Skip to main content

Sejarah Jaringan Komputer dan Perkembangannya

Sejarah Jaringan Komputer
            Sejarah jaringan computer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputr pada tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan computer MODEL I di Laboratorium Bell dan Grup Riset Universitas. Harvard yang dipimpin perangkat computer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong, dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan daam sebuah computer dengan kaidah antrian
            Kemudian ditahun 1950-an ketika jenis computer mulai berkembang sampai terciptanya super computer, maka sebuah computer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal). Untuk itu diteukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). Maka, untuk pertama kalian, bentuk jaringan (network) computer diaplikasikan. Pada system TTS, beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah computer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan (host) computer. Dalam proses TSS mulai terlihat perpaduan teknologi computer dan teknologi telekomunikasi yang pda awalnya berkembang sendiri-sendiri.

Model Time Sharing System (TTS)
            Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), memutuskan untuk mengadakan riset yang bertujuan untuk menghubungkan sejumlah computer sehingga membnetuk jaringan organic pada tahun 1969. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi membentuk sebuah jarignan. Dan pada tahun 1970 itu juga setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat computer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Dalam proses ini, beberapa host computer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara parallel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host computer. Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi computer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host computer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari computer pusat.
            Pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program surat elektronik (e-mail) yang dibuatnya setahun yang lalu untuk ARPANET. Program tersebut begitu mudah untuk digunakan sehingga langsugn menjadi popular. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1972, ikon at (@) juga diperkenalkan sebagai lambing penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan computer ARPANET mulai dikembangkan meluas keluar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan computer pertama yang ada di luar Amerika Serikat yang menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1972, dua orang ahli computer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar yang menjadi cikal bakal pemikiran Internasional Network (Internet). Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 2976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals dan Radar Establishment di Malvem. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network,.
            Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroup pertama yang diberi nama USENET (User Network) pada tahun 1979. Tahun 1981, France Telecon menciptakan sesuatu hal yang baru dengan meluncurkan telepon televise pertama di mana orang bisa saling menelepon yang juga berhubungan dengan video link.
            Seiring dengan bertambahnya computer yang membentuk jaringan, dibutuhkan sebuah protocol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan. Untuk itu, pada tahun 1982, dibentuk sebuah Transmission Control Protocol (TCP) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol (IP) yang kita kenal hingga saat ini. Sementara itu, di Eropa muncul sebuah jaringan serupa yang dikenal dengan Europe Network (EUNET) yang meliputi wilayah Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia. Jaringan EUNET ini menyediakan jasa surat elektronik dan newsgroup USENET.
            Untuk menyeragamkan alamt jaringan computer yang ada, makan pada tahun 1984 diperkenalkan Sistem Penamaan Domain atau Domain Name System, yang kini kita kenal dengan DNS. Computer yang tersambung dengan jaringa yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987, jumlah computer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10000 lebih.
            Jaringan computer terus berkembang pada tahun 1988, Jarkko Oikarinen seorang berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal dengan IRC yang memungkiankan dua orang atau lebih pengguna computer dapat berinteraksi secara langsung dengan pengiriman pesan (Chatting). Akibatnya, setahun kemudian jumlah computer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipat. Tak kurang dari 100000 komputer membentuk sebuah jaringan. Pertengahan tahun 1990 merupakan tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee merancang sebuah program penyunting dan penjelajah yang dapat menjelajahi computer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan. Program inilah yang disebut Waring Wera, Wanua, atau Wirld Wide Web.
            Computer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta computer pada tahun 1992. Dan pada than yang sama muncul istilah surfing (menjelajahi). Dan pada tahun 1994, situs-situs di internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya, berbelanja melalui internet atau virtual shopping atau e-ratail muncul di situs. Pada tahun yang sama, Yahoo! Didirikan, yang juga sekaligus tahun kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Jaringan computer dibagi menjadi 3 berdasarkan area / lingkup wilayahnya, yaitu :
1.      LAN (Local Area Network)

            LAN merupakan jaringan milik pribadi yang mencakup wilayah kecil seperti jaringan computer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil lagi. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan computer-komputer pribadi dan workstation dalam suatu gedung atau kantor suatu perusahaan untuk saling berbagi informasi dan memakai sumber daya (misalnya printer). Jarak untuk LAN yakni kurang lebih 1 km.
            Biasanya salah satu computer di antara jaringan computer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua system di dalam jaringan tersebut.
2.      MAN (Metropolitan Area Network)

            MAN pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN biasanya mampu menunjang data  dan suara, dan bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak mempunyai elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel. Adanya elemen  switching  membuat rancangan menjadi lebih sederhana. Sebagai contoh yaitu : jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya. Misalnya Bank BNI yang ada di seluruh wilayah Makassar atau Surabaya.Jangkauan jaringan MAN yaitu antara 1 km – 10 km.
3.      WAN (Wide Area Network)

            Wide Area Network  (WAN) mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara atau benua.WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk mejalankan program-program aplikasi. Wide Area Networks (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain. Menggunakan sarana WAN, Sebuah Bank  yang ada di Bandung bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong, hanya dalam beberapa menit. Jarak jangkauan WAN bisa sampai 1.000 km.



Topologi Jaringan


A.    Pengertian Topologi Jaringan
            Topologi jaringan adalah suatu cara menghubungkan computer yang satu dengan yang lainnya sehingga membentuk sebuah jaringan. Jaringan computer adalah sebuah system yang terdiri dari atas computer-komputer yang dipergunakan untuk saling berbagi (berkomunikasi dan dapat mengakses informasi satu sama lain). Setiap bagian dari jaringan computer dapat meminta dan memberikan layanan. Pihak yang meminta/menerima layanan disebut client. Sedangkan pihak yang memberikan/mengirim layanan diebut server.

Topologi jaringan sendiri terbagi menjadi 2 yaitu :
1.      Physical (Fisik), merupakan gambaran fisik dari hubungan antara perangkat (computer, server, hub, switch, dan kabel jaringan) yang membentuk suatu pola khusu.

2.      Logical (Logis/Logika), merupakan gambaran bagaimana suatu peangkat dapat terhubung dan berkomunikasi dengan perangkat lainnya.

B.     Macam-Macam Topologi Jaringan
1.      Topologi Bus

      Topologi Bus merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa kabel Coaxial menjamur. Dengan mengunakan T-Connector (dengan terminator 50 Ohm pada ujung network), maka computer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain. Pada topologi bus ini bentuk susunan komputernya menggunakan satu kabel memanjang yang mana awal dan akhirnya tidak bertemu, sehingga kedua uung jaringan harus menggunakan Terminator, untuk kabel dan connector yang digunakan adalah Kabel Coaxial dan Connector BNC. Topologi ini, sering kali dijumpai pada system client/server yang dimana salah satu computer digunakan sebagai server dan yang lainnya menjadi client. Instalasi pada topologi jaringan Bus sangat sederhana dan murah, karena maksimal hanya 5-7 komputer.
·         Ciri-Ciri Topologi Bus :
Ø  Topologi Bus merupakan teknologi lama yang dihubungkan dengan satu kabel dalam satu baris jaringan.
Ø  Tidak memerlukan peralatan aktif untuk menghubungkan computer.
Ø  Susah melakukan pelacakan kerusakan.
Ø  Sangat ekonomis dalam biaya.
Ø  Tidak memerlukan Hub.
Ø  Paket-paket data saling bersimpang di satu kabel.
·         Kelebihan
Ø  Hemat biaya,
Ø  Tidak banyak menggunakan kabel untuk menghubungkan ke perangkat lainnya.
Ø  Tidak membutuhkan konsentrator.
Ø Jarak LAN tidak terbatas.
·         Kekurangan
Ø  Apabila terjadi kabel terputus, maka semua computer tidak dapat digunakan/ tidak dapat berkomunikasi.
Ø  Jika traffic yang padat, akan memperlambat akses data.
Ø  Troubleshoot sulit.
Ø  Sering terjadi tabrakan file data yang dikirim.
Ø Diperlukan repeater.

2.      Topologi Jaringan Ring

      Topologi jaringan Ring adalah cara menghubungkan computer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Topologi ini mirip topoogi bus, hanya saja ujung-ujungnya saling berhubungan membentuk lingkaran. Untuk membentuk jaringan cincin, setiap sentral harus dihubungkan seri satu dengan yang lainnya dan hubungan ini akan membentuk loop tertutup. Pergerakan data pada topologi ini berputar pada suatu alat yang disebut Hub, dan komunikasi data akan down jika salah satu titik mengalami problem. Untuk mengatasi kelemahan ini, maka digunakan jaringan FDDI dengan cara mengirimkan data searah jarum jam, atau bisa juga dibuat bolak-bailk jika salah satu computer down masih bisa terhubung. Pengiriman data dilakukan dengan teknik mengirim dan menerima.
·         Ciri-Ciri Topologi Ring (Cincin) :
Ø  Node-node dihubungkan secara seri disepanjang kabel dengan arah memutar seperti jarum jam.
Ø  Paket-paket data dapat mengalir seraha dari kiri atau kanan sehingga mengurangi terjadinya tabrakan data.
Ø  Kabel yang digunakan adalah kabel UTP atau Patch Cable (IBM tipe 6).
·         Kelebihan
Ø  Hemat kabel.
Ø  Tidak akan terjadi tabrakan pengiriman data.
Ø  Pengiriman data lebih cepat karena data mengalir seara dari kiri tau dari kanan server.
Ø  Waktu dalam pengaksesan data lebih optimal.
Ø  Tingkat kerumitan rendah (sederhana) atau mudah dirancang.
Ø  Bila ada gangguan atau kerusakan pada suatu sentral, maka aliran traffic dapat dilewatkan pada arah lain dalam system.
·         Kekurangan
Ø  Peka kesalahan, sehingga jika terdapat gangguan di suatu node mengakibatkan terganggunya seluruh jaringan. Namun hal ini dapat diantisipasi dengan menggunakan cincin ganda (dual ring).
Ø  Pengembangan jaringan lebih kaku, karena memindahkan , menambah, mengubah perangkat jaringa dan mempengaruhi keselruhan jaringan.
Ø  Kinerja komunikasi dalam jaringan sangat tergantung pada jumlah titik/node yang terdapat pada jaringan.
Ø  Lebih sulit dikonfigurasi.
Ø  Dapat terjadi collision (tabrakan paket data).

3.      Topologi Jaringan Star (Bintang)

      Topologi jaringan Star merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi atau penggabungan dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Masing-masing workstation di hubungkan secara langsung ke Server atau Hub/Switch. Inti dari topologi ini menggunakan Hub/Switch untuk menghubungkan dari computer satu ke computer yang lain. Semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua client. Hub/Switch berfungsi untuk menerima sinyal-sinyl dari computer dan eneruskan ke semua computer yang terhubung dengan Hub/Switch tersebut. Topologi jaringan Star termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.
·         Ciri-ciri Topologi Star :
Ø  Setiap Node berkomunikasi secara langsung dengan central node. Traffic data mengalir dari node ke central node dan kembali lagi.
Ø  Mudah dikembangkan karena setiap node hanya memiliki kabel yang langsung terhubung ke central node.
Ø  Jika terjadi kerusakan pada salah satu node, maka hanya pada node tersebut yang terganggu tanpa mengganggu jaringan lain.
Ø  Dapat digunakan dengan Kabel Lower grade, karena hanya menghandle satu trafik node dan biasanya menggunakan kabel UTP.

·         Kelebihan
Ø  Paling fleksibel.
Ø  Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain.
Ø  Control terpusat.
Ø  Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan.
Ø  Kemudahan pengelolaan jaringan.
Ø  Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
Ø  Tingkat keamanan termasuk tinggi.
·         Kekurangan
Ø  Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh rangkaian akan berhenti.
Ø  Boros dalam pemakaian kabel.
Ø  HUB menjadi bagian yang kritis karena control terpusat.
Ø  Peran HUB sangat sensitive sehingga ketika terdapat masalah dengan HUB itu sendiri, maka jaringan tersebut akan bermasalah/down.
Ø  Jaringan tergantung pada terminal pusat.
Ø  Jika menggunakan Switch dan lalu lintas data padat dapat menyebabkan jaringan melambat.
Ø  Biaya jaringan lebih mahal dan perlu penanganan khusus untuk pengelolaan jaringan.

4.      Topologi Jaringan Tree

      Topologi jaringan Tree (Pohon) adalah kombinasi karakteristik antara tolopogi star dan topologi bus. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai backbone. Computer-komputer dihubungkan ke HUB, sedangkan HUB lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung/backbone. Media transmisi merupakan satu kabel yang bercabang namun loop tidak tertutup.
·         Kelebihan
Ø  Memungkinkan untuk memiliki jaringan point-to-point.
Ø  Mengatasi keterbatasan pada topologi star yang memiliki titik koneksi HUB.
Ø  Topologi tree membagi seluruh jaringan menjadi bagian yang lebih mudah diatur.
Ø  Dapat menjangkau jarak yang lebih jauh dengan mengaktifkan fungsi Repeater yang dimilki oleh HUB.

·         Kekurangan
Ø  Karena bercabang, maka diperlukan cara untuk menunjukkan kemana data dikirim, atau kepada siapa trnasmisi data ditujukan.
Ø  Prlu suatu mkanisme untuk mengatur transmisi dari terminal-terminal dalam jaringan.
Ø  Kabel yang digunkan menjadi lebih banyak (boros) sehingga diperlukan perencanaan yang matang dalam pengaturannya termasuk di dalamnya adalah tata letak ruang.
Ø  HUB menjadi elemen penting/kritis.

5.      Topologi Jaringan Mesh

      Topologi jaringan Mesh adalah suatu topologi yang memang didesain menghubungkan antara perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Jaringan dengan topologi mesh mempunyai jalur ganda dari setiap peralatan di jaringan computer. Semakin banyak computer yang terhubung semakin sulit untuk pemasangan kabelnya. Karena itu, jaringan mesh yang asli yaitu setiap peralatan dihubungkan satu dengan yang lain, jarang digunakan. Yang biasa dipakai adalah membuat jalur ganda (backup) untuk hubungan-hubungan utama sebagai jalur cadangan jika terjadi kesulitan.
·         Kelebihan
Ø  Hubungan Dedicated Links menjamin data langsung dikirimkan ke computer tujuan tanpa harus melalui computer lainnya sehingga dapat lebih cepat karena satu link digunakan khusu untuk berkomunikasi dengan computer yang dituju saja (tidak digunakan secara bersama).
Ø  Memiliki sifat Robust, yaitu apabila terjadi gangguan pada koneksi computer A dengan computer B karena rusaknya kabel koneksi (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak akan memengaruhi koneksi computer A dengan computer lainnya.
Ø  Privacy dan Security pada topologi Mesh lebih terjamin, karena komunikasi yang terjadi antara dua computer tidak akan dapat di akses oleh computer lainnya.
Ø  memudahkan proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar computer.

·         Kekurangan
Ø  Membutuhkan banyak kabel dan Port I/O, semakin banyak computer di dalam topologi mesh maka diperlukan semakin banyak kabel links dan Port I/O.
Ø   Instalasi sulit.
Ø    Perlunya space yang memungkinkan.


6.      Topologi Jaringan Hybrid

      Topologi jaringan Hybrid adalah salah satu jenis topologi jaringan yang mengkombinasikan dua atau lebih topologi yang berbeda menjadi sebuah bentuk baru topologi pada system jaringan computer. Bila topologi berbeda terhubung ke satu sama lainnya dan tidak menampilkan satu karakteristik topologi tertentu, maka desain jaringan tersebut bisa dikatakan termasuk Topologi Jaringan Hybrid. Karena menggunakan kombinasi dari dua atau lebih topologi yang sedemikian rupa sehingga jaringan yang dihasilkan tidak menunjunkkan salah satu dari standar topologi (misalnya bus,star,cincin,dll).
·         Kelebihan :
Ø  Salah satu keuntungan yang menonjol topologi hybrid adalah fleksibilitas. Topologi jaringan hybrid dirancang sedemikiana rupa sehingga dapat diterapkan untuk sejumlah lingkungan jaringan yang berbeda.
Ø  Hybrid mengkimbinasikan konfigurasi yang berbeda tapi dapat bekerja dengan sempurna untuk jumlah lalu lintas jaringan yang berbeda.
Ø  Menambahkan koneksi perifer lain cukup mudah, seperti node baru dan/atau periferal dapat terhubung antar topologi berbeda
Ø  Dibandingkan dengan jenis topologi komputer lainya, topologi ini terpercaya. Memiliki toleransi kesalahan yang lebih baik. ketika sejumlah topologi berbeda terhubung ke satu sama lain
Ø  Ketika link tertentu dalam jaringan komputer mengalami gangguan, tidak menghambat kerja dari jaringan lainnya.
Ø  Jenis topologi dapat dikombinasikan dengan jenis-jenis topologi jaringan komputer lain tanpa harus membuat perubahan apapun pada  topologi yang telah ada.
Ø  Kecepatan topologi konsisten, seperti menggabungkan kekuatan dari masing-masing topologi dan menghilangkan kelemahannya. Oleh sebab itu topologi jaringan hybrid sangat efisien
Ø  Kelebihan topologi hybrid yang paling penting adalah mengabaikan kelemahan topologi berbeda yang terhubung dan hanya akan dipertimbangkan segi kekuatannya walaupun topologi jaringan hybrid kelihatan sangat rumit tapi merupakan solusi  untuk perluasan jaringan tanpa harus merombak topologi jaringan yang teleh terbangun sebelumnya.

·         Kekurangan :
Ø  Karena merupakan penggabungan beberapa bentuk menjadi topologi hybrid, maka pengelolaan topologi  akan menjadi lebih sulit.
Ø  Dari segi ekonomisnya jaringan hibrid sulit dipertahankan karena membutuhkan biaya yang lebih topologi tinggi dibandingkan dengan topologi jaringan yang murni dalam satu bentuk. Faktor biaya dapat dihubungkan dengan biaya penambahan hub dan Biaya pengkabelan yang meningkat untuk membangun bentuk topologi ini.
Ø  Instalasi dan konfigurasi dari topologi ini sulit karena ada topologi yang berbeda yang harus dihubungkan satu sama lainnya, pada saat yang sama harus dipastikan bahwa tidak satupun dari node dijaringan gagal berfungsi sehingga membuat instalasi dan konfigurasi topologi hybrid menjadi sangat sulit.
Ø  Terlepas dari keuntungan dan kerugian topologi hibrid harus diakui bahwa tidak ada kekhawatiran untuk mengubah topologi yang telah ada jika kebutuhan perluasan jaringan diperlukan. Jika dibandingkan kelebihan dan kekurangan dari topologi komputer lain, boleh dikatakan bawa topologi hybrid adalah yang terbaik.
Ø  Pada Topologi hybrid dilakukan ketika ada lebih dari dua dasar topologi bekerja pada satu tempat yang harus dihubungkan satu sama lainnya. jika topologi bintang yang terhubung ke topologi bintang lainnya, hal ini masih topologi star. Namun, bila topologi star dan topologi bus terhubung ke satu sama lainnya maka didefinisikan sebagai topologi hybrid.Seringkali ketika topologi terhubung satu sama lainnya sehingga tata letak topologi yang dihasilkan sulit difahami meskipun  topologi yang baru bekerja tersebut mungkin tanpa masalah. Sebagai contoh, sebuah jaringan pohon terhubung ke jaringan pohon masih topologi jaringan pohon. Sebuah topologi hybrid selalu diproduksi ketika dua jaringan dasar yang berbeda topologi terhubung. Dua contoh umum untuk jaringan Hybrid adalah: Bintang cincin jaringan dan jaringan bintang bus.Sebuah jaringan cincin bintang terdiri dari dua atau lebih topologi star terhubung menggunakan unit multistation akses (MAU) sebagai hub terpusat.Sebuah jaringan Bus Bintang terdiri dari dua atau lebih topologi star terhubung menggunakan batang bus (bus batang berfungsi sebagai tulang punggung jaringan).



Comments

Popular posts from this blog

Drama Korea A Thousand Days Promise Sinopsis Lengkap

Kali ini saya akan hadir dengan Sinopsis Drama Korea Terbaru yang berjudul A Thousand Days Promise   dan bagi anda penggemar drama korea mungkin tidak mau melewatkan A Thousand Days Promise. drama korea yang berjenis melodrama romantis yang bisa membuat anda sangat terharu. A Thousand Days Promise menceritakan tentang kesetiaan serta kegigihan seorang suami dalam merawat istrinya yang perlahan lahan hilang ingatan,A Thousand Days Promise Korean Drama ini diproduksi pada tahun 2011, dan dibintangi oleh artis papan atas korea seperti Soo Ae sebagai Lee Seo-yeon, Kim Rae-won Sebagai Park Ji-hyung, dan Jung Yoo-mi Sebagai Noh Hyang-ki. Adapun kisah dari drama korea ini sangatlah menyentuh dan sangat mengharukan dengan ending yang bisa ditebak yaitu sad ending. nah bagi anda yang penasaran akan saya berikan Sinopsis A Thousand Days Promise . berikut sinopsisnya. A Thousand Days Promise Sinopsis Drama ini memulai kisahnya pada Lee Seo-yeon (Soo Ae) yang telah mengen

Pengertian dan Definisi Cara Mengetik 10 Jari (Typing Master Pro)

Assalamualaikum Wr.WB. Selamat pagi atau apalah pokoknya saya udah ngucapin selamat buat kalian entah pagi,siang,sore,malam,maupun tidur.(hehehe). Sudah lama nih saya tidak posting blog. hmmmm.. ini karena saya masih fokus untuk menyelesaikan semua tugas saya di sekolah saya tercinta. terutama tugas untuk produktif,karena saya adalah seorang anak smk (wkwkkw...). (lama amat, min... ) yaudah ketimbang saya curhat dan ngomong yang gk ada artinya lebih baek simak tulisan atau sedikit tips dan trick,pengetahuan untuk kalian semua. langsung saja , saya akan menulis tentang sebuah artikel yang berjudul " Pengertian dan Definisi Cara Mengetik 10 Jari (Typing Master Pro) ". langsung saja kita simak bareng-bareng.. :D Typing Master Pro (Mengetik 10 Jari) A.       Pengertian.   Typing Mater Pro adalah sebuah software yang dapat melatih kecepatan mengetik kita. Dengan software ini, kita dapat menjadi seorang typing yang handal . Typing Master ini dapat membantu Kita yang ingin

Perbedaan Useradd dan Adduser pada Linux

Soal Produktif. Jelaskan 3 perbedaan perintah Adduser dan Useradd ! Berikut adalah perbedaan useradd dan adduser : 1. a) Useradd : menciptakan user tanpa mengeset password.      b) Adduser : menciptakan user dengan melakukan setting password terlebih dahulu. 2. a) Useradd : menciptakan user tanpa ada home dirktorinya.     b) Adduser : menciptakan user serta home direktorinya. 3. a) Useradd : menciptakan user tanpa memberikan keterangan lengkap mengenai user tersebut.     b) Adduser : menciptakan user dengan memberikan keterangan lengkap si user tersebut.