Skip to main content

Semua Tentang AMD (Advanced Micro Device)



AMD (Advanced Micro Device)
AMD (Advanced Micro Devices, Inc) NYSE: AMD adalah perusahaan semikonduktor multinasional Amerika Serikat yang berbasis di Sunnyvale,California yang mengembangkan prosesor komputer dan teknologi yang terkait untuk pasar konsumen dan komersial. Produk yang utama termasukmikroprosesor, chipset motherboard, embedded prosesor kartu grafis (GPU) dan prosesor untuk server, workstation dan komputer pribadi (PC), dan teknologi prosesor untuk perangkat genggam, televisi digital, mobil, konsol game, dan aplikasi lainnya yang terdapat sistem.
AMD adalah terbesar kedua pemasok global mikroprosesor berdasarkan arsitektur x86 setelah Intel Corporation, dan ketiga terbesar pemasok unit pengolahan grafis. Ia juga memiliki 21 persen dari Spansion, pemasok non-volatile memori flash. Pada tahun 2007, AMD peringkat kesebelas antara produsen semikonduktor dari segi pendapatan.
Pabrik pertama berada di Austin, Texas, Amerika dan pabrik kedua berada di Dresden, Jerman yang ditetapkan untuk memproduksi Athlon saja. Bila semuanya berjalan lancar, mimpi harga sistem PC akan dapat lebih murah bisa terwujud karena tidak lagi di monopoli oleh Intel.
AMD mengumumkan merger dengan ATI Technologies pada 24 Juli 2006. AMD dibayar $ 4,3 miliar dalam bentuk uang tunai dan 58 juta saham dari saham dengan total sebesar US $ 5,4 miliar. Merger selesai pada 25 Oktober 2006 dan ATI sekarang bagian dari AMD.
Beberapa produk mikroprosesornya yaitu:
§  Turion 64
§  Duron
§  Sempron
§  Kryptonite (K5)
§  NexGen (K6 / K6 MMX / K6-2 / K6-3)
§  Athlon (K7)
§  Opteron (AMD64 / K8)
§  Athlon64 (K8L)
§  Phenom (K10)


Sejarah AMD
Meskipun kiprahnya dalam dunia mobile processor masih dapat dibilang baru dibandingkan Intel, sepak terjang AMD memiliki beberapa cerita unik yang patut dituturkan.
Prosesor Athlon merupakan sebuah prosesor yang dibuat ulang tanpa menggunakan teknologi dari generasi pendahulunya, yaitu K6. Secara teknis, AMD meningkatkan Floating Point Unit (FPU) pada prosesor ini secara signifikan dan menyertakan L1 Cache sebesar 128 KB (64 + 64 KB). Tidak berhenti pada penyertaan L1 Cache saja, pada awalnya prosesor Athlon memiliki subset Cache eksternal sebesar 512 KB yang diletakkan di sisi prosesor utama pada model Slot-A. Namun sayangnya, Cache tersebut tidak berjalan pada kecepatan penuh. Harga memori RAM yang tinggi menyebabkan Cache eksternal prosesor tersebut hanya dapat berjalan maksimum hingga 1/3 kecepatan inti prosesor.
AMD tampaknya tidak puas dengan kinerja yang ditawarkan oleh prosesor seri Athlon. AMD pun menciptakan revisi-revisi untuk prosesor tersebut dan meningkatkan kinerjanya secara signifikan pada setiap revisinya. Hanya berselang satu tahun dari peluncuran prosesor Athlon Slot-A, AMD menghadirkan generasi kedua dari prosesor Athlon bernama Thunderbird yang kini menggunakan format bentuk Pin Grid Array (PGA).
Salah satu perubahan yang menonjol dari generasi kedua prosesor Athlon ini adalah bentuknya yang lebih kompak dan kecil dibandingkan dengan Athlon Slot-A. Sebelumnya, Athlon Slot-A memiliki bentuk cukup besar, seperti sebuah kaset dengan kecenderungan lebih lebar dan tebal. Dengan perubahan format bentuk ini, AMD memotong hampir 80% dari ukuran prosesor Athlon sebelumnya.
Dari segi teknis, AMD juga mengambil langkah yang dapat dibilang cukup drastis. Sebelumnya, Athlon Slot-A dengan ukuran yang besar mendukung penempatan Cache eksternal sebesar 512 KB. Namun, dengan pemotongan ukuran yang cukup signifikan tersebut, Athlon Thunderbird menggunakan Cache internal dengan ukuran 256 KB saja. Meskipun terkesan sedikit (setengah dari jumlah Cache eksternal Athlon Slot-A) Cache pada Athlon Thunderbird berjalan dengan kecepatan penuh dan pada penggunaan sehari-harinya, menghasilkan kinerja yang lebih optimal dan cepat dibandingkan dengan pendahulunya. 
Permintaan akan prosesor AMD pun membumbung tinggi karena pengguna IT menghendaki sebuah prosesor dengan kinerja tertinggi. Akhirnya, pada awal tahun 2000, produsen motherboard kelas dunia mulai menaruh perhatian pada prosesor tawaran AMD dan menciptakan jajaran motherboard yang diperuntukkan bagi prosesor seri Athlon.
Sayangnya, tidak semua hal berjalan mulus untuk AMD. Keluhan mulai melayang ke meja customer service AMD di berbagai negara. Suhu prosesor yang tinggi menjadi keluhan yang sering dilayangkan para konsumen. Bahkan pada waktu itu, prosesor Athlon menemui batas kecepatannya pada 1400 MHz, itupun dengan panas yang cukup berlebih.
AMD, sebagaimana layaknya sebuah perusahaan yang penuh dengan inovasi, menanggapi keluhan tersebut dengan mengeluarkan generasi ketiga dari prosesor Athlon yang diberi nama Athlon XP. Pada generasi ini, AMD menghadirkan dua peningkatan feature dan kinerja yang sangat signifikan. Pada model ini AMD menghadirkan dukungan instruksi SSE yang dapat ditemui pada prosesor Intel. Penambahan feature ini berarti kinerja aplikasi yang dominan menggunakan feature tersebut dapat berjalan dengan kecepatan penuh pada sistem dengan prosesor Athlon XP. Peningkatan signifikan selanjutnya terletak pada peningkatan efisiensi kinerja dibandingkan generasi sebelumnya. Athlon XP memiliki kinerja 10% lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya pada kecepatan yang sama. Hal ini disebabkan AMD mengubah arsitektur perintah internal prosesor dan menambahkan hardware data prefetch.
Feature yang akhirnya membuat AMD percaya diri untuk merambah ke dunia prosesor mobile dengan Athlon adalah pengurangan daya sebesar 20% dibandingkan dengan pendahulunya. Hal ini berujung pada hadirnya Mobile Athlon 4 yang menjadi prosesor mobile AMD pertama dengan arsitektur K7.
Meskipun tidak terlalu banyak produsen notebook yang mengintegrasikan prosesor mobile AMD tersebut, niat AMD untuk meningkatkan kinerja tawaran prosesor mobile-nya tidak surut. Hanya berselang tidak sampai satu tahun, AMD mengeluarkan penerus Mobile Athlon 4 dengan nama Mobile Athlon XP.
Secara arsitektural, Mobile Athlon XP tidak terlalu berbeda dengan versi desktop Athlon XP. Namun secara teknis, terdapat beberapa perbedaan yang signifikan. Pertama, Mobile Athlon XP berjalan pada voltase yang lebih rendah. Hal ini mengijinkan penggunaan daya baterai yang lebih rendah. Kedua, Multiplier pada prosesor ini tidak terkunci sehingga kecepatan prosesor dapat diatur tidak hanya dari segi pengaturan Front Side Bus (FSB) saja. Sebenarnya, Mobile Athlon XP adalah Athlon XP yang secara selektif dipilih karena kemampuannya berjalan pada voltase rendah. Akibatnya, banyak overclocker yang mencari prosesor Mobile Athlon XP karena memiliki potensi sangat besar untuk ditingkatkan kecepatannya. 
Penantian yang panjang
Pada tahun 2003, tampaknya perseteruan antara Intel dan AMD berada pada tingkat tertingginya dan mempengaruhi perkembangan prosesor mobile dari AMD. Peluncuran prosesor Intel Pentium 4 revisi C, tidak menimbulkan sifat reaktif AMD dengan meluncurkan prosesor baru. AMD lebih memilih untuk diam dan lebih mengkonsentrasikan untuk membawa prosesor generasi kedelapan secepatnya ke tangan konsumen.
Penantian yang panjang ini akhirnya direalisasikan oleh AMD dengan memperkenalkan prosesor generasi kedelapan yang disebut dengan nama Athlon 64 pada akhir tahun 2003.
Perkenalan Athlon 64 langsung membuat penikmat dan pemerhati teknologi komputer jatuh cinta pada prosesor tersebut. Salah satu feature utama yang mengontribusikan tingginya kinerja prosesor Athlon 64 adalah penyertaan on-die memory controller. Feature tersebut berarti kecepatan akses memori menjadi tinggi karena berjalan dengan kecepatan yang sama dengan kecepatan prosesor.
Kecil-kecil cabe rawit
Athlon bukan satu-satunya prosesor desktop yang dipilih untuk dijadikan prosesor mobile saja. Beberapa model prosesor AMD Sempron juga digunakan sebagai prosesor mobile.
Pada awalnya, Sempron merupakan produk kelas bawah dari Athlon XP yang ditujukan untuk konsumen dengan dana minimal. Namun pada akhir daur hidup prosesor AMD generasi ketujuh, Sempron merupakan skema penamaan ulang Athlon XP, khususnya pada versi Barton yang diluncurkan bulan September tahun 2004. Oleh karena itu, semua feature Athlon XP juga terdapat di dalamnya. 
Untuk prosesor generasi kedelapan, AMD mengambil dua rute yang cukup berbeda dalam menawarkan prosesor mobile-nya. Pada pasar menengah ke bawah, AMD masih tetap menggunakan nama Sempron pada prosesor mobile generasi kedelapannya. Namun untuk pasar prosesor mobile menengah ke atas, AMD memutuskan untuk mengusung sebuah nama baru, yaitu Turion 64.

Prosesor AMD Athlon 64 adalah sebuah mikroprosesor 64-bit yang dibuat oleh Advanced Micro Devices. Prosesor ini dimanufaktur dengan menggunakan proses manufaktur 130 nanometer atau 90 nanometer dan teknologi Silicon-On-Insulator (SOI). Prosesor ini adalah prosesor 64-bit dengan set instruksi AMD64, yang merupakan sebuah ekstensi terhadap set instruksi x86 yang berupaset instruksi 32-bit. Dengan menggunakan set instruksi AMD64, Athlon 64 dapat menjalankan aplikasi 32-bit secara native, selain tentunya dapat menangani aplikasi 64-bit. Ini berbeda dengan prosesor Intel IA-64 (Itanium, Itanium 2) yang benar-benar menggunakan set instruksi yang 64-bit (bukan ekstensi terhadap x86), sehingga prosesor IA-64 tidak dapat menangani aplikasi 32-bitsecara native (dibutuhkan proses emulasi untuk mengekeskusi aplikasi 32-bit).
Athlon 64 menggunakan satu buah link HyperTransport 16-bit agar dapat dikoneksikan ke chipset motherboard. Ini berbeda dengan prosesor AMD64 lainnya, AMD Opteron dan AMD Athlon 64 FX-51/FX-53 (Socket-940), yang memiliki tiga buah link HyperTransport (dua link dapat digunakan untuk dihubungkan dengan prosesor lainnya, sementara satu link lagi dihubungkan dengan chipset I/O motherboard).
AMD Athlon 64 pada saat dikembangkan memiliki nama kode Clawhammer, sebab memang set instruksi AMD64 memiliki julukan sebagai "Hammer". Arsitektur AMD64 juga sering disebut sebagai K8 karena memang penerus arsitektur K7 yang digunakan oleh keluarga prosesor AMD Athlon (Athlon, Athlon XP, Sempron, Duron).
AMD Athlon 64 ditujukan untuk pasar desktop mainstream berkinerja tinggi, sehingga menjadikan AMD Athlon XP pun pensiun menjadi flagship prosesor desktop AMD, seolah-olah AMD Athlon XP menjadi "Duron"-nya AMD Athlon 64, sebelum digantikan oleh AMD Sempron.
Kinerja prosesor ini mengesankan: selain dapat mengeksekusi instruksi 64-bit dan 32-bit, dengan hanya menggunakan kecepatan yang lebih rendah, ia dapat menyamai kinerja dari prosesor Intel Pentium 4 (Prescott, Cedar Mill) yang memiliki kecepatan yang jauh lebih kencang. Sebelum Intel datang dengan Intel Core 2 Duo, prosesor ini sempat merajai pasaran mainstream (gamer pada khususnya) dan antusias.


Athlon 64 merupakan generasi kedelapan, AMD64-arsitektur mikroprosesor diproduksi oleh AMD, dirilis pada 23 September 2003. Ini adalah prosesor ketiga untuk menanggung nama Athlon, dan penerus langsung ke Athlon XP. Prosesor kedua (setelah Opteron) untuk melaksanakan arsitektur AMD64 dan prosesor 64-bit pertama ditargetkan pada konsumen rata-rata, itu adalah mikroprosesor konsumen utama AMD, dan bersaing terutama dengan Intel, Pentium 4 terutama "Prescott" dan " Cedar Mill "inti revisi. Ini adalah pertama AMD K8, generasi kedelapan prosesor inti untuk komputer desktop dan mobile. Meskipun native 64-bit, arsitektur AMD64 adalah mundur-kompatibel dengan 32-bit instruksi x86. Athlon 64 telah diproduksi untuk Socket 754, Socket 939, Socket 940 dan Socket AM2. Garis digantikan oleh 64 dual-core Athlon X2 dan X2 Athlon garis.
Athlon 64 awalnya nama kode ClawHammer oleh AMD, dan disebut seperti itu secara internal dan dalam siaran pers. Athlon 64 FX pertama didasarkan pada core Opteron pertama, palu godam. Kedua core, diproduksi pada proses nanometer 130, pertama kali diperkenalkan pada tanggal 23 September 2003. Model pertama yang tersedia adalah FX-51, pas Socket 940, dan 3200 +, Socket pas 754. Seperti Opteron, yang itu didasarkan, Athlon FX-51 diperlukan buffered RAM, meningkatkan biaya akhir upgrade Minggu peluncuran 64 Athlon, Intel merilis Pentium 4 Extreme Edition, sebuah CPU yang dirancang untuk bersaing dengan Athlon 64 FX. The Extreme Edition secara luas dianggap sebagai taktik pemasaran untuk menarik publisitas jauh dari AMD, dan dengan cepat dijuluki antara beberapa kalangan yang "Darurat Edition". Meskipun permintaan yang sangat kuat untuk chip, AMD mengalami manufaktur awal

Single-core Athlon 64
Semua prosesor 64-bit dijual oleh AMD sejauh memiliki asal-usul mereka dalam proyek K8 atau Hammer. Pada tanggal 1 Juni 2004, AMD merilis versi baru dari kedua ClawHammer dan revisi inti Newcastle untuk 939 Socket baru diperkenalkan, sebuah Socket 940 diubah tanpa perlu untuk memori buffer Socket 939 menawarkan dua perbaikan utama daripada Socket 754.: memory controller telah diubah dengan dual-channel arsitektur, dua kali lipat bandwidth memori puncak, dan bus HyperTransport meningkat pada kecepatan dari 800 MHz sampai 1000 MHz. Socket 939 juga diperkenalkan dalam seri FX dalam bentuk FX-55. Pada saat yang sama, AMD juga mulai kapal "Winchester" inti, didasarkan pada proses nanometer 90.
Inti revisi "Venice" dan "San Diego" berhasil semua revisi sebelumnya pada tanggal 15 April 2005. Venice, bagian bawah-end, diproduksi untuk kedua Socket 754 dan 939, dan termasuk 512 KB L2 cache. San Diego, chip yang lebih tinggi-end, diproduksi hanya untuk Socket 939 dan dua kali lipat Venesia L2 cache 1 MB. Keduanya diproduksi pada proses fabrikasi 90 nm. Kedua dukungan juga termasuk untuk set instruksi SSE3, fitur baru yang telah dimasukkan dalam Pentium 4 rival sejak rilis inti Prescott pada bulan Februari 2004 Selain itu, AMD dirombak memory controller untuk revisi ini, menghasilkan peningkatan kinerja serta dukungan untuk RAM DDR baru. kesulitan yang membuat sulit untuk memberikan Athlon 64 dalam jumlah.. Pada bulan-bulan awal Athlon 64 umur, AMD hanya bisa menghasilkan 100.000 chip per bulan. Namun, itu sangat kompetitif dalam hal kinerja ke Pentium 4, dengan Dunia majalah PC menyebutnya "yet tercepat". "Newcastle" dirilis segera setelah ClawHammer, dengan setengah cache 2 Tingkat.

Dual-core Athlon 64
Pada tanggal 21 April 2005, kurang dari seminggu setelah rilis Venesia dan San Diego, AMD mengumumkan penambahan berikutnya untuk garis Athlon 64, Athlon 64 X2. Rilis pada tanggal 31 Mei 2005, juga awalnya memiliki dua revisi inti yang berbeda tersedia untuk umum, Manchester dan Toledo, satu-satunya perbedaan antara mereka menjadi cukup jumlah L2 cache. Keduanya dirilis hanya untuk Socket 939. The Athlon 64 X2 telah diterima dengan sangat baik oleh pengulas dan masyarakat umum, dengan konsensus umum muncul bahwa pelaksanaan AMD multi-core adalah lebih unggul dari Pentium D.
Beberapa merasa awalnya bahwa X2 akan menyebabkan kebingungan pasar berkaitan dengan titik harga sejak prosesor baru ditargetkan pada saat yang sama "antusias," US $ 350 dan pasar di atas sudah diduduki oleh ada soket 939 AMD Athlon 64. rincian resmi AMD chip menempatkan Athlon X2 ditujukan segmen mereka disebut yang "prosumer", bersama dengan penggemar media digital. The 64 Athlon ditargetkan pada konsumen mainstream, dan FX Athlon pada gamer. Prosesor Sempron anggaran ditargetkan pada nilai-sadar konsumen. Setelah peluncuran Athlon 64 X2, AMD mengungguli Intel dalam penjualan ritel AS untuk jangka waktu, meskipun Intel mempertahankan kepemimpinan pasar secara keseluruhan karena hubungan eksklusif dengan langsung penjual seperti Dell.
DDR2
Athlon 64 telah difitnah oleh beberapa kritikus untuk beberapa waktu karena kurangnya dukungan untuk DDR2 SDRAM, sebuah teknologi baru yang telah diadopsi lebih awal oleh Intel. Posisi resmi AMD adalah bahwa CAS latency pada DDR2 tidak berkembang ke titik di mana itu akan menguntungkan bagi konsumen untuk mengadopsi itu. AMD akhirnya diperbaiki ini kesenjangan dengan revisi inti "Orleans", 64 Athlon pertama yang sesuai dengan Socket AM2, dirilis pada tanggal 23 Mei 2006. "Windsor", Athlon 64 X2 revisi untuk Socket AM2, dirilis secara bersamaan. Kedua Orleans dan Windsor memiliki baik 512 KB atau 1 MB L2 cache per core. The Athlon 64 FX-62 juga dirilis secara bersamaan pada platform Socket AM2. Socket AM2 juga mengkonsumsi lebih sedikit daya dibandingkan platform sebelumnya, dan mendukung AMD-V.
Kontroler memori yang digunakan dalam semua prosesor SDRAM DDR2 mampu (Socket AM2), telah diperpanjang rentang kolom alamat 11 kolom bukan konvensional 10 kolom, dan dukungan dari 16 ukuran halaman KB, dengan maksimal 2048 entri individu yang didukung. Sebuah kit OCZ DDR2 unbuffered, dioptimalkan untuk 64-bit sistem operasi, dirilis untuk memanfaatkan fungsionalitas yang disediakan oleh kontroler memori di prosesor socket AM2, memungkinkan memory controller untuk tinggal lebih lama pada halaman yang sama, sehingga diuntungkan aplikasi grafis yang intensif.
·      Fitur
Ada empat varian:. Athlon 64, Athlon 64 FX, Athlon 64 Handphone (kemudian berganti nama menjadi "Turion 64") dan dual-core Athlon 64 X2 umum antara garis 64 Athlon berbagai instruksi set termasuk MMX, 3DNow, SSE!, SSE2, SSE3. Dan semua 64 Athlon juga mendukung bit NX, fitur keamanan bernama "Virus Protection disempurnakan" oleh AMD. Dan sebagai implementasi dari arsitektur AMD64, semua varian Athlon 64 adalah mampu menjalankan 16 bit, 32 bit x86, dan kode AMD64, melalui dua mode yang berbeda prosesor dapat berjalan dalam: "Modus Legacy" dan "modus lama". Modus warisan menjalankan program 16-bit dan 32-bit native, dan modus lama berjalan 64-bit program native, tetapi juga memungkinkan untuk 32-bit program yang berjalan di dalam sistem operasi 64-bit. Semua prosesor Athlon 64 fitur 128 Kilobyte tingkat 1 cache, dan setidaknya 512 KB level 2 cache.
·      On-die memory controller
Athlon 64 dilengkapi dengan memory controller on-die, sebuah fitur yang sebelumnya terlihat hanya pada Crusoe Transmeta. Hal ini tidak hanya berarti controller berjalan pada clock rate yang sama seperti CPU itu sendiri, itu juga berarti sinyal listrik memiliki jarak fisik lebih pendek untuk bepergian dibandingkan dengan interface northbridge lama. Hasilnya adalah penurunan yang signifikan dalam latency ( waktu respon) untuk permintaan akses ke memori utama. The latency rendah sering dikutip sebagai salah satu keuntungan dari arsitektur 64 Athlon dibandingkan dengan para pesaing yang pada saat itu.
·      Penerjemahan lookaside Buffer (Translation Lookaside Buffers)
Buffer lookaside terjemahan (TLBs) juga telah diperbesar (40 4k/2M/4M entri dalam cache L1, 512 4k entri), dengan latency berkurang dan meningkatkan prediksi cabang, dengan empat kali jumlah counter bimodal dalam sejarah global kontra ini. Dan perangkat arsitektur lainnya, terutama karena penerapan hal SSE, meningkatkan instruksi per siklus (IPC) kinerja dari generasi sebelumnya Athlon XP. Untuk membuat ini lebih mudah bagi konsumen untuk memahami, AMD telah memilih untuk memasarkan Athlon 64 menggunakan PR (Penilaian Kinerja) sistem, di mana angka-angka kasar peta untuk Pentium 4 setara kinerja, bukan clock speed yang sebenarnya.
·      Cool'n'Quiet
Athlon 64 juga dilengkapi CPU throttling kecepatan teknologi bermerek Cool'n'Quiet, sebuah fitur yang mirip dengan SpeedStep Intel yang dapat throttle clock speed prosesor kembali untuk memfasilitasi konsumsi daya yang rendah dan produksi panas. Ketika pengguna menjalankan aplikasi ringan dan beban pada prosesor ringan, clock speed prosesor dan tegangan berkurang. Hal ini pada gilirannya akan mengurangi daya puncak konsumsi (max TDP ditetapkan pada 89 W oleh AMD) ke level 32 W (C0 melangkah, clock speed dikurangi menjadi 800 MHz) atau 22W (loncatan CG, clock speed dikurangi menjadi 1 GHz). Athlon 64 juga memiliki Penyebar Panas Terpadu (IHS) yang mencegah mati CPU dari sengaja sedang rusak saat mount dan unmounting heat sink. Dengan CPU AMD sebelum shim CPU dapat digunakan oleh orang-orang khawatir tentang merusak mati


Socket-sokcet AMD Athlon 64
·      Socket 754
Socket 754 adalah soket CPU awalnya dikembangkan oleh AMD untuk berhasil dengan Athlon XP Platform (socket 462, juga disebut sebagai Socket A). Socket 754 adalah socket pertama kali dikembangkan oleh AMD untuk mendukung konsumen baru mereka versi keluarga mikroprosesor 64 bit yang dikenal sebagai AMD64.
Soket 754 adalah soket asli untuk AMD Athlon 64 prosesor desktop. Karena pengenalan layout socket baru (yaitu Socket 939, Socket 940 dan Socket AM2), Socket 754 menjadi lebih "anggaran-berpikiran" socket untuk digunakan dengan AMD Athlon 64 atau prosesor Sempron. Ini berbeda dari Socket 939 di beberapa daerah:
dukungan untuk kontroler memori saluran tunggal (64-bit wide) dengan maksimum 3 DIMM (tidak ada dukungan dual channel)
HyperTransport rendah kecepatan (800 MHz Bi-Directional, 16 bit jalur data, dan hilir)
rendah yang efektif data bandwidth (9,6 GB / s). Jumlah pin 754. Tipe PGA-ZIF
manufaktur motherboard biaya yang lebih rendah
Meskipun AMD dipromosikan Socket 754 sebagai platform anggaran pada desktop dan mendorong pengguna menengah dan high-end untuk menggunakan platform yang lebih baru, Socket 754 tetap untuk beberapa waktu sebagai high-end solusi AMD untuk aplikasi mobile, (misalnya HP zv6000 series). Namun, Socket S1 dirilis dan digantikan Socket 754 di segmen CPU mobile, dengan dukungan untuk dual-core CPU dan DDR2

·      Socket 939

Socket 939 adalah soket CPU dirilis oleh AMD pada bulan Juni 2004 untuk menggantikan Socket 754 sebelumnya untuk Athlon 64 prosesor. Socket 939 telah digantikan oleh Socket AM2 pada Mei 2006. Ini adalah soket kedua yang dirancang untuk rentang AMD64 AMD prosesor.
Socket 939 prosesor dan motherboard menjadi tersedia pada bulan Juni 2004, dan digantikan oleh Socket AM2 pada bulan Mei 2006. AMD telah berhenti produksi socket ini untuk fokus pada platform sekarang dan masa depan. Namun, setidaknya satu Socket motherboard 939 baru telah diproduksi menggunakan chipset AMD modern sejak AMD Socket AM2 dialihkan ke. Pada tahun 2009 pembuat motherboard ASRock merilis motherboard Socket 939 baru. Motherboard ini menggunakan AMD 785G IGP chipset southbridge SB710. Prosesor secara single dan dual-core yang diproduksi untuk socket ini di bawah Athlon 64, Athlon 64 FX, Athlon 64 X2, Sempron dan nama Opteron. Opteron 185 dan Athlon 64 FX-60, keduanya menampilkan kecepatan 2,6 GHz dan 1 jam MB Level 2 cache per core, adalah dual-core tercepat prosesor dibuat untuk socket ini. FX-57 berlari sedikit lebih cepat pada 2,8 GHz, sehingga inti prosesor tercepat tunggal yang mendukung antarmuka soket 939.
Spesifikasi teknis
Ini mendukung dual channel memori DDR SDRAM, dengan 6,4 GB / s bandwidth memori. Socket 939 prosesor dukungan 3DNow, SSE2!, Dan SSE3 (revisi E atau lambat) set instruksi. Memiliki satu link HyperTransport dari 16 bit lebar yang dapat berlari secepat 2000 MT / s. Jumlah pin 939. Kecepatan 200 MHz System clock 1 GHz HyperTransport. Dalam hal slot ekspansi video, Socket 939 sistem dapat ditemukan dengan kedua slot AGP dan PCI-E x16 juga. Prosesor menggunakan socket ini memiliki 64KB setiap Level 1 instruksi dan data cache, dan baik 256KB, 512KB atau 1 MB Level 2 cache.

·      Socket AM2

Prosesor AM2 tidak kompatibel dengan motherboard 939 dan sebaliknya, dan meskipun memiliki pin 940, tidak kompatibel dengan Socket 940. Socket AM2 mendukung memori DDR2 SDRAM tapi tidak memori DDR, yang Socket 939 sebelumnya didukung. AnandTech melaporkan bahwa Socket AM2 adalah kinerja sistem hingga 7% lebih cepat dari Socket 939 setara, dengan sebagian besar aplikasi sekitar 2% lebih cepat, walaupun memiliki lebih dari 30% bandwidth memori yang lebih besar karena dukungan DDR2.
The core prosesor pertama yang mendukung socket AM2 adalah single-core Orleans (Athlon 64) dan Manila (Sempron), dan dual-core Windsor (Athlon 64 X2 dan Athlon 64 FX). Kebanyakan prosesor pada Socket AM2 meliputi instruksi SSE3 dan dikembangkan dengan teknologi 90 nanometer. Model terbaru fitur teknologi 65 nanometer (untuk bersaing dengan Intel dan CPU 65 nm mereka).
Socket AM2 mendukung prosesor AMD Phenom tetapi beberapa produsen motherboard tidak menyediakan file BIOS baru yang dibutuhkan untuk mengoperasikan prosesor Phenom.
Socket AM2 adalah bagian dari generasi AMD soket CPU yang termasuk F Socket untuk server dan S1 Socket untuk komputasi mobile.
Ada juga single-socket Opteron tersedia untuk AM2.
Sementara dokumentasi teknis yang tersedia untuk generasi sebelumnya dari soket prosesor AMD, AM2



Beberapa soket telah diumumkan yang secara teori pin-kompatibel dengan socket AM2, tetapi yang berbeda dalam hal fitur.
Ø  Socket AM2 +
Socket AM2 + adalah penerus menengah untuk socket AM2, yang menampilkan pesawat listrik dibagi, dan HyperTransport 3.0. Socket AM2 + chip dapat menyambung ke motherboard AM2 socket (meskipun produsen motherboard tertentu tidak mendukung), tetapi beroperasi hanya dengan HyperTransport 2.0. CPU AM2 tidak lagi diproduksi, dan biasanya hanya tangan kedua yang tersedia.
Ø  Socket AM3
Socket AM3 prosesor dapat berjalan di Socket AM2 dan AM2 + motherboard dengan update bios yang sesuai, tetapi tidak sebaliknya. Prosesor AM3 memiliki kontroler memori baru mendukung kedua DDR2 dan DDR3 SDRAM, memungkinkan kompatibilitas mundur dengan AM2 dan AM2 + motherboard. Sejak AM2 dan AM2 + prosesor tidak memiliki kontroler memori baru, mereka tidak akan bekerja pada motherboard AM3.

Contoh Motherboard AMD Athlon 64 socket 754
http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQZgljcvZa8OAgrMEdtyhq1KXbWBmtB9MTCv7Lui5yyUa2RyJyvKIAdddy3


Harga Motherboard
No
Merk/Specs
Harga
1
Advance K-8M8V AMD Socket AM2 
481,000
2
Biostar A780L AMD Socket AM2 
466,000
3
Biostar MCP6P M2 AMD Socket AM2 
433,000
4
Biostar N68S+ AM2+ AMD Socket AM2 
438,000
5
Biostar TA785A2+ AMD Socket AM2 
571,000
6
Biostar TA790GXE 128M A2+ AMD Socket AM2 
677,000
7
Biostar TA790GXE AMD Socket AM2 
666,000

Harga Prosesor AMD
No
Merk/Specs
Harga
1
AMD Athlon 64 3500+ Tray (2.2Ghz,512KB) AMD AM2
309,000
2
AMD Athlon X2 7550 (Tray+Fan) (2500Mhz,2x512KB) AMD AM2 
366,000

Comments

Popular posts from this blog

Perintah-Perintah Dasar Linux Debian

A. Perintah-perintah dasar GNU/Linux
Perintah-perintah (command) dasar di GNU/Linux di jalankan di suatu terminal shell yang
biasa disebut terminal atau console. Terminal atau console ini dikenal dengan istilah
command line interface (CLI) yang bisa diaktifkan dengan cara klik menu Applications -
Accessories - Terminal. Selain itu bisa juga dengan bekerja diconsole murni dengan
menakan kombinasi tombol ctrl+alt+F1 dimana F1 bisa diganti sampai F6. Untuk kembali
ke mode Grafical User Interface (GUI) tekan ctrl+alt+F7.
Berikut ini hanya beberapa command yang umum terdapat di setiap distribusi GNU/Linux
khususnya distribusi Ubuntu.
1. login
Fungsi : Untuk masuk ke dalam jaringan .
Keterangan : Setiap pemakai sah dari sistem UNIX mempunyai identifikasi pemakai
sendiri (ID).
2. password
Fungsi : Memasukkan kata sandi setelah login.
Keterangan : Untuk pemakai yang baru didaftar oleh SUPER USER maka user tidak
perlu memasukkan kata sandi. Untuk menjaga kerahasiaan, pengetikan
tombol passwor…

Kisah Cinta LDR (Pacaran Jarak Jauh)

Love is in the chat messenger
Girl : Kamu lagi ngapain say ?
Boy : Biasa lagi ngerjain tugas kuliah. Kamu udah makan ?
Girl : Udah. Kamu belum tidur ? Kalau disini siang berarti disana tengah malem kan ?
Boy : Biasa lah say aku belum bisa tidur kalau tugas belum selesai. Deadlinenya besok soalnya. Haha. Lembur deh aku malem ini.
Girl : Brati chatting aku ngganggu ya ?
Boy : Nggak kok, aku lagi isitirahat. Udah mau selesai juga kok tugasnya. Paling sejam lagi juga kelar
Girl : Kamu kapan pulang ke Indonesia ?
Boy : Libur semester ini aku pulang dari China ke tanah air. Mungkin dua bulan lagi. Kamu kapan pulang dari Inggris ? Aku kangen banget loh.
Girl : Mungkin libur semester juga, tapi libur semesterku masih empat bulan lagi. Yah nggak bakal ketemu dong kita. Hiks
Boy : Udah-udah. Kan sekarang kita lagi ketemuan walaupun Cuma di dunia maya.
Girl : Iya untung deh ada internet, walaupun kita LDR tetep bisa melepas cinta. Nggak kerasa udah hampir 6 bulan kita LDR.
Boy : Iya, kangen ni…

Jenis Jenis Tower Jaringan Telekomunikasi Berdasarkan . . .

Tower Jaringan Telekomunikasi adalah menara yang terbuat dari rangkaian besi atau pipa baik segi empat atau segitiga, atau hanya berupa pipa panjang (tongkat) yang bertujuan untuk menempatkan antenna dan radio pemancar maupun sebagai penerima gelombang telekomunikasi dan informasi. Intinya Tower BTS berfungsi untuk menjembatani perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan yang menuju jaringan lain.

Berdasarkan Lokasinya, tower jaringan telekomunikasi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
1. Rooftop : Tower yang berdiri di atas sebuah gedung.
2. Greenfield : Tower yang berdiri langsung di atas tanah.

Berdasarkan bentuknya, tower jaringan telekomunikasi dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

1. Tower 4 Kaki ( Rectangular Tower )

Tower ini berbentuk segi empat dengan empat kaki. Tower dengan 4 kaki sangat jarang sekali dijumpai roboh. Tower jenis ini memiliki kekuatan tiang pancang serta sudah dipertimbangkan konstruksinya. Tower ini mampu menampung banyak antenna dan radio. Harga tipe ini sangat m…