Skip to main content

Mobile Programming (Pemrograman Mobile)


Di era modern saat ini, smartphone telah berkembang pesat di seluruh dunia, Bahkan saat ini telah muncul device yang bisa dipakai di tubuh manusia atau yang lebih dikenal dengan Wearable Device. Adaptasi masyarakat terhadap smartphone sangat cepat, terutama dengan hadirnya beberapa Operating System khusus untuk mobile device yang lahir seperti Android, iOS, Windows Phone, Symbian, dll. Perkembangan OS tersebut tidak akan lancar apabila tidak ada dukungan dari aplikasi terhadap masing-masing OS. Oleh karena itu, banyak sekali developer yang berlomba-lomba membuat aplikasi untuk masing-masing OS.

Dewasa ini, jika menyebut tentang mobile device pasti tidak lepas dengan istilah Mobile Programming. Mobile Programming sangat populer dikalangan para programmer.
Mobile Programming adalah pemrograman yang digunakan untuk perangkat mobile .
 Adapun macam Mobile Programming seperti :
1. Java 2 Micro Edition (J2ME)
2. Objective C yang hanya digunakan oleh iOS
3. C++ Brew Framework untuk handphone CDMA
4. C#.NET untuk Windows Phone
5. Javafx mobile untuk Android
6. PHP
7. Flash Lite
8. C++ dalam Symbian Framework

BAGIAN PENDUKUNG MOBILE PROGRAMMING


Emulator

Aplikasi yang memungkinkan sebuah software dari sebuah platform berjalan di atas platflorm lain. Emulator menjalankan kode-kode software pada virtual machine. Sehingga software tersebut mengira bahwa Ia sedang berjalan di atas platform aslinya.Sebagai contoh suatu program Windows dapat dijalankan di sistem operasi Linux dengan menggunakan piranti lunak emulator Wine. Ada pula program yang mengemulasikan suatu komputer dalam komputer, misalnya VMware. Contoh lain adalah program-program emulator untuk menjalankan permainan komputer yang awalnya hanya bisa dijalankan pada konsolnya masing-masing, misalnya Nintendo, Atari, PlayStation, XBox dan lain-lain.

WAP
Teknologi WAP (Wireless Aplication Protocol ) merupakan sebuah metode untuk menghadirkan halaman web di dalam layar Ponsel (Telepon Seluler). Dengan begitu, maka bentuk informasi dari sebuah instansi tidak hanya ditampilkan dengan metode Web yang hanya dapat di akses melalui Browser, akan tetapi dapat ditampilkan dalam bentuk WAP yang dapat dilihat dengan ponsel.

Dengan adanya dukungan GPRS dari pesawat Handphone, maka memungkinkan kita untuk mengakses semua informasi yang disajikan dalam internet dalam bentuk WAP.

WAP dapat dibuat dengan menggabungkan pemrograman WML (Wireless Markup Language)dengan pemrograman PHP sehingga dapat menghadirkan aplikasi WAP yang dinamis.

Pengertian WAP
WAP adalah suatu protokol aplikasi yang memungkinkan internet dapat diakses oleh ponsel dan perangkat wireless lainnya. Tujuan utamanya untuk membangun aplikasi yang dapat mengakses internet dari telepon genggam atau PDA. WAP membawa informasi secara online melewati internet langsung menuju ke ponsel atau klien WAP lainnya. Dengan adanya WAP pengguna dapat menggunakan ponselnya untuk mengakses Internet dan memperoleh fasilitas dari masing-masing telepon genggam. Dari sekedar membuka halaman situs untuk melihat informasi, seperti informasi berita atau kurs, cuaca, membuka e-mail, bahkan sampai melakukan transaksi keuangan.

Ada tiga bagian utama dalam akses WAP yaitu perangkat wireless yang mendukung WAP, WAP gateway sebagai perantara dan server sebagai sumber dokumen. Dokumen yang berada dalam web server dapat berupa dokumen HTML maupun WML. Dokumen WML khusus ditampilkan melalui browser dari perangkat WAP. Sedangkan dokumen HTML yang seharusnya ditampilkan melalui web browser , sebelum dibaca melalui browser WAP diterjemahkan terlebih dahulu oleh gateway agar dapat menyesuaikan dengan perangkat WAP.

Software untuk Belajar WAP
Dalam belajar pemrograman WAP dengan menggunakan WML, PHP dan MySQL maka software yang harus disiapkan adalah :
  1. Web Server (Apache, Appserv, Wamp, X Amp dll)
    Dalam hal ini akan digunakan Apache karena mudah serta banyak digunakan oleh pemula. Apache ini akan sangat berguna jika kita membuat program yang menggunakan database yaitu mysql. Untuk mengaktifkannya maka kita aktifkan apache dan pada direktori mysql/bin kita aktifkan winmysqladmin yang telah kita install.
  2. Web Browser ( Internet Explorer, Mozilla Firefox)
    Untuk mengecek apakah server berjalan dengan baik maka kita dapat mencoba menjalakannya pada IE dengan mengetikkan alamat http://localhost.
  3. Emulator WAP (M3Gate, Winwap)
    Emulator mempunyai fungsi yang sama dengan browser IE, Mozila, Opera dll.
    Dengan menggunakan emulator kita tidak harus mencoba program wap yang kita buat dengan handphone. Untuk belajar kita hanya cukup menggunakan browser berbentuk handphone (emulator) ini untuk menguji semua script WML yang telah kita buat. Contoh tampilan dari m3gate untuk skin Handy dan skin April.
Dasar Pemrograman WAP
WAP homepage sangat berbeda dengan HTML homepage. Bahasa markup dokumen pada WAP adalah WML (Wireless Markup Language). WML menggunakan tag – seperti HTML – tetapi tata penulisannya mengikuti aturan standar XML 1.0.

WML page memiliki ekstensi *.WML, seperti halnya halaman HTML yang memiliki ekstensi *.HTML. Walau secara umum beberapa perintah WML terlihat mirip dengan HTML. Namun terdapat perbedaaan dalam struktur penulisan dokumen WML. Jika sebuah dokumen HTML hanya terdiri atas dua bagian utama, yaitu header dan body, dokumen WML mempunyai header, template (optional), dan beberapa body yang disebut dengan cards. Susunan dokumen secara lengkap ini disebut dengan deck. Sama seperti halnya HTML, untuk menyususun dokumen WML diperlukan kode khusus yang dinamakan dengan tag.

WML page disebut dengan DECK. Mereka dibangun sebagai kumpulan CARD, yang mana dihubungkan antara satu dengan yang lain dengan link. Ketikan sebuah halaman WML diakses dari mobile phone, semua card di dalam halaman didownload dari WAP server. Navigasi antar card dilakukan dengan phone computer – komputer di dalam hand phone – tanpa meminta akses tambahan ke server.

Cara Menuliskan WML
Cara Menuliskan Program WML memang agak sedikit berbeda dengan HTML. Yang membedakan hanyalah pengenal bahwa script tersebut adalah program WML. Hal tersebut mirip dengan program HTML yang setiap kali menuliskan scriptnya harus menggunakan tag dan diakhiri dengan tag .

Begitu juga dengan WML untuk menuliskannya kita dapat memulainya dengan tag dan diakhiri dengan tag . Program WML ditulis kedalam versi XML, sehingga setiap kali menuliskan harus mendeklarasikan kedalam bentuk XML. Hal tersebut merupakan kewajiban, apabila tidak maka Emulator atau Hand Phone tidak dapat mengenalinya.

Sebenarnya masih banyak sekali macam dari Mobile programming itu sendiri. Saat ini memang hanya Android, iOS, dan Windows Phone yang menjadi pilihan bagi para developer/programmer.

Sumber Referensi :
http://onestree.blogspot.com/2011/01/mobile-programming.html

Comments

Popular posts from this blog

Drama Korea A Thousand Days Promise Sinopsis Lengkap

Kali ini saya akan hadir dengan Sinopsis Drama Korea Terbaru yang berjudul A Thousand Days Promise   dan bagi anda penggemar drama korea mungkin tidak mau melewatkan A Thousand Days Promise. drama korea yang berjenis melodrama romantis yang bisa membuat anda sangat terharu. A Thousand Days Promise menceritakan tentang kesetiaan serta kegigihan seorang suami dalam merawat istrinya yang perlahan lahan hilang ingatan,A Thousand Days Promise Korean Drama ini diproduksi pada tahun 2011, dan dibintangi oleh artis papan atas korea seperti Soo Ae sebagai Lee Seo-yeon, Kim Rae-won Sebagai Park Ji-hyung, dan Jung Yoo-mi Sebagai Noh Hyang-ki. Adapun kisah dari drama korea ini sangatlah menyentuh dan sangat mengharukan dengan ending yang bisa ditebak yaitu sad ending. nah bagi anda yang penasaran akan saya berikan Sinopsis A Thousand Days Promise . berikut sinopsisnya. A Thousand Days Promise Sinopsis Drama ini memulai kisahnya pada Lee Seo-yeon (Soo Ae) yang telah mengen

Pengertian dan Definisi Cara Mengetik 10 Jari (Typing Master Pro)

Assalamualaikum Wr.WB. Selamat pagi atau apalah pokoknya saya udah ngucapin selamat buat kalian entah pagi,siang,sore,malam,maupun tidur.(hehehe). Sudah lama nih saya tidak posting blog. hmmmm.. ini karena saya masih fokus untuk menyelesaikan semua tugas saya di sekolah saya tercinta. terutama tugas untuk produktif,karena saya adalah seorang anak smk (wkwkkw...). (lama amat, min... ) yaudah ketimbang saya curhat dan ngomong yang gk ada artinya lebih baek simak tulisan atau sedikit tips dan trick,pengetahuan untuk kalian semua. langsung saja , saya akan menulis tentang sebuah artikel yang berjudul " Pengertian dan Definisi Cara Mengetik 10 Jari (Typing Master Pro) ". langsung saja kita simak bareng-bareng.. :D Typing Master Pro (Mengetik 10 Jari) A.       Pengertian.   Typing Mater Pro adalah sebuah software yang dapat melatih kecepatan mengetik kita. Dengan software ini, kita dapat menjadi seorang typing yang handal . Typing Master ini dapat membantu Kita yang ingin

Perbedaan Useradd dan Adduser pada Linux

Soal Produktif. Jelaskan 3 perbedaan perintah Adduser dan Useradd ! Berikut adalah perbedaan useradd dan adduser : 1. a) Useradd : menciptakan user tanpa mengeset password.      b) Adduser : menciptakan user dengan melakukan setting password terlebih dahulu. 2. a) Useradd : menciptakan user tanpa ada home dirktorinya.     b) Adduser : menciptakan user serta home direktorinya. 3. a) Useradd : menciptakan user tanpa memberikan keterangan lengkap mengenai user tersebut.     b) Adduser : menciptakan user dengan memberikan keterangan lengkap si user tersebut.