Skip to main content

Sejarah dan Perkembangan Bahasa Inggris

Apakah pengertian dari Bahasa Inggris sendiri?

Bahasa Inggris adalah bahasa pemersatu yang secara langsung diakui oleh penduduk dunia agar tercipta komunikasi yang baik dan lancar. 
Terdapat banyak bahasa-bahasa lain di dunia ini, namun bahasa Inggris telah memisahkan gap (pembatas) dalam berkomunikasi sehingga lebih mudah dipahami.

Sejarah Bahasa Inggris

Sejarah bahasa Inggris - MAGNETICINFO
HISTORY OF THE ENGLISH LANGUAGE-MAGNETICINFO

Sejarah bahasa Inggris bermula dari lahirnya bahasa Inggis di pulau Britania kurang lebih 1.500 tahun yang lalu. BahasaInggris adalah sebuah bahasa Jermanik Barat yang berasal dari dialek-dialek Anglo-Frisian yang dibawa ke pulau Britania oleh para imigran Jermanik dari beberapa bagian daerah barat laut yang sekarang disebut Belanda dan Jerman. Pada awalnya, bahasa Inggris Kuno adalah sekelompok dialek yang mencerminkan asal-usul beragam kerajaan-kerajaan Anglo-Saxon di Inggris. Salah satu dialek ini, Saxon Barat akhirnya yang mendominasi. Lalu bahasa Inggris Kuno yang asli kemudian dipengaruhi oleh dua gelombang penguasa.
Gelombang penguasa pertama adalah penguasa para penutur bahasa dari cabang Skandinavia keluarga bahasa Jerman. Mereka menaklukkan dan menghuni beberapa bagian Britania pada abad ke-8 dan ke-9.
Lalu gelombang penguasa kedua adalah suku Norman pada abad ke-11 yang bertuturkan sebuah dialek bahasa Perancis. Kedua penguasa ini mengakibatkan bahasa Inggris "bercampur" sampai kadar tertentu (meskipun tidak pernah menjadi sebuah bahasa campuran secara harfiah).
Hidup bersama dengan anggota suku bangsa Skandinavia akhirnya menciptakan penyederhanaan (simplifikasi) tata bahasa dan pengkayaan inti Anglo-Inggris dari bahasa Inggris.

Perkembangan Bahasa Inggris

Bahasa Inggris Purba (Bahasa Inggris Proto) 

Suku-suku bangsa Jermanik yang mempelopori bahasa Inggris (suku Anglia, Saxon, Frisia Jute dan Frank). Mereka berdagang dan berperang dengan rakyat Kekaisaran Romawi. Mereka menggunakan bahasa Latin dalam proses penguasaan bangsa Jermanik ke Eropa dari timur. Dengan itu banyak kata-kata Latin yang masuk kosa kata bangsa-bangsa Jermanik ini sebelum mereka mencapai pulau Britania.
Contohnya antara lain adalah :
  1. camp (kamp)
  2. cheese (keju)
  3. cook (memasak)
  4. dragon (naga)
  5. fork (garpu)
  6. giant (raksasa)
  7. gem (permata)
  8. inch (inci)
  9. kettle (ketel)
  10. kitchen (dapur)
  11. mile (mil)
  12. noon (siang)
  13. oil (oli/minyak)
  14. pillow (bantal)
  15. table (meja)
Bangsa Romawi juga memberi bahasa Inggris dengan beberapa kata yang mereka sendiri pinjam dari bahasa-bahasa lain seperti kata :
  1. anchor (jangkar)
  2. butter (mentega)
  3. cat (kucing)
  4. chest (dada)
  5. devil (iblis)
  6. dish (piring)
  7. sack (saku)
Menurut Anglo-Saxon Chronicle , sekitar tahun 449, Vortigem, Raja Kepulauan Britania, mengundang "Angle kin" (Suku Anglia yang dipimpin oleh Hengest dan Horsa) untuk menolongnya dalam penengahan konflik dengan suku Pict. Sebagai balasannya, suku Angles diberi tanah di sebelah tenggara Inggris. Pertolongan selanjutnya dibutuhkan dan sebagai reaksi "datanglah orangorang dari Ald Seaxum dari Anglum dari Iotum" (bangsa Saxon, suku Anglia, dan suku Jute). Chronicleini membicarakan masuknya banyak imigran atau pendatang yang akhirnya mendirikan tujuh kerajaan yang disebut dengan istilah heptarchy. Para pakar modern berpendapat bahwa sebagian besar cerita ini merupakan legenda dan memiliki motif politik. Selain itu identifikasi para pendatang di Inggris dengan suku Angle, Saxon, dan Jute tidak diterima lagi dewasa ini (Myres, 1986, p. 46 dst.), terutama setelah diterima bahwa bahasa Anglo-Saxon ternyata lebih mirip dengan bahasa Frisia daripada bahasa salah satu suku bangsa yang disebut di atas ini.

Bahasa Inggris Kuno

Para pendatang yang menguasai pulau Britania mendominasi penduduk setempat yang menggunakan bahasa Keltik. Bahasa Keltik akhirnya bisa dikembangkan di Skotlandia, Wales dan Cornwall. Dialek-dialek yang digunakan oleh para pendatang yang menguasai Britania pada zaman sekarang disebut dengan nama bahasa Inggris Kuno, dan akhirnya dikenal menjadi bahasa AngloSaxon. Kemudian hari, bahasa ini dipengaruhi bahasa Jermanik Utara; bahasa Norwegia Kuno yang digunkankan oleh kaum Viking yang menguasai dan akhirnya bermukim di sebelah timur laut Inggris. Para pendatang yang bermukim lebih awal menuturkan bahasa-bahasa Jermanik dari cabang yang berbeda. Banyak dari akar kosakata mereka memang sama atau mirip, meski tata bahasanya agak lebih berbeda termasuk prefiks (awalan), sufiks (akhiran), dan hukum infleksi (takrifan) dari banyak kata-kata. Bahasa Jermanik dari orangorang Britania yang berbahasa Inggris Kuno ini, terpengaruhi kontak denNorwegia yang menginvasi Britania. Hal ini kemungkinan besar merupakan alasan daripada penyederhanaan morfologis bahasa Inggris Kuno, termasuk hilangnya jenis kelamin kata benda dan kasus (kecuali pronominal). Karya sastra ternama yang masih lestari dari masa Inggris Kuno ini adalah sebuah fragmen wiracarita "Beowulf". Penulisnya tidak diketahui, dan karya ini sudah dimodifikasi secara besar oleh para rohaniwan Kristen, lama setelah digubah.Kemudian pengenalan agama Kristen di Britania menambah sebuah gelombang baru yang membawa banyak kata-kata pinjaman dari bahasa Latin dan bahasa Yunani. Selain itu, ada yang berpendapat bahwa pengaruh bahasa Norwegia berlangsung sampai pada Abad Pertengahan awal. Masa Inggris Kuno secara resmi berakhir dengan Penaklukan Norman, ketika bahasa Inggris secara drastis dipengaruhi bahasa kaum Norman ini yang disebut bahasa Norman dan merupakan sebuah dialek bahasa Perancis. Penggunaan istilah Anglo-Saxon untuk menggambarkankan pembauran antara bahasa serta budaya Anglia dan Saxon merupakan sebuah perkembangan modern.
"The  first  citation  for  the  second  definition  of  'AngloSaxon',  referring  to  early  English language  or  a  certain dialect thereof, comes during the reign of Elizabeth I, from an  historian named Camden,  who  seems  to  be  the  person  most responsible  for  the  term  becoming well-known  in  modern times."
Artinya :
Kutipan pertama untuk definisi kedua 'Anglo-Saxon', merujuk pada bahasa Inggris awal atau dialek tertentu dari bahasa ini, muncul selama pemerintahan Elizabeth I, dari seorang sejarawan bernama Camden, yang kelihatannya menjadi orang paling bertanggung jawab untuk menjadi terkenalnya istilah ini pada masa modern."

Fragmen bahasa Inggris Kuno

 Beowulf baris 1 sampai 11, kurang lebih 900 Masehi
Hwæt! WēGār-Dena          in geārdagum,
þēodcyninga,                     þrym gefrūnon,
hūðāæþelingas                  ellen fremedon.
Oft Scyld Scēfing              sceaþena þrēatum,
monegum mǣgþum,          meodosetla oftēah,
egsode eorlas.                    Syððan ǣrest wearð
fēasceaft funden,               hēþæs frōfre gebād,
wēox under wolcnum,       weorðmyndum þāh,
oðþæt him ǣghwylc          þāra ymbsittendra
ofer hronrāde                      hȳran scolde,
gomban gyldan.                 þæt wæs gōd cyning!
Artinya :
Lihat, pujian keahlian rakyat raja-raja
Orang  Denmark  yang  dipersenjatai  dengan  tombak  dihari
panjang meluncur,
Kami  sudah  mendengar,  dan  kehormatan  dimana  para  atheling
(“pangeran mahkota”) menang !
Oft Scyld Scefing dari musuh yang dibagi menjadi skuadron,
Dari banyak suku, merusak bangku pesta,
Membuat para bangsawan terpesona. Sejak pertama diaialah
Tanpa teman, seorang bayi terlantar, nasib membalasnya :
Karena  dia  membesar  dibawah  angkasa,  di  kekayaan  dia
berkembang pesat,
Sampai di hadapannya rakyat, baik jauh maupun dekat,
Yang memilih rumah dekat jalan ikan paus,
Mendengar amanatnya
Memberikan hadiah : seorang raja baik dia
Sekian dulu tentang sharing saya tentang  Sejarah dan Perkembangan Bahasa Inggris. Sebenarnya masih ada yang belum saya share, jadi tunggu kelanjutannya di Part II.

Terdapat kutipan dari : Nanang Chosin FTI UIA Jakarta.

Comments

Post a Comment

Blog ini nofollow, jadi berkomentarlah yang baik jangan mengandung unsur:
-SARA
-SPAM
-Komentar berkaitan dengan artikel dan atau materi yang telah disajikan.
Go Blogger Indonesia ... :D

Popular posts from this blog

Kisah Cinta LDR (Pacaran Jarak Jauh)

Love is in the chat messenger
Girl : Kamu lagi ngapain say ?
Boy : Biasa lagi ngerjain tugas kuliah. Kamu udah makan ?
Girl : Udah. Kamu belum tidur ? Kalau disini siang berarti disana tengah malem kan ?
Boy : Biasa lah say aku belum bisa tidur kalau tugas belum selesai. Deadlinenya besok soalnya. Haha. Lembur deh aku malem ini.
Girl : Brati chatting aku ngganggu ya ?
Boy : Nggak kok, aku lagi isitirahat. Udah mau selesai juga kok tugasnya. Paling sejam lagi juga kelar
Girl : Kamu kapan pulang ke Indonesia ?
Boy : Libur semester ini aku pulang dari China ke tanah air. Mungkin dua bulan lagi. Kamu kapan pulang dari Inggris ? Aku kangen banget loh.
Girl : Mungkin libur semester juga, tapi libur semesterku masih empat bulan lagi. Yah nggak bakal ketemu dong kita. Hiks
Boy : Udah-udah. Kan sekarang kita lagi ketemuan walaupun Cuma di dunia maya.
Girl : Iya untung deh ada internet, walaupun kita LDR tetep bisa melepas cinta. Nggak kerasa udah hampir 6 bulan kita LDR.
Boy : Iya, kangen ni…

Perintah-Perintah Dasar Linux Debian

A. Perintah-perintah dasar GNU/Linux
Perintah-perintah (command) dasar di GNU/Linux di jalankan di suatu terminal shell yang
biasa disebut terminal atau console. Terminal atau console ini dikenal dengan istilah
command line interface (CLI) yang bisa diaktifkan dengan cara klik menu Applications -
Accessories - Terminal. Selain itu bisa juga dengan bekerja diconsole murni dengan
menakan kombinasi tombol ctrl+alt+F1 dimana F1 bisa diganti sampai F6. Untuk kembali
ke mode Grafical User Interface (GUI) tekan ctrl+alt+F7.
Berikut ini hanya beberapa command yang umum terdapat di setiap distribusi GNU/Linux
khususnya distribusi Ubuntu.
1. login
Fungsi : Untuk masuk ke dalam jaringan .
Keterangan : Setiap pemakai sah dari sistem UNIX mempunyai identifikasi pemakai
sendiri (ID).
2. password
Fungsi : Memasukkan kata sandi setelah login.
Keterangan : Untuk pemakai yang baru didaftar oleh SUPER USER maka user tidak
perlu memasukkan kata sandi. Untuk menjaga kerahasiaan, pengetikan
tombol passwor…

Jenis Jenis Tower Jaringan Telekomunikasi Berdasarkan . . .

Tower Jaringan Telekomunikasi adalah menara yang terbuat dari rangkaian besi atau pipa baik segi empat atau segitiga, atau hanya berupa pipa panjang (tongkat) yang bertujuan untuk menempatkan antenna dan radio pemancar maupun sebagai penerima gelombang telekomunikasi dan informasi. Intinya Tower BTS berfungsi untuk menjembatani perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan yang menuju jaringan lain.

Berdasarkan Lokasinya, tower jaringan telekomunikasi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
1. Rooftop : Tower yang berdiri di atas sebuah gedung.
2. Greenfield : Tower yang berdiri langsung di atas tanah.

Berdasarkan bentuknya, tower jaringan telekomunikasi dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

1. Tower 4 Kaki ( Rectangular Tower )

Tower ini berbentuk segi empat dengan empat kaki. Tower dengan 4 kaki sangat jarang sekali dijumpai roboh. Tower jenis ini memiliki kekuatan tiang pancang serta sudah dipertimbangkan konstruksinya. Tower ini mampu menampung banyak antenna dan radio. Harga tipe ini sangat m…