Skip to main content

Konsep User di Linux

Assalamualaikum Wr.WB.
Selamat pagi kawan, maaf sebelumnya saya jarang update karena kesibukan di dunia nyata. Untuk kali ini saya sempatin untuk update blog. Dalam pembahasan hari ini, saya akan membahas tentang Konsep seorang user di Linux. Langsung aja, Checkidot ... !!!

User adalah orang yang berhak menggunakan suatu sistem Linux. Dengan demikian Hanya orang yang memiliki username dan password yang sah yang bisa disebut user. Yang dimaksud user adalah seseorang yang memiliki login dan password. 

Berdasarkan hak-hak yang dimilikinya, user dalam linux dibagi atas dua kategori: 
  • User biasa atau user regular
  • User root atau administrator
Seorang user biasa hanya memiliki hak-hak penuh terhadap home direktori dan file-file miliknya sendiri. Seorang user biasa tidak memiliki hak penuh terhadap file dan direktori milik user lain, dan hanya boleh menjalankan perintah-perintah tertentu.

User root adalah user istimewa, yaitu administrator yang memiliki hak tidak terbatas. Root bisa melakukan  hal-hal yang tidak bisa dilakukan oleh user biasa, seperti: mematikan sistem, menambah user, menghapus user,  mengubah konfigurasi  sistem dan lain-lain. Disebut dengan user root karena secara default, user ini bernama “root”.  User dengan nama selain root bisa saja menjadi administrator jika user-id (atau  UID) diset sama dengan nol.

UID adalah ID atau nomor identitas  dari seorang user. UID bersifat unik, artinya tidak boleh ada dua user atau lebih yang memiliki UID sama. Jika terdapat dua user yang memiliki UID yang sama, maka kedua user ini akan memiliki hak-hak yang identik (satu sama lain saling memiliki hak penuh terhadap file-file milik yang lain).

Selain UID dikenal juga GID  atau Group ID. Setiap user akan dikelompokkan berdasarkan group-group tertentu. User-user anggota grup yang sama akan memiliki GID yang sama. 
Berdasarkan tujuan pembuatannya, user dapat di bagi berdasarkan dua kategori yaitu: 
  • real user 
  • unreal user 
Real user adalah user yang sengaja dibuat oleh administrator agar seseorang bisa login dengan username tersebut. Sementara unreal user adalah user-user yang dibuat karena dibutuhkan oleh aplikasi-aplikasi tertentu. User unreal juga adalah user-user “built-in” yang sudah dibuatkan oleh Linux saat instalasi seperti  user: games, operator, mail, lpr, nobody, dll. 
Perbedaan antara user real dan unreal: 

  • real user memiliki home direktori, user unreal tidak punya. 
  • real user punya password, user unreal tidak punya (walau tidak punya password, tetap tidak bisa login tanpa password) 
  • real user biasanya memiliki UID diatas 500, unreal user memiliki UID dibawah 500.

Sebagai pengecualian, user root adalah termasuk user unreal, tapi punya password dan punya home direktori. Informasi semua user disimpan didalam sebuah file bernama /etc/passwd. Masing-masing user  diwakili oleh  sebuah baris, dan setiap baris terdiri atas 7 kolom  yang dipisahkan oleh karakter “:” Dibawah ini adalah contoh beberapa baris dari sebuah file /etc/passwd: 

root:x:0:0:root:/root:/bin/bash 
bin:x:1:1:bin:/bin:/sbin/nologin 
daemon:x:2:2:daemon:/sbin:/sbin/nologin 
lp:x:4:7:lp:/var/spool/lpd:/sbin/nologin 
postgres:x:26:26:PostgreSQL 
Server:/var/lib/pgsql:/bin/bash 
apache:x:48:48:Apache:/var/www:/bin/false 
squid:x:23:23::/var/spool/squid:/dev/null 
ech:x:500:500:ech:/home/ech:/bin/bash

Tujuh kolom tersebut  masing-masing memiliki arti sebagai berikut: 
Kolom  1: username 
Kolom  2: password yang di-shadow 
Kolom  3: UID atau User ID 
Kolom  4: GID atau Group ID 
Kolom  5: Keterangan tentang user tersebut 
Kolom  6: Lokasi Home direktori 
Kolom  7: Shell default user


Comments

Popular posts from this blog

Drama Korea A Thousand Days Promise Sinopsis Lengkap

Kali ini saya akan hadir dengan Sinopsis Drama Korea Terbaru yang berjudul A Thousand Days Promise   dan bagi anda penggemar drama korea mungkin tidak mau melewatkan A Thousand Days Promise. drama korea yang berjenis melodrama romantis yang bisa membuat anda sangat terharu. A Thousand Days Promise menceritakan tentang kesetiaan serta kegigihan seorang suami dalam merawat istrinya yang perlahan lahan hilang ingatan,A Thousand Days Promise Korean Drama ini diproduksi pada tahun 2011, dan dibintangi oleh artis papan atas korea seperti Soo Ae sebagai Lee Seo-yeon, Kim Rae-won Sebagai Park Ji-hyung, dan Jung Yoo-mi Sebagai Noh Hyang-ki. Adapun kisah dari drama korea ini sangatlah menyentuh dan sangat mengharukan dengan ending yang bisa ditebak yaitu sad ending. nah bagi anda yang penasaran akan saya berikan Sinopsis A Thousand Days Promise . berikut sinopsisnya. A Thousand Days Promise Sinopsis Drama ini memulai kisahnya pada Lee Seo-yeon (Soo Ae) yang telah mengen

Pengertian dan Definisi Cara Mengetik 10 Jari (Typing Master Pro)

Assalamualaikum Wr.WB. Selamat pagi atau apalah pokoknya saya udah ngucapin selamat buat kalian entah pagi,siang,sore,malam,maupun tidur.(hehehe). Sudah lama nih saya tidak posting blog. hmmmm.. ini karena saya masih fokus untuk menyelesaikan semua tugas saya di sekolah saya tercinta. terutama tugas untuk produktif,karena saya adalah seorang anak smk (wkwkkw...). (lama amat, min... ) yaudah ketimbang saya curhat dan ngomong yang gk ada artinya lebih baek simak tulisan atau sedikit tips dan trick,pengetahuan untuk kalian semua. langsung saja , saya akan menulis tentang sebuah artikel yang berjudul " Pengertian dan Definisi Cara Mengetik 10 Jari (Typing Master Pro) ". langsung saja kita simak bareng-bareng.. :D Typing Master Pro (Mengetik 10 Jari) A.       Pengertian.   Typing Mater Pro adalah sebuah software yang dapat melatih kecepatan mengetik kita. Dengan software ini, kita dapat menjadi seorang typing yang handal . Typing Master ini dapat membantu Kita yang ingin

Perbedaan Useradd dan Adduser pada Linux

Soal Produktif. Jelaskan 3 perbedaan perintah Adduser dan Useradd ! Berikut adalah perbedaan useradd dan adduser : 1. a) Useradd : menciptakan user tanpa mengeset password.      b) Adduser : menciptakan user dengan melakukan setting password terlebih dahulu. 2. a) Useradd : menciptakan user tanpa ada home dirktorinya.     b) Adduser : menciptakan user serta home direktorinya. 3. a) Useradd : menciptakan user tanpa memberikan keterangan lengkap mengenai user tersebut.     b) Adduser : menciptakan user dengan memberikan keterangan lengkap si user tersebut.