Skip to main content

Menuju UNAS Online Pertama di SMKN 3 Buduran Sidoarjo

img/#rendtkj2
Amin

UNAS merupakan kependekan dari Ujian NASional adalah sebuah ujian yang harus dihadapi bagi semua siswa-siswi SD/MI/, SMP/MTs, dan SMA/SMK,MA yang mengeyam pendidikan di Indonesia. UNAS merupakan sosok yang mungkin mengerikan bagi beberapa siswa. Mereka menjadikan seolah UNAS adalah ujian akhir pembelajaran yang mereka terima di sekolah.

Menelisik masa lalu, UNAS telah menjadi standar pemerintah dalam menentukan tingkat dan evaluasi pada sistem pendidikan di Indonesia. Kurikulum adalah sebutan bagi sistem pendidikan di negara ini. Seperti yang diketahui, kurikulum di Indonesia kadang-kadang berganti-ganti. Dimulai dari Rentjana Pelajaran Tahun 1947 sampai dengan Kurikulum saat ini, yaitu berbasis KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Yang terbaru adalah Kurikulum 2013. Sayangnya, Kurikulum ini harus dihapus karena beberapa alasan dan butuh sebuah evaluasi.

Ujian Nasional, dilaksanakan setiap tahun. Dan setiap tahun itulah pemerintah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan serta bagaimana penerapan dalam sistem pendidikan / kurikulum yang digunakan. Namun, sampai saat ini, problematika Ujian Nasional tetap menjadi hal yang paling disorot. Mulai dari sistem pencetakan naskah soal ujian nasional, keamanan ujian, dan yang paling banyak diperbincangkan adalah tentang kebocoran naskah soal ujian nasional kepada pihak yang tidak bersangkutan. Beberapa problematika tersebut yang menjadi carut-marutnya Sistem Ujian Nasional. Banyak lembaga menilai betapa buruknya pelaksanaan Ujian Nasional setiap tahunnya.

Nilai standar untuk kelulusan Ujian Nasional dari tahun ke tahun (Year on Year), kadang mengalami peningkatan. Hingga saat ini, nilai standar yang ditetapkan pemerintah adalah 5,50 untuk semua mata pelajaran yang di ujikan. Banyak siswa yang mengeluh dalam penentuan nilai standar yang harus dicapai dalam menghadapai UNAS. Tapi tak sedikit pula yang mengaku menerima nilai standar tersebut. Kebanyakan dari mereka menganggap itu adalah hal yang lumrah karena untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Carut-marut dan problematika yang begitu banyak tak membuat pemerintah berhenti untuk memajukan kualitas hasil didikan di Indonesia. Pemerintah merasa akan terus merugi jika dana yang dikeluarkan dalam pelaksanaan Ujian Nasional terlalu banyak dan melalui proses yang sedemikian rumit. Melalui evaluasi tersebut, pemerintah melalui Menteri Pendidikan Nasional melakukan uji solusi untuk menangani masalah tersebut. Hasilnya adalah pelaksanaan Ujian Nasional secara Online. Saat ini, pemerintah sedang melakukan tahap ujicoba pelaksanaan UNAS secara Online di beberapa kota. Bisa dikatakan Tahun 2015 adalah Tahun perubahan tentang berkembangnya pendidikan di Republik Indonesia di tengah era globalisasi yang semakin 'menggila'.

Walaupun begitu, penerapan sistem online ini perlu banyak tambalan untuk membuat semakin baiknya sistem pendidikan di Indonesia. Banyak kelebihan dan kekurangan yang terjadi pada penerapan sistem UNAS Online ini, mulai dari pertanyaan seberapa melek komputer kah masyarakat di Indonesia sampai Evaluasi pemerintah dan masyarakat dengan dilaksanakannya UNAS Online ini.

Di sekolah saya yaitu SMKN 3 Buduran Sidoarjo juga akan melaksanakan UNAS secara Online.Ini akan menjadi sejarah pertama kalinya sekolah SMKN 3 Buduran Sidoarjo yang melaksanakan UNAS secara Online adalah Angkatan 23. Namun banyak siswa maupun guru yang tidak tahu bagaimana sistem ataupun alur dari pelaksanaan UNAS secara Online karena masih minimnya sosialisasi dari pemerintah. Semoga di tahun ini Angkatan 23 STM PERKAPALAN SIDOARJO ( nama lain sekolah saya ) dan semua siswa/i yang menghadapi Ujian Nasional Tahun Ajaran 2014/2015 bisa lulus semuanya 100% dan mencapai kesuksesan Amin.


UPDATE : Kisi-Kisi Ujian Nasional

Comments

Post a Comment

Blog ini nofollow, jadi berkomentarlah yang baik jangan mengandung unsur:
-SARA
-SPAM
-Komentar berkaitan dengan artikel dan atau materi yang telah disajikan.
Go Blogger Indonesia ... :D

Popular posts from this blog

Kisah Cinta LDR (Pacaran Jarak Jauh)

Love is in the chat messenger
Girl : Kamu lagi ngapain say ?
Boy : Biasa lagi ngerjain tugas kuliah. Kamu udah makan ?
Girl : Udah. Kamu belum tidur ? Kalau disini siang berarti disana tengah malem kan ?
Boy : Biasa lah say aku belum bisa tidur kalau tugas belum selesai. Deadlinenya besok soalnya. Haha. Lembur deh aku malem ini.
Girl : Brati chatting aku ngganggu ya ?
Boy : Nggak kok, aku lagi isitirahat. Udah mau selesai juga kok tugasnya. Paling sejam lagi juga kelar
Girl : Kamu kapan pulang ke Indonesia ?
Boy : Libur semester ini aku pulang dari China ke tanah air. Mungkin dua bulan lagi. Kamu kapan pulang dari Inggris ? Aku kangen banget loh.
Girl : Mungkin libur semester juga, tapi libur semesterku masih empat bulan lagi. Yah nggak bakal ketemu dong kita. Hiks
Boy : Udah-udah. Kan sekarang kita lagi ketemuan walaupun Cuma di dunia maya.
Girl : Iya untung deh ada internet, walaupun kita LDR tetep bisa melepas cinta. Nggak kerasa udah hampir 6 bulan kita LDR.
Boy : Iya, kangen ni…

Perintah-Perintah Dasar Linux Debian

A. Perintah-perintah dasar GNU/Linux
Perintah-perintah (command) dasar di GNU/Linux di jalankan di suatu terminal shell yang
biasa disebut terminal atau console. Terminal atau console ini dikenal dengan istilah
command line interface (CLI) yang bisa diaktifkan dengan cara klik menu Applications -
Accessories - Terminal. Selain itu bisa juga dengan bekerja diconsole murni dengan
menakan kombinasi tombol ctrl+alt+F1 dimana F1 bisa diganti sampai F6. Untuk kembali
ke mode Grafical User Interface (GUI) tekan ctrl+alt+F7.
Berikut ini hanya beberapa command yang umum terdapat di setiap distribusi GNU/Linux
khususnya distribusi Ubuntu.
1. login
Fungsi : Untuk masuk ke dalam jaringan .
Keterangan : Setiap pemakai sah dari sistem UNIX mempunyai identifikasi pemakai
sendiri (ID).
2. password
Fungsi : Memasukkan kata sandi setelah login.
Keterangan : Untuk pemakai yang baru didaftar oleh SUPER USER maka user tidak
perlu memasukkan kata sandi. Untuk menjaga kerahasiaan, pengetikan
tombol passwor…

Jenis Jenis Tower Jaringan Telekomunikasi Berdasarkan . . .

Tower Jaringan Telekomunikasi adalah menara yang terbuat dari rangkaian besi atau pipa baik segi empat atau segitiga, atau hanya berupa pipa panjang (tongkat) yang bertujuan untuk menempatkan antenna dan radio pemancar maupun sebagai penerima gelombang telekomunikasi dan informasi. Intinya Tower BTS berfungsi untuk menjembatani perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan yang menuju jaringan lain.

Berdasarkan Lokasinya, tower jaringan telekomunikasi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
1. Rooftop : Tower yang berdiri di atas sebuah gedung.
2. Greenfield : Tower yang berdiri langsung di atas tanah.

Berdasarkan bentuknya, tower jaringan telekomunikasi dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

1. Tower 4 Kaki ( Rectangular Tower )

Tower ini berbentuk segi empat dengan empat kaki. Tower dengan 4 kaki sangat jarang sekali dijumpai roboh. Tower jenis ini memiliki kekuatan tiang pancang serta sudah dipertimbangkan konstruksinya. Tower ini mampu menampung banyak antenna dan radio. Harga tipe ini sangat m…