Skip to main content

Mobile Programming (Pemrograman Mobile)


Di era modern saat ini, smartphone telah berkembang pesat di seluruh dunia, Bahkan saat ini telah muncul device yang bisa dipakai di tubuh manusia atau yang lebih dikenal dengan Wearable Device. Adaptasi masyarakat terhadap smartphone sangat cepat, terutama dengan hadirnya beberapa Operating System khusus untuk mobile device yang lahir seperti Android, iOS, Windows Phone, Symbian, dll. Perkembangan OS tersebut tidak akan lancar apabila tidak ada dukungan dari aplikasi terhadap masing-masing OS. Oleh karena itu, banyak sekali developer yang berlomba-lomba membuat aplikasi untuk masing-masing OS.

Dewasa ini, jika menyebut tentang mobile device pasti tidak lepas dengan istilah Mobile Programming. Mobile Programming sangat populer dikalangan para programmer.
Mobile Programming adalah pemrograman yang digunakan untuk perangkat mobile .
 Adapun macam Mobile Programming seperti :
1. Java 2 Micro Edition (J2ME)
2. Objective C yang hanya digunakan oleh iOS
3. C++ Brew Framework untuk handphone CDMA
4. C#.NET untuk Windows Phone
5. Javafx mobile untuk Android
6. PHP
7. Flash Lite
8. C++ dalam Symbian Framework

BAGIAN PENDUKUNG MOBILE PROGRAMMING


Emulator

Aplikasi yang memungkinkan sebuah software dari sebuah platform berjalan di atas platflorm lain. Emulator menjalankan kode-kode software pada virtual machine. Sehingga software tersebut mengira bahwa Ia sedang berjalan di atas platform aslinya.Sebagai contoh suatu program Windows dapat dijalankan di sistem operasi Linux dengan menggunakan piranti lunak emulator Wine. Ada pula program yang mengemulasikan suatu komputer dalam komputer, misalnya VMware. Contoh lain adalah program-program emulator untuk menjalankan permainan komputer yang awalnya hanya bisa dijalankan pada konsolnya masing-masing, misalnya Nintendo, Atari, PlayStation, XBox dan lain-lain.

WAP
Teknologi WAP (Wireless Aplication Protocol ) merupakan sebuah metode untuk menghadirkan halaman web di dalam layar Ponsel (Telepon Seluler). Dengan begitu, maka bentuk informasi dari sebuah instansi tidak hanya ditampilkan dengan metode Web yang hanya dapat di akses melalui Browser, akan tetapi dapat ditampilkan dalam bentuk WAP yang dapat dilihat dengan ponsel.

Dengan adanya dukungan GPRS dari pesawat Handphone, maka memungkinkan kita untuk mengakses semua informasi yang disajikan dalam internet dalam bentuk WAP.

WAP dapat dibuat dengan menggabungkan pemrograman WML (Wireless Markup Language)dengan pemrograman PHP sehingga dapat menghadirkan aplikasi WAP yang dinamis.

Pengertian WAP
WAP adalah suatu protokol aplikasi yang memungkinkan internet dapat diakses oleh ponsel dan perangkat wireless lainnya. Tujuan utamanya untuk membangun aplikasi yang dapat mengakses internet dari telepon genggam atau PDA. WAP membawa informasi secara online melewati internet langsung menuju ke ponsel atau klien WAP lainnya. Dengan adanya WAP pengguna dapat menggunakan ponselnya untuk mengakses Internet dan memperoleh fasilitas dari masing-masing telepon genggam. Dari sekedar membuka halaman situs untuk melihat informasi, seperti informasi berita atau kurs, cuaca, membuka e-mail, bahkan sampai melakukan transaksi keuangan.

Ada tiga bagian utama dalam akses WAP yaitu perangkat wireless yang mendukung WAP, WAP gateway sebagai perantara dan server sebagai sumber dokumen. Dokumen yang berada dalam web server dapat berupa dokumen HTML maupun WML. Dokumen WML khusus ditampilkan melalui browser dari perangkat WAP. Sedangkan dokumen HTML yang seharusnya ditampilkan melalui web browser , sebelum dibaca melalui browser WAP diterjemahkan terlebih dahulu oleh gateway agar dapat menyesuaikan dengan perangkat WAP.

Software untuk Belajar WAP
Dalam belajar pemrograman WAP dengan menggunakan WML, PHP dan MySQL maka software yang harus disiapkan adalah :
  1. Web Server (Apache, Appserv, Wamp, X Amp dll)
    Dalam hal ini akan digunakan Apache karena mudah serta banyak digunakan oleh pemula. Apache ini akan sangat berguna jika kita membuat program yang menggunakan database yaitu mysql. Untuk mengaktifkannya maka kita aktifkan apache dan pada direktori mysql/bin kita aktifkan winmysqladmin yang telah kita install.
  2. Web Browser ( Internet Explorer, Mozilla Firefox)
    Untuk mengecek apakah server berjalan dengan baik maka kita dapat mencoba menjalakannya pada IE dengan mengetikkan alamat http://localhost.
  3. Emulator WAP (M3Gate, Winwap)
    Emulator mempunyai fungsi yang sama dengan browser IE, Mozila, Opera dll.
    Dengan menggunakan emulator kita tidak harus mencoba program wap yang kita buat dengan handphone. Untuk belajar kita hanya cukup menggunakan browser berbentuk handphone (emulator) ini untuk menguji semua script WML yang telah kita buat. Contoh tampilan dari m3gate untuk skin Handy dan skin April.
Dasar Pemrograman WAP
WAP homepage sangat berbeda dengan HTML homepage. Bahasa markup dokumen pada WAP adalah WML (Wireless Markup Language). WML menggunakan tag – seperti HTML – tetapi tata penulisannya mengikuti aturan standar XML 1.0.

WML page memiliki ekstensi *.WML, seperti halnya halaman HTML yang memiliki ekstensi *.HTML. Walau secara umum beberapa perintah WML terlihat mirip dengan HTML. Namun terdapat perbedaaan dalam struktur penulisan dokumen WML. Jika sebuah dokumen HTML hanya terdiri atas dua bagian utama, yaitu header dan body, dokumen WML mempunyai header, template (optional), dan beberapa body yang disebut dengan cards. Susunan dokumen secara lengkap ini disebut dengan deck. Sama seperti halnya HTML, untuk menyususun dokumen WML diperlukan kode khusus yang dinamakan dengan tag.

WML page disebut dengan DECK. Mereka dibangun sebagai kumpulan CARD, yang mana dihubungkan antara satu dengan yang lain dengan link. Ketikan sebuah halaman WML diakses dari mobile phone, semua card di dalam halaman didownload dari WAP server. Navigasi antar card dilakukan dengan phone computer – komputer di dalam hand phone – tanpa meminta akses tambahan ke server.

Cara Menuliskan WML
Cara Menuliskan Program WML memang agak sedikit berbeda dengan HTML. Yang membedakan hanyalah pengenal bahwa script tersebut adalah program WML. Hal tersebut mirip dengan program HTML yang setiap kali menuliskan scriptnya harus menggunakan tag dan diakhiri dengan tag .

Begitu juga dengan WML untuk menuliskannya kita dapat memulainya dengan tag dan diakhiri dengan tag . Program WML ditulis kedalam versi XML, sehingga setiap kali menuliskan harus mendeklarasikan kedalam bentuk XML. Hal tersebut merupakan kewajiban, apabila tidak maka Emulator atau Hand Phone tidak dapat mengenalinya.

Sebenarnya masih banyak sekali macam dari Mobile programming itu sendiri. Saat ini memang hanya Android, iOS, dan Windows Phone yang menjadi pilihan bagi para developer/programmer.

Sumber Referensi :
http://onestree.blogspot.com/2011/01/mobile-programming.html

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Cinta LDR (Pacaran Jarak Jauh)

Love is in the chat messenger
Girl : Kamu lagi ngapain say ?
Boy : Biasa lagi ngerjain tugas kuliah. Kamu udah makan ?
Girl : Udah. Kamu belum tidur ? Kalau disini siang berarti disana tengah malem kan ?
Boy : Biasa lah say aku belum bisa tidur kalau tugas belum selesai. Deadlinenya besok soalnya. Haha. Lembur deh aku malem ini.
Girl : Brati chatting aku ngganggu ya ?
Boy : Nggak kok, aku lagi isitirahat. Udah mau selesai juga kok tugasnya. Paling sejam lagi juga kelar
Girl : Kamu kapan pulang ke Indonesia ?
Boy : Libur semester ini aku pulang dari China ke tanah air. Mungkin dua bulan lagi. Kamu kapan pulang dari Inggris ? Aku kangen banget loh.
Girl : Mungkin libur semester juga, tapi libur semesterku masih empat bulan lagi. Yah nggak bakal ketemu dong kita. Hiks
Boy : Udah-udah. Kan sekarang kita lagi ketemuan walaupun Cuma di dunia maya.
Girl : Iya untung deh ada internet, walaupun kita LDR tetep bisa melepas cinta. Nggak kerasa udah hampir 6 bulan kita LDR.
Boy : Iya, kangen ni…

Perintah-Perintah Dasar Linux Debian

A. Perintah-perintah dasar GNU/Linux
Perintah-perintah (command) dasar di GNU/Linux di jalankan di suatu terminal shell yang
biasa disebut terminal atau console. Terminal atau console ini dikenal dengan istilah
command line interface (CLI) yang bisa diaktifkan dengan cara klik menu Applications -
Accessories - Terminal. Selain itu bisa juga dengan bekerja diconsole murni dengan
menakan kombinasi tombol ctrl+alt+F1 dimana F1 bisa diganti sampai F6. Untuk kembali
ke mode Grafical User Interface (GUI) tekan ctrl+alt+F7.
Berikut ini hanya beberapa command yang umum terdapat di setiap distribusi GNU/Linux
khususnya distribusi Ubuntu.
1. login
Fungsi : Untuk masuk ke dalam jaringan .
Keterangan : Setiap pemakai sah dari sistem UNIX mempunyai identifikasi pemakai
sendiri (ID).
2. password
Fungsi : Memasukkan kata sandi setelah login.
Keterangan : Untuk pemakai yang baru didaftar oleh SUPER USER maka user tidak
perlu memasukkan kata sandi. Untuk menjaga kerahasiaan, pengetikan
tombol passwor…

Jenis Jenis Tower Jaringan Telekomunikasi Berdasarkan . . .

Tower Jaringan Telekomunikasi adalah menara yang terbuat dari rangkaian besi atau pipa baik segi empat atau segitiga, atau hanya berupa pipa panjang (tongkat) yang bertujuan untuk menempatkan antenna dan radio pemancar maupun sebagai penerima gelombang telekomunikasi dan informasi. Intinya Tower BTS berfungsi untuk menjembatani perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan yang menuju jaringan lain.

Berdasarkan Lokasinya, tower jaringan telekomunikasi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
1. Rooftop : Tower yang berdiri di atas sebuah gedung.
2. Greenfield : Tower yang berdiri langsung di atas tanah.

Berdasarkan bentuknya, tower jaringan telekomunikasi dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

1. Tower 4 Kaki ( Rectangular Tower )

Tower ini berbentuk segi empat dengan empat kaki. Tower dengan 4 kaki sangat jarang sekali dijumpai roboh. Tower jenis ini memiliki kekuatan tiang pancang serta sudah dipertimbangkan konstruksinya. Tower ini mampu menampung banyak antenna dan radio. Harga tipe ini sangat m…