rae-won Sebagai Park Ji-hyung, dan Jung Yoo-mi Sebagai Noh Hyang-ki. Adapun kisah dari drama korea ini sangatlah menyentuh dan sangat mengharukan dengan ending yang bisa ditebak yaitu sad ending. nah bagi anda yang penasaran akan saya berikan Sinopsis A Thousand Days Promise . berikut sinopsisnya. A Thousand Days Promise Sinopsis Drama ini memulai kisahnya pada Lee Seo-yeon (Soo Ae) yang telah mengen

Pengertian dan Definisi Cara Mengetik 10 Jari (Typing Master Pro)

Assalamualaikum Wr.WB. Selamat pagi atau apalah pokoknya saya udah ngucapin selamat buat kalian entah pagi,siang,sore,malam,maupun tidur.(hehehe). Sudah lama nih saya tidak posting blog. hmmmm.. ini karena saya masih fokus untuk menyelesaikan semua tugas saya di sekolah saya tercinta. terutama tugas untuk produktif,karena saya adalah seorang anak smk (wkwkkw...). (lama amat, min... ) yaudah ketimbang saya curhat dan ngomong yang gk ada artinya lebih baek simak tulisan atau sedikit tips dan trick,pengetahuan untuk kalian semua. langsung saja , saya akan menulis tentang sebuah artikel yang berjudul " Pengertian dan Definisi Cara Mengetik 10 Jari (Typing Master Pro) ". langsung saja kita simak bareng-bareng.. :D Typing Master Pro (Mengetik 10 Jari) A.       Pengertian.   Typing Mater Pro adalah sebuah software yang dapat melatih kecepatan mengetik kita. Dengan software ini, kita dapat menjadi seorang typing yang handal . Typing Master ini dapat membantu Kita yang ingin

Perbedaan Useradd dan Adduser pada Linux

Soal Produktif. Jelaskan 3 perbedaan perintah Adduser dan Useradd ! Berikut adalah perbedaan useradd dan adduser : 1. a) Useradd : menciptakan user tanpa mengeset password.      b) Adduser : menciptakan user dengan melakukan setting password terlebih dahulu. 2. a) Useradd : menciptakan user tanpa ada home dirktorinya.     b) Adduser : menciptakan user serta home direktorinya. 3. a) Useradd : menciptakan user tanpa memberikan keterangan lengkap mengenai user tersebut.     b) Adduser : menciptakan user dengan memberikan keterangan lengkap si user tersebut.