Skip to main content

Apa itu Object Oriented Programming (OOP)

Object Oriented Programming
(OOP)


MENELISIK TENTANG OOP (OBJECT ORIENTER PROGRAMMING)
OOP ( Object Oriented Programming ) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi, setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek. Objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi.
Dalam OOP terdapat konsep dasar, yaitu :
1.      Encapsulation (Pembungkusan)
Variabel dan method dalam suatu obyek dibungkus agar terlindungi dari pengguna obyek. Konsep ini pada dasarnya merupakan perluasan dari tipe data struktur.
2.      Inheritance (Pewarisan)
Inheritance adalah penurunan sifat dari Superclass kepada Subclass sehingga apa yang dimiliki oleh Superclass , dimiliki juga oleh Subclass. Class yang mewarsisi disebut superclass, sedangkan class yang diberi warisan disebut subclass. Begitu juga dengan subclass, subclass juga bisa mewariskan atau berlaku sebagai superclass bagi class yang lain yang disebut Multilevel Inheritance.
3.      Polymorphism ( Perbedaan Bentuk )
Polymorphism merupakan kemampuan objek-objek berbeda kelas dalam pewarisan objek untuk merespon secara berbeda terhadap suatu pesan yang sama dan untuk memutuskan method mana yang akan diterapkan kepada sebuah objek.
4.      Class
Class adalah penggambaran sebuah objek dan juga tentang fungsi objek itu sendiri. Di dalam class dideklarasikan variable dan method yang dimiliki objek. Proses pembuatan obyek dari sebuah class disebut Instantiation. Class memiliki anggota yang disebut Class Member. Class Member tediri dari atribut dan method.

1.      Method
Method adalah suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu objek. Method didefinisikan pada class , akan tetapi dipanggil melalui object. Method sangat menentukan perilaku objek.
2.      Atribut
Atribut adalah sesuatu yang dimiliki oleh sebuah class.
5.      Object
Object adalah hasil bentukan dari class
PROPERTIES DAN EVENT PADA KONSEP OOP
      1.      Properties
Properties adalah atribbut-atribut yang melekat pada sebuah objek yang biasanya merupakan karakteristik penampilannya seperti warna, jenis huruf, ukuran dan sebagainya. Properti sebuah objek dapat diubah saat memprogram atau pada saat program dijalankan.
      2.      Event
Event adalah kejadian atau segala sesuatu yang dapat dialami oleh sebuah objek. Suatu objek dapat memiliki banyak event.

CONTOH ILUSTRASI PEMBUATAN OBJECT  DALAM OOP


Class   : Radio
Object : Radioku

Attribute :
Warna kuning jeruk
Merek Kick Denim
Pemutar Volume
Tombol on/off

Method :
Membesarkan volume
Menyalakan radio
Mematikan radio

Dari contoh diatas, terdapat satu buah class Radio dengan object Radioku . Object dalam class Radio bisa dibuat lebih dari satu. Kita bisa membuat object Radioku, Radiomu, Radionya Edi, ataupun Radionya Sun. Banyak object yang dapat diciptakan dari satu kelas yang sama seperti halnya banyak radio yang dapat dibuat dari satu gambar rancangan yang sama.

Kelebihan OOP ( Object Oriented Programming )
1.  OOP menyediakan struktur modular yang jelas untuk program sehingga OOP sanat bagus digunakan untuk mendefinisikan tipe data abstrak di mana detail implementasinya tersembunyi.
2.   OOP mempermudah dalam maintenance, memodifikasi bahkan membuat sebuah objek yang baru tanpa mengubah kode yang sudah ada.
3.    OOP menyediakan framework untuk library code dimana komponen software yang tersedia dapat dengan mudah di adaptasi dan di modifikasi oleh programmer. Hal ini sangat berguna untuk mengembangkan GUI ( Graphical User Interface ) dan UX ( User Xperience ).
4. Multiplatform . OOP dapat dijalankan di berbagai sistem operasi sekaligus. Dengan menggunakan prinsip “Tulis sekali, jalankan dimana saja”.
Kekurangan OOP ( Object Oriented Programming )
1.  Mudah didekomplikasi. Artinya mudah dilakukan pembalikan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak.
2.      Meskipun bersifat Multiplatform , namun masih ada beberapa hal yang tidak kompatible antara platform satu dengan platform lain
KARAKTERISTIK OBJECT ORIENTED PROGRAMMING
  •  Semua adalah objek.
  • Komputasi dilakukan dengan komunikasi antar objek. Setiap objek berkomunikasi dengan objek yang lain melalui pengiriman dan penerimaan pesan.
  • Sebuah pesan merupakan permintaan atas sekumpulan aksi dengan semua argumen yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu.
  • Setiap objek memiliki memori sendiri, yang dapat terdiri dari objek-objek lainnya.
  • Setiap objek adalah wakil atau representasi dari suatu kelas. Sebuah kelas dapat mewakili sekelompok objek yang sama.
  • Kelas merupakan kumpulan tingkah laku yang berkaitan dengan suatu objek. Jadi, semua objek yang merupakan wakil dari kelas yang sama dapat melakukan aksi yang sama pula.
  • Kelas-kelas diorganisasikan ke dalam struktur pohon yang berakar tunggal, yang dinamakan dengan jenjang pewarisan (inheritance hierarchy).
  • Setiap objek pada umumnya memiliki tiga sifat, yaitu keadaan, operasi dan identitas objek.
  • Operasi merupakan tindakan yang dapat dilakukan oleh sebuah objek.
  • Keadaan objek merupakan koleksi dari seluruh informasi yang dimiliki oleh objek pada suatu saat.
  • Informasi yang terkandung pada objek tersebut pada akhirnya memberikan identitas khusus yang membedakan suatu objek dengan objek lainnya.

     Sumber Referensi :

     http://mikael23.blogspot.com/2012/04/kelebihan-dan-kekurangan-pemrograman.html
     http://sufroni.blogspot.com/2010/05/kelebihan-kekurangan-pemrograman.html
     http://materijava.wordpress.com/2009/09/10/mengenal-object-oriented-programming/
     http://alqaa.wordpress.com/2011/10/14/apa-itu-objek-kelas-variabel-method-dalam-object-oriented-programming-oop/
     http://www.mikron123.com/index.php/Tutorial-VB/Tutorial-4-Properties-Method-dan-Event.html
     http://juni-ana-prihati.blogspot.com/2013/04/mengenal-konsep-oop.html




Comments

Post a Comment

Blog ini nofollow, jadi berkomentarlah yang baik jangan mengandung unsur:
-SARA
-SPAM
-Komentar berkaitan dengan artikel dan atau materi yang telah disajikan.
Go Blogger Indonesia ... :D

Popular posts from this blog

Perintah-Perintah Dasar Linux Debian

A. Perintah-perintah dasar GNU/Linux
Perintah-perintah (command) dasar di GNU/Linux di jalankan di suatu terminal shell yang
biasa disebut terminal atau console. Terminal atau console ini dikenal dengan istilah
command line interface (CLI) yang bisa diaktifkan dengan cara klik menu Applications -
Accessories - Terminal. Selain itu bisa juga dengan bekerja diconsole murni dengan
menakan kombinasi tombol ctrl+alt+F1 dimana F1 bisa diganti sampai F6. Untuk kembali
ke mode Grafical User Interface (GUI) tekan ctrl+alt+F7.
Berikut ini hanya beberapa command yang umum terdapat di setiap distribusi GNU/Linux
khususnya distribusi Ubuntu.
1. login
Fungsi : Untuk masuk ke dalam jaringan .
Keterangan : Setiap pemakai sah dari sistem UNIX mempunyai identifikasi pemakai
sendiri (ID).
2. password
Fungsi : Memasukkan kata sandi setelah login.
Keterangan : Untuk pemakai yang baru didaftar oleh SUPER USER maka user tidak
perlu memasukkan kata sandi. Untuk menjaga kerahasiaan, pengetikan
tombol passwor…

Kisah Cinta LDR (Pacaran Jarak Jauh)

Love is in the chat messenger
Girl : Kamu lagi ngapain say ?
Boy : Biasa lagi ngerjain tugas kuliah. Kamu udah makan ?
Girl : Udah. Kamu belum tidur ? Kalau disini siang berarti disana tengah malem kan ?
Boy : Biasa lah say aku belum bisa tidur kalau tugas belum selesai. Deadlinenya besok soalnya. Haha. Lembur deh aku malem ini.
Girl : Brati chatting aku ngganggu ya ?
Boy : Nggak kok, aku lagi isitirahat. Udah mau selesai juga kok tugasnya. Paling sejam lagi juga kelar
Girl : Kamu kapan pulang ke Indonesia ?
Boy : Libur semester ini aku pulang dari China ke tanah air. Mungkin dua bulan lagi. Kamu kapan pulang dari Inggris ? Aku kangen banget loh.
Girl : Mungkin libur semester juga, tapi libur semesterku masih empat bulan lagi. Yah nggak bakal ketemu dong kita. Hiks
Boy : Udah-udah. Kan sekarang kita lagi ketemuan walaupun Cuma di dunia maya.
Girl : Iya untung deh ada internet, walaupun kita LDR tetep bisa melepas cinta. Nggak kerasa udah hampir 6 bulan kita LDR.
Boy : Iya, kangen ni…

Jenis Jenis Tower Jaringan Telekomunikasi Berdasarkan . . .

Tower Jaringan Telekomunikasi adalah menara yang terbuat dari rangkaian besi atau pipa baik segi empat atau segitiga, atau hanya berupa pipa panjang (tongkat) yang bertujuan untuk menempatkan antenna dan radio pemancar maupun sebagai penerima gelombang telekomunikasi dan informasi. Intinya Tower BTS berfungsi untuk menjembatani perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan yang menuju jaringan lain.

Berdasarkan Lokasinya, tower jaringan telekomunikasi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
1. Rooftop : Tower yang berdiri di atas sebuah gedung.
2. Greenfield : Tower yang berdiri langsung di atas tanah.

Berdasarkan bentuknya, tower jaringan telekomunikasi dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

1. Tower 4 Kaki ( Rectangular Tower )

Tower ini berbentuk segi empat dengan empat kaki. Tower dengan 4 kaki sangat jarang sekali dijumpai roboh. Tower jenis ini memiliki kekuatan tiang pancang serta sudah dipertimbangkan konstruksinya. Tower ini mampu menampung banyak antenna dan radio. Harga tipe ini sangat m…