Skip to main content

Pentingnya AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan)


AMDAL

(Analisis Mengenai Dampak Lingkungan)

amdal - rendtkj2
Ini cuman Tulisan amdal, Jangan dihiraukan

AMDAL adalah kependekan dari Analisis Mengenai Dampak Linkungan. Menurut PP No.27 Tahun 1999 Pasal 1 Butir 1, AMDAL adalah kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan. Usaha dan\atau kegiatan tersebut haruslah di telaah secara cermat dan mendalam tentang dampak yang terjadi di lingkungan sekitarnya.

AMDAL bertujuan untuk menjamin bahwa pertimbangan lingkungan telah diikutsertakan dalam proses perencanaan pembuatan program dan pengambilan keputusan mengenai dampak usaha dan\atau kegiatan. Dengan adanya AMDAL, setiap usaha dan\atau kegiatan mendapatkan jaminan operasi secara berkelanjutan tanpa merusak lingkungan hidup. AMDAL berperan dalam proses pembangunan pengelolaan lingkungan dan pengelolaan proyek yang akan dibangun.

Di dalam AMDAL, termuat komponen dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut berupa :
  1.  Dokumen Kerangka Acuan AMDAL (KA-AMDAL)
  2. Dokumen AMDAL
  3. Dokumen Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup (RKL)
  4. Dokumen Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup (RPL)
Diantara dokumen tersebut, ANDAL, RKL, dan RPL diajukan bersama-sama untuk dinilai oleh Komisi Penilai. AMDAL di prakarsai oleh orang atau badan usaha yang mempunyai rencana untuk melakukan usaha dan\atau kegiatan, yaitui investor. Tujuan dari pemrakarsa adalah menyusun ANDAL, RKL, dan RPL dan menentukan penyusun AMDAL yaitu konsultan AMDAL yang diminta jasanya oleh sang investor.

Proses AMDAL melibatkan beberapa pihak seperti Komisi Penilai AMDAL dan Tim Teknis, Pemrakarsa atau investor dan masyarakat yang berkepentingan / terkena dampak. Penilaian AMDAL dilakukan oleh Komisi Penilai AMDAL dibantu dengan tim teknis. Penilaian ini biasanya memakan waktu sekitar 75 hari. Komisi Penilaian AMDAL di tingkat pusat dibentuk oleh Menteri yang berkedudukan di Kementrian Lingkungan Hidup. Sedangkan Komisi Penilaian AMDAL di tingkat daerah (provinsi dan kabupaten/kota) dibentuk oleh pejabat yang berkedudukan di Bapedalda.

Terdapat prosedur dalam pembuatan/pengajuan AMDAL. Pertama adalah melakukan proses screening atau proses seleksi kegiatan wajib AMDAL. Yang kedua, melakukan proses pengumuman dan konsultasi masyarakat. Selanjutnya akan terjadi penyusunan dan penilaian KA-AMDAL (scoping). Terakhir adalah melakukan penyusunan dan penilaian AMDAL, RKL, dan RPL. Dalam prosedur, terdapat beberapa tahapan dalam pembuatan AMDAL. Tahap-tahapnya seperti berikut :
  1. Persiapan .Dalam tahap ini, tujuannya adaah untuk efektivitas dan efisiensi proses pelaksanaan selanjutnya. Kegiatannya adalah menyusun jadwal kegiatan, jadwal pelingkupan, surat menyurat dan persiapan penyusunan KA-AMDAL.
  2. Pelingkupan. Tahap ini merupakan proses untuk mengidentiikasi dampak penting yang terkait dengan adanya usaha dan\atau kegiatan.
  3. Proses pengumuman dan konsultasi masyarakat.
  4. Penyusunan KA-AMDAL.
  5. Penyusunan AMDAL, RKL, dan RPL.
  6. Diskusi dan asistensi.
  7. Legalisasi dokumen oleh instansi yang berwenang.
Berdasarkan jenis kegiatannya, AMDAL memiliki jenis pendekatan studi dalam beberapa kegiatan, seperti :
  1. Pendekatan AMDAL kegiatan tunggal (satu instansi). Contoh : pembangunan Sekolah, Jalan Tol, Rumah Sakit, PLTU, Masjid Agung, Lapangan golf, dan sebagainya.
  2. Pendekatan AMDALkegiatan terpadu/multisektor (sistem terpadu lebih dari satu instansi). Contoh : pembangunan permukiman terpadu, industri, taman, dan sebagainya.
  3. Pendekatan AMDAL kegiatan dalam kawasan (pengembangan wilayah)
  4. Pendekatan AMDAL kegiatan regional (kewenangan lebih dari sati instansi). Contoh : reklamasi pantai yang melibatkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Banten.
Berdasarkan ulasan diatas, fungsi penting AMDAL adalah :
  1. Sebagai acuan untuk mengambil keputusan tentang penyelenggaraan/pemberian izin usaha dan\atau kegiatan.
  2. Sebagai bahan bagi perencanaan pembangunan wilayah ataupun indutri.
  3. Mencegah rusaknya potensi Sumber Daya Alam di sekitar lokasi.
  4. Menjaga kelestarian lingkungan.
  5. Membantu masyarakat untuk mengetahui rencana pembangunan di daerahnya, sehingga masyarakat dapat berpartisipasi.
  6. Sebagai pedoman untuk pelaksanaan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup.
Sumber : Buku IPA Kelas XII Erlangga

Comments

Popular posts from this blog

Drama Korea A Thousand Days Promise Sinopsis Lengkap

Kali ini saya akan hadir dengan Sinopsis Drama Korea Terbaru yang berjudul A Thousand Days Promise   dan bagi anda penggemar drama korea mungkin tidak mau melewatkan A Thousand Days Promise. drama korea yang berjenis melodrama romantis yang bisa membuat anda sangat terharu. A Thousand Days Promise menceritakan tentang kesetiaan serta kegigihan seorang suami dalam merawat istrinya yang perlahan lahan hilang ingatan,A Thousand Days Promise Korean Drama ini diproduksi pada tahun 2011, dan dibintangi oleh artis papan atas korea seperti Soo Ae sebagai Lee Seo-yeon, Kim Rae-won Sebagai Park Ji-hyung, dan Jung Yoo-mi Sebagai Noh Hyang-ki. Adapun kisah dari drama korea ini sangatlah menyentuh dan sangat mengharukan dengan ending yang bisa ditebak yaitu sad ending. nah bagi anda yang penasaran akan saya berikan Sinopsis A Thousand Days Promise . berikut sinopsisnya. A Thousand Days Promise Sinopsis Drama ini memulai kisahnya pada Lee Seo-yeon (Soo Ae) yang telah mengen

Pengertian dan Definisi Cara Mengetik 10 Jari (Typing Master Pro)

Assalamualaikum Wr.WB. Selamat pagi atau apalah pokoknya saya udah ngucapin selamat buat kalian entah pagi,siang,sore,malam,maupun tidur.(hehehe). Sudah lama nih saya tidak posting blog. hmmmm.. ini karena saya masih fokus untuk menyelesaikan semua tugas saya di sekolah saya tercinta. terutama tugas untuk produktif,karena saya adalah seorang anak smk (wkwkkw...). (lama amat, min... ) yaudah ketimbang saya curhat dan ngomong yang gk ada artinya lebih baek simak tulisan atau sedikit tips dan trick,pengetahuan untuk kalian semua. langsung saja , saya akan menulis tentang sebuah artikel yang berjudul " Pengertian dan Definisi Cara Mengetik 10 Jari (Typing Master Pro) ". langsung saja kita simak bareng-bareng.. :D Typing Master Pro (Mengetik 10 Jari) A.       Pengertian.   Typing Mater Pro adalah sebuah software yang dapat melatih kecepatan mengetik kita. Dengan software ini, kita dapat menjadi seorang typing yang handal . Typing Master ini dapat membantu Kita yang ingin

Perbedaan Useradd dan Adduser pada Linux

Soal Produktif. Jelaskan 3 perbedaan perintah Adduser dan Useradd ! Berikut adalah perbedaan useradd dan adduser : 1. a) Useradd : menciptakan user tanpa mengeset password.      b) Adduser : menciptakan user dengan melakukan setting password terlebih dahulu. 2. a) Useradd : menciptakan user tanpa ada home dirktorinya.     b) Adduser : menciptakan user serta home direktorinya. 3. a) Useradd : menciptakan user tanpa memberikan keterangan lengkap mengenai user tersebut.     b) Adduser : menciptakan user dengan memberikan keterangan lengkap si user tersebut.