Skip to main content

Konsep User di Linux

Assalamualaikum Wr.WB.
Selamat pagi kawan, maaf sebelumnya saya jarang update karena kesibukan di dunia nyata. Untuk kali ini saya sempatin untuk update blog. Dalam pembahasan hari ini, saya akan membahas tentang Konsep seorang user di Linux. Langsung aja, Checkidot ... !!!

User adalah orang yang berhak menggunakan suatu sistem Linux. Dengan demikian Hanya orang yang memiliki username dan password yang sah yang bisa disebut user. Yang dimaksud user adalah seseorang yang memiliki login dan password. 

Berdasarkan hak-hak yang dimilikinya, user dalam linux dibagi atas dua kategori: 
  • User biasa atau user regular
  • User root atau administrator
Seorang user biasa hanya memiliki hak-hak penuh terhadap home direktori dan file-file miliknya sendiri. Seorang user biasa tidak memiliki hak penuh terhadap file dan direktori milik user lain, dan hanya boleh menjalankan perintah-perintah tertentu.

User root adalah user istimewa, yaitu administrator yang memiliki hak tidak terbatas. Root bisa melakukan  hal-hal yang tidak bisa dilakukan oleh user biasa, seperti: mematikan sistem, menambah user, menghapus user,  mengubah konfigurasi  sistem dan lain-lain. Disebut dengan user root karena secara default, user ini bernama “root”.  User dengan nama selain root bisa saja menjadi administrator jika user-id (atau  UID) diset sama dengan nol.

UID adalah ID atau nomor identitas  dari seorang user. UID bersifat unik, artinya tidak boleh ada dua user atau lebih yang memiliki UID sama. Jika terdapat dua user yang memiliki UID yang sama, maka kedua user ini akan memiliki hak-hak yang identik (satu sama lain saling memiliki hak penuh terhadap file-file milik yang lain).

Selain UID dikenal juga GID  atau Group ID. Setiap user akan dikelompokkan berdasarkan group-group tertentu. User-user anggota grup yang sama akan memiliki GID yang sama. 
Berdasarkan tujuan pembuatannya, user dapat di bagi berdasarkan dua kategori yaitu: 
  • real user 
  • unreal user 
Real user adalah user yang sengaja dibuat oleh administrator agar seseorang bisa login dengan username tersebut. Sementara unreal user adalah user-user yang dibuat karena dibutuhkan oleh aplikasi-aplikasi tertentu. User unreal juga adalah user-user “built-in” yang sudah dibuatkan oleh Linux saat instalasi seperti  user: games, operator, mail, lpr, nobody, dll. 
Perbedaan antara user real dan unreal: 

  • real user memiliki home direktori, user unreal tidak punya. 
  • real user punya password, user unreal tidak punya (walau tidak punya password, tetap tidak bisa login tanpa password) 
  • real user biasanya memiliki UID diatas 500, unreal user memiliki UID dibawah 500.

Sebagai pengecualian, user root adalah termasuk user unreal, tapi punya password dan punya home direktori. Informasi semua user disimpan didalam sebuah file bernama /etc/passwd. Masing-masing user  diwakili oleh  sebuah baris, dan setiap baris terdiri atas 7 kolom  yang dipisahkan oleh karakter “:” Dibawah ini adalah contoh beberapa baris dari sebuah file /etc/passwd: 

root:x:0:0:root:/root:/bin/bash 
bin:x:1:1:bin:/bin:/sbin/nologin 
daemon:x:2:2:daemon:/sbin:/sbin/nologin 
lp:x:4:7:lp:/var/spool/lpd:/sbin/nologin 
postgres:x:26:26:PostgreSQL 
Server:/var/lib/pgsql:/bin/bash 
apache:x:48:48:Apache:/var/www:/bin/false 
squid:x:23:23::/var/spool/squid:/dev/null 
ech:x:500:500:ech:/home/ech:/bin/bash

Tujuh kolom tersebut  masing-masing memiliki arti sebagai berikut: 
Kolom  1: username 
Kolom  2: password yang di-shadow 
Kolom  3: UID atau User ID 
Kolom  4: GID atau Group ID 
Kolom  5: Keterangan tentang user tersebut 
Kolom  6: Lokasi Home direktori 
Kolom  7: Shell default user


Comments

Popular posts from this blog

Perintah-Perintah Dasar Linux Debian

A. Perintah-perintah dasar GNU/Linux
Perintah-perintah (command) dasar di GNU/Linux di jalankan di suatu terminal shell yang
biasa disebut terminal atau console. Terminal atau console ini dikenal dengan istilah
command line interface (CLI) yang bisa diaktifkan dengan cara klik menu Applications -
Accessories - Terminal. Selain itu bisa juga dengan bekerja diconsole murni dengan
menakan kombinasi tombol ctrl+alt+F1 dimana F1 bisa diganti sampai F6. Untuk kembali
ke mode Grafical User Interface (GUI) tekan ctrl+alt+F7.
Berikut ini hanya beberapa command yang umum terdapat di setiap distribusi GNU/Linux
khususnya distribusi Ubuntu.
1. login
Fungsi : Untuk masuk ke dalam jaringan .
Keterangan : Setiap pemakai sah dari sistem UNIX mempunyai identifikasi pemakai
sendiri (ID).
2. password
Fungsi : Memasukkan kata sandi setelah login.
Keterangan : Untuk pemakai yang baru didaftar oleh SUPER USER maka user tidak
perlu memasukkan kata sandi. Untuk menjaga kerahasiaan, pengetikan
tombol passwor…

Kisah Cinta LDR (Pacaran Jarak Jauh)

Love is in the chat messenger
Girl : Kamu lagi ngapain say ?
Boy : Biasa lagi ngerjain tugas kuliah. Kamu udah makan ?
Girl : Udah. Kamu belum tidur ? Kalau disini siang berarti disana tengah malem kan ?
Boy : Biasa lah say aku belum bisa tidur kalau tugas belum selesai. Deadlinenya besok soalnya. Haha. Lembur deh aku malem ini.
Girl : Brati chatting aku ngganggu ya ?
Boy : Nggak kok, aku lagi isitirahat. Udah mau selesai juga kok tugasnya. Paling sejam lagi juga kelar
Girl : Kamu kapan pulang ke Indonesia ?
Boy : Libur semester ini aku pulang dari China ke tanah air. Mungkin dua bulan lagi. Kamu kapan pulang dari Inggris ? Aku kangen banget loh.
Girl : Mungkin libur semester juga, tapi libur semesterku masih empat bulan lagi. Yah nggak bakal ketemu dong kita. Hiks
Boy : Udah-udah. Kan sekarang kita lagi ketemuan walaupun Cuma di dunia maya.
Girl : Iya untung deh ada internet, walaupun kita LDR tetep bisa melepas cinta. Nggak kerasa udah hampir 6 bulan kita LDR.
Boy : Iya, kangen ni…

Jenis Jenis Tower Jaringan Telekomunikasi Berdasarkan . . .

Tower Jaringan Telekomunikasi adalah menara yang terbuat dari rangkaian besi atau pipa baik segi empat atau segitiga, atau hanya berupa pipa panjang (tongkat) yang bertujuan untuk menempatkan antenna dan radio pemancar maupun sebagai penerima gelombang telekomunikasi dan informasi. Intinya Tower BTS berfungsi untuk menjembatani perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan yang menuju jaringan lain.

Berdasarkan Lokasinya, tower jaringan telekomunikasi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
1. Rooftop : Tower yang berdiri di atas sebuah gedung.
2. Greenfield : Tower yang berdiri langsung di atas tanah.

Berdasarkan bentuknya, tower jaringan telekomunikasi dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

1. Tower 4 Kaki ( Rectangular Tower )

Tower ini berbentuk segi empat dengan empat kaki. Tower dengan 4 kaki sangat jarang sekali dijumpai roboh. Tower jenis ini memiliki kekuatan tiang pancang serta sudah dipertimbangkan konstruksinya. Tower ini mampu menampung banyak antenna dan radio. Harga tipe ini sangat m…