Skip to main content

Laporan Software Aplikasi di Windows : Sony Vegas Pro 9.0

Sony Vegas Pro 9.0

A. Pengenalan
    Sony Vegas Pro adalah sebuah software khusus untuk video dan audio editing. Saat ini Sony Vegas Pro bukan menjadi tandingan Adobe Premire atau Adobe AfterEffect, sementara Sony Vegas Pro memang belum sepopuler Adobe Premire yang didukung begitu banyak plug-in. Selain itu, Sony Vegas Movie Studio juga merupakan program video editing yang powerful dan membuat DVD yang berkualitas yang mana selalu diberikan oleh Sony untuk banyak produk.
    Dengan program ini memberikan dimensi baru untuk home movies mereka yang menggunakan program ini, dengan banyaknya pilihan fitur sehingga Anda dapat membuat video berkualitas secara professional, termasuk transisi, judul dan efek khusus termasuk type efek dalam green screen employess yang selalu ada dalam suatu film.
    Dengan Sony Vegas Pro, anda dapat menggambar dengan tool yang bermanfaat seperti zoom, rotation dan kemampuan untuk melihat foto dalam format widescreen yang memungkinkan film untuk bergerak meskipun berupa gambar, memungkinkan format film dalam kecepatan tinggi, yang mana kemudian Anda dapat berbagi terhadap situs web seperti YouTube atau MySpace, atau jika Anda lebih senang terukir dalam bentuk DVD, dimana Anda dapat membuat menu yang bergerak dan navigasi sendiri.
    Disamping kemampuan untuk membuat soundtracks Anda sendiri untuk suatu video, termasuk lebih dari 40 template untuk berbagai menu yang berbeda-beda sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
    Ini adalah sebuah program yang luar biasa yang akan memenuhi semua kebutuhan user yang sudah professional dan amatir untuk membuat dan mengedit video.
    Tetapi Sony Vegas Pro memiliki banyak kemudahan yang tidak dimiliki Adobe Premire. Sony Vegas Pro memiliki interface pada panel langsung tampak dilayar dan fitur Drag and Drop. Bahkan dapat mengunakan multiple monitor. Misalnya anda memiliki 2 monitor, sementara 1 monitor digunakan untuk editing, sedangkan monitor lainnya dapat digunakan untuk display hasil video editing.
Software pengeditan video memiliki banyak jenis dan berbagai karakteristik pengeditannya. Biasanya digolongkan dalam bentuk :
  1. Standart editing.
    Contohnya : ulead, pinnacle studio, power director
  2. Semi professional editing.
    Contohnya : sony vegas.
  3. Professional editing.
  4. Contohnya : adobe premiere, adobe aftereffect , avid, pinnacle liquid.
Sony vegas kemudian disebut vegas, merupakan software video editing yang dikeluarkan oleh sony pictures digital Inc. Vegas sudah mendukung :
1. Multi track untuk track audio dan video.
2. Metode pengeditan nonlinear.
3. Multichannel dalam mixing dan perekaman audio.
4. Mampu membuat surround pada suara video.
    Dengan daya dukung tersebut di atas, vegas dapat menghasilkan video dengan efek 3 dimensi (3D) dan pada audio dapat menghasilkan suara berkualitas 5.1 surround. Vegas juga dilengkapi dengan fasilitas network rendering yang biasa digunakan pada produksi video yang sangat banyak mengandung animasi dan efek, sehingga penggunaan network rendering lebih banyak digunakan pada produksi video berskala besar.
    Pada pengeditan video, vegas dapat mendukung penggunaan script sebagai automation editing ataupun efek dalam pembuatan proyek video. Bahasa pemprograman yang digunakan adalah javascript dan visual basic script. File project yang dihasilkan oleh vegas akan berakhiran *.veg. Dengan demikian pemilihan vegas sebagai editor video dapat memberikan kebebasan dalam berkreasi membuat video tanpa memerlukan spesifikasi hardware yang tinggi namun dapat memberikan bentuk pengeditan yang bagus dengan kinerja software yang ringan.

B. Spesifikasi Minimum Sony Vegas Pro 9.0
  • Microsoft Windows XP SP2 32-bit, Windows Xp SP3, Windows VistaTM
    32-bit atau 64-bit (SP1 disarankan). Windows 7 32/64 bit SP1, Windows 8 32-bit / 64-bit.
  • 1 GHz Processor (Multicore atau Multiprocessor CPU disarankan untuk HD).
  • 200 MB Hardisk untuk tempat instalasi program.
  • 1 GB RAM ( 2 GB direkomendasikan).
  • OHCI-Compatible i-LINK * Kartu Konektor /IEEE-1394DV (untuk DV dan HDV menangkap dan mencetak to-tape).
  • USB 2.0 ( untuk menimpor dari AVCHD, XDCAMX, atau DVD Camcorder)
  • Sound card ( kartu suara yang compatible untuk Windows ).
  • DVD-ROM Drive (Untuk instalasi dari DVD saja).
  • Didukung CD-Recordable Drive ( Untuk mambakar CD saja).
  • Didukung DVD-Recordable Drive ( Untuk DVD Burning saja ).
  • Didukung Blue-Ray Recordable Drive ( Untuk Blu-Ray Disc burning saja ).
  • Microsoft .NET Framework 3.0 atau keatas.
  • Quicktime 7.1.6 untuk dukungan Plugin.
C. Cara Instalasi Sony Vegas Pro 9.0
1. Buka installer Sony Vegas Pro 9.0.exe .
2. Pilih bahasa yang akan kita gunakan. Lalu klik OK.

3. Klik Next.




4. Baca dengan cermat License Agreement dan pilih “I accept the agreement”. Jika kita setuju, lalu klik Next.






5. Kita akan ditanya untuk memilih lokasi dimana Sony Vegas Pro 9.0 akan diinstall di PC. Lalu klik Next.




6. Klik “Install shortcut on the desktop” untuk menaruh icon shortcut Sony Vegas Pro di Desktop kita. Apabila ya, maka centang. Apabila tidak, maka jangan dicentang. Lalu klik Install.




7. Sony Vegas akan menyalin file kedalam hardisk kita. Tunggu beberapa saat.





8. Lalu akan muncul kotak dialog yang menyatakan Sony Vegas Pro 9.0 telah terinstall di PC kita. Klik Finish.






D. Cara Patch Sony Vegas Pro 9.0

a. Penjelasan Patch

Jika diterjemahkan dalam bahasa indonesia, patch berarti tambalan. Namun berbeda fungsi antara patch di dunia game dengan dunia pembajakan software, path pada dunia pembajakan memang juga mempunyai UI (User Interface). Namun fungsinya yang berbeda, patch ini menulis data pada bagian software dan registry. Yang biasa ditulisnya adalah file executable software tersebut. Ada juga crack yang menulis pada registry.

Itulah yang menjadi kelebihan patch, ada beberapa patch yang dapat digunakan pada software dengan versi berbeda. Jika ada patch dengan nama misal “Software A Universal Patcher”, berarti patch tersebut dapat digunakan untuk semua versi dari Software A, baik versi 1 maupun 9, patch tersebut tetap dapat digunakan. Lain halnya jika patch tersebut punya nama “Software A 1.xxx Patch”, berarti patch tersebut dapat digunakan pada semua Software A yang punya bersi mayor 1, misal Software A 1.3, Software A 1.8 dan lainnya asal versi mayor (utama) nya masih 1.

Hanya dengan menaruh patch di folder letak Anda menginstall software tersebut, jalankan Patch, dan tekan tombol “Patch”, maka seketika itu juga patch menulis beberapa data pada bagian software dan registry. Setelah proses patching sukses, kini software sudah menjadi full version / terdaftar (registered). Nah, software kita kini berstatus patched.

Patch dibuat oleh perseorangan / berkelompok. Sama seperti crack, kelompok tersebut juga mempunyai nama masing – masing. Mereka juga merilis patch buatan mereka pada situs – situs crack. Pada umumnya, UI (User Interface) patch unik dan menarik, entah itu memang tradisi mereka atau apa. Sama seperti pembuat crack, pembuat pacth juga menaruh informasi mereka bersama dengan patch yang mereka rilis, informasi itu berbentuk file berekstensi *.nfo.

b. Cara patch Sony Vegas Pro 9.0 agar full version.

1. Setelah menginstall Sony Vegas Pro 9.0, jangan buka aplikasinya. Karena itu masih belum full version. Perhatikan gambar dibawah ini. Untuk melakukan patch, klik kanan pada Patchnya, lalu pilih dan klik “Run as administrator” .




2. Pada bagian Product Name, pilih Sony Vegas Pro 9.0 (32 or 64 bit) Series.



3. Klik Patch, lalu masuk drive C -> Program Files -> Sony. Lalu pilih folder Vegas Pro 9.0. Lalu klik OK





Proses patching :





Setelah berhasil, klik OK.

4. Buka aplikasi Sony Vegas Pro 9.0 , dan biarkan aplikasi Keygen/Patchnya aktif.
5. Salinlah kode Serial Number dari Keygen/Patch dan paste ke kotak dialog pengisian serial number Sony Vegas Pro 9.0.




6. Klik Next.

7. Akan muncul kotak dialog untuk meregistrasi Sony Vegas Pro 9.0 melalui online atau hanya registrasi melalui computer lain. Untuk rekomendasi dari saya, pilih “Register from another computer” agar tidak perlu Online. Lalu klik Next.




8. Klik Next.

9. Isilah data formulir kita secara benar. Lalu centang pilihan “By providing ….. “, lalu klik Next.




10. Pilih dimana kita akan menyimpan dokumen biodata. Lalu klik Save.




11.  Klik Next.

12. Copy / salinlah Activation/Authentication Code dan paste ke dalam kotak dialog yang disediakan. Lalu klik Finish




13. Keluar dari program patch nya dengan klik Exit.




14. Sony Vegas akan membuka otomatis programnya.





Selesai.





E. Tampilan Sony Vegas Pro 9.0





Keterangan :

1. Toolbar

2. Time Display
Menampilkan posisi head sebenarnya, midi time, kode input, dan output.
3. Track List
Menampilkan daftar track yang dipakai. Pengertian track di Sony Vegas hamper sama dengan istilah layer pada Photoshop yaitu lapisan kerja. Track atau lapisan yang lebih atas akan menimpa lapisan di bawahnya. Tetapi penimpaan lapisan ini berlaku pada track yang sama (track video dengan track video dan track audio dengan audio).

4. Scrub Control
Sebagai pengendali keepatan pada saat pengeditan video. Scrub control ini tidak mempengaruhi kecepatan video saat video tersbut sudah berformat avi ataupun MP4.

5. Windows Clocking Area

Didalamnya terdapat :

a. Project Media : menampilkan isi media yang dibutuhkan dalam projek anda.
b. Explorer : menampilkan jendela pencarian file media.
c. Transitions : menampilkan daftar efek transisi yang bisa dipakai.
d. Video FX : menampilkan daftar efek video yang bisa dipakai.
e. Media Generators : menyediakan daftar tekstur, teks, ataupun latar belakang untuk memperindah projek video kita.

6. Video Preview

a. Preview on external monitor : untuk menampilkan video pada alat eksternal seperti ke camcorder, TV, TV Mixer,dll.

b. Video Output FX : untuk memberikan video efek yang berlaku ke seluruh track video pada projek tersbut. Pemberian efek ini masuk pada proses render.

c. Split Screen : untuk mengkoreksi warna video ataupun membedakan pengaruh visual antara daerah yang terkena efek dengan daerah yang tidak terkena efek.

d. Video preview quality : untuk mengatur tampilan kualitas gambar sementara. Dengan pilihan : draft, preview, goof, dan best.

e. Overlay digunakan untuk mengatur tampilan pada jendela preview seperti safe area, grid area, pewarnaan.

f. Copy snapshot to clipboard : untuk mengambil gambar pada video menjadi gambar diam (still image). Hal ini biasanya digunakan untuk membuat cover VCD atau DVD.

g. Save snapshot to file : untuk menyimpan hasil copy dari copy snaphot kedalam dile dengan tipe .jpg atau .png.

h. Status bar : menampilkan informasi video yang sedang di lihat(preview) yaitu frame sizr dari projek dan preview, resolusi dari layar preview, posisi frame yang sedang ditampilkan.

i. Record time : menunjukkan jumlah waktu yang dapat ditampung pada media penyimpanan computer. Waktu ini akan berjalan mundur sesuai pertambahan waktu yang telah direkam.

7. Timeline
Adalah editing video yang menggunakan satuan jam : menit : detik ;frames. Dengan ini proses pengeditan berpatokkan pada satuan waktu atau sebagai pengganti patokan posisi koordinat pada pengeditan gambar.

8. Video track

: untuk mengatur tingkat transparansi dari video.

: composite mode untuk menentukan bentuk efek transparan.

: solo untuk membuat track yang terpilih saja yang terlihat.

: mute untuk menonaktifkan track yang terpilih (tidak terlihat).

: Automation setting untuk mengatur jalannya animasi efek berdasarkan keyframe.

: memberikan efek pada track yang terpilih.

: track motion berguna untuk membuat animasi gerak pada track yang dipilih.

: menentukan posisi track menjadi parent atau child.

9. Audio track

: untuk mengatur volume audio dan posisi suara.

: invert track phase untuk mengubah gelombang audio tinggi menjadi rendah dan sebaliknya.

: memberikan efek pada track yang terpilih.

: automation setting untuk mengatur jalannya efek audio berdasarkan keyframe.

: mute untuk menonaktifkan track yang terpilih(tidak didengar).

: solo untuk membuat track yang terpiilh saja yang didengar.

10. Cursor position





Pembacaan waktu menggunakan format jam:menit:detik:frame. Pada gambar diatas terdapat tiga kotak untuk kotak ke-1 menunjukkan posisi sekarang pada head atau posisi awa seleksi pada track, kotak ke-2 menunjukkan posisi akhir seleksi pada track, dan kota ke-3 menunjukkan panjangnya seleksi pada track.

F. Tutorial

Cara Membuat Efek Teks Karaoke Pada Sony Vegas Pro 9.0













8. Pada track video yang sama, klik kanan –> klik insert media text dan masukkan lirik kedua. Ubah font menjadi 25.

9. Play video, lalu lihat dan dengarkan mulai dari detik atau menit keberapa lirik pertama berjalan sampai lirik berjalan. Begitu juga untuk lirik yang kedua.
Stop videonya pada saat dimana waktu awal lirik pertama atau kedua berjalan.

10. Geser track untuk lirik pertama sesuai dengan waktu berjalannya lirik pertama.




11. Ubah panjang track video lirik pertama dan meletakkannya di waktu awal dan akhir lirik pertama. Untuk lirik kedua dan seterusnya sama. Dengan cara arahkan cursor kearah sisi terakhir diujung track videonya( yang di lingkari merah) dan geser cursornya kea rah kanan atau kiri.






12. Ubah posisi text lirik menjadi di daerah bawah tengah. Klik Generated Media…






13. Pilih Placement








14. Pada option Free Form, klik lalu pilih Bottom Center





Hasil di video preview akan menjadi seperti ini.






15. Lakukan hal yang sama pada setiap lirik yang akan di input kedalam video. Kita bisa mengganti warna lirik ataupun memberi efek di video fx.




#Tugas Tambahan

Bagaimana cara supaya lirik yang muncul berjalan seperti di tempat karaoke dan diberi warna pada saat berjalan?







#JAWABAN


Dengan membuat duplikasi text untuk membuat teks kedua dengan warna, dan mengatur berjalannya dengan menu even pan/crop dan mengatur waktu untuk memunculkan teks lirik kedalam video. Caranya : (Lanjutan dari langkah diatas)



16. Pada track lirik pertama, klik kanan lalu copy track video lirik pertama itu.




17. Masukkan track video baru dengan menekan “CTRL + Shift + Q”.

18. track video lirik pertama yang sudah di copy kedalam track video baru. Hasilnya seperti ini :




19. Beri warna pada track lirik yang dicopy tadi. Dengan cara

- Klik generated media

- menu properties




- Pilih warna yang kita suka

20. Samakan penempatan waktu dan posisi lirik di video.

21. Klik Even Pan/Crop pada track video kedua yang di copas tadi.




22. Pada detail Source, ubah Stretch to Fill Frame menjadi “No”.




23. Geser tampilan even preview kearah kanan.






24. Pada kolom time di menu Even Pan/Crop, tentukan waktu untuk menampilkan lirik perkata.

25. Klik di daerah waktu yang sesuai untuk menampilkan kata never, feared for anything. Contoh :



26. Lalu geser even preview ke arah kiri untuk menampilkan kata never saja. Lakukan hal yang sama pada lirik selanjutnya.




27. Dan hasil previewnya adalah :




28. Untuk lirik kedua dan seterusnya ulangi langkah-langkah tutorial mulai langkah nomor 8.

G. Cara Rendering Video di Sony Vegas Pro 9.0

1. Buka File -> Render As..




2. dimana hasil rendering akan tersimpan. Ubah format ekstensinya menjadi.mp4 dan ubah templatenya menjadi Default.




3. Tunggu beberapa saat.

4. Setelah selesai, hasil rendering itu akan Kita buka / dibuka di folder / atau langsung kita tutup kotak dialognya.

Comments

  1. Mau tanya gan, live fiew ku kok macet macet / ngelag ini kenapa ya.?

    ReplyDelete
  2. Ask# kalo sony vegas pro 13
    Rekomendasi ramnya brp?
    Thanx

    ReplyDelete

Post a Comment

Blog ini nofollow, jadi berkomentarlah yang baik jangan mengandung unsur:
-SARA
-SPAM
-Komentar berkaitan dengan artikel dan atau materi yang telah disajikan.
Go Blogger Indonesia ... :D

Popular posts from this blog

Drama Korea A Thousand Days Promise Sinopsis Lengkap

Kali ini saya akan hadir dengan Sinopsis Drama Korea Terbaru yang berjudul A Thousand Days Promise   dan bagi anda penggemar drama korea mungkin tidak mau melewatkan A Thousand Days Promise. drama korea yang berjenis melodrama romantis yang bisa membuat anda sangat terharu. A Thousand Days Promise menceritakan tentang kesetiaan serta kegigihan seorang suami dalam merawat istrinya yang perlahan lahan hilang ingatan,A Thousand Days Promise Korean Drama ini diproduksi pada tahun 2011, dan dibintangi oleh artis papan atas korea seperti Soo Ae sebagai Lee Seo-yeon, Kim Rae-won Sebagai Park Ji-hyung, dan Jung Yoo-mi Sebagai Noh Hyang-ki. Adapun kisah dari drama korea ini sangatlah menyentuh dan sangat mengharukan dengan ending yang bisa ditebak yaitu sad ending. nah bagi anda yang penasaran akan saya berikan Sinopsis A Thousand Days Promise . berikut sinopsisnya. A Thousand Days Promise Sinopsis Drama ini memulai kisahnya pada Lee Seo-yeon (Soo Ae) yang telah mengen

Pengertian dan Definisi Cara Mengetik 10 Jari (Typing Master Pro)

Assalamualaikum Wr.WB. Selamat pagi atau apalah pokoknya saya udah ngucapin selamat buat kalian entah pagi,siang,sore,malam,maupun tidur.(hehehe). Sudah lama nih saya tidak posting blog. hmmmm.. ini karena saya masih fokus untuk menyelesaikan semua tugas saya di sekolah saya tercinta. terutama tugas untuk produktif,karena saya adalah seorang anak smk (wkwkkw...). (lama amat, min... ) yaudah ketimbang saya curhat dan ngomong yang gk ada artinya lebih baek simak tulisan atau sedikit tips dan trick,pengetahuan untuk kalian semua. langsung saja , saya akan menulis tentang sebuah artikel yang berjudul " Pengertian dan Definisi Cara Mengetik 10 Jari (Typing Master Pro) ". langsung saja kita simak bareng-bareng.. :D Typing Master Pro (Mengetik 10 Jari) A.       Pengertian.   Typing Mater Pro adalah sebuah software yang dapat melatih kecepatan mengetik kita. Dengan software ini, kita dapat menjadi seorang typing yang handal . Typing Master ini dapat membantu Kita yang ingin

Perbedaan Useradd dan Adduser pada Linux

Soal Produktif. Jelaskan 3 perbedaan perintah Adduser dan Useradd ! Berikut adalah perbedaan useradd dan adduser : 1. a) Useradd : menciptakan user tanpa mengeset password.      b) Adduser : menciptakan user dengan melakukan setting password terlebih dahulu. 2. a) Useradd : menciptakan user tanpa ada home dirktorinya.     b) Adduser : menciptakan user serta home direktorinya. 3. a) Useradd : menciptakan user tanpa memberikan keterangan lengkap mengenai user tersebut.     b) Adduser : menciptakan user dengan memberikan keterangan lengkap si user tersebut.