Skip to main content

Mengobrak User Melalui CMD (DOS)

Sekarang sudah jarang para pengguna computer mengenal adanya perintah yang diberikan kepada computer berupa perintah teks yang langsung dieksekusi oleh computer itu sendiri yang disebut dengan perintah DOS (DOS Command).

Misalkan saja untuk melihat isi suatu drive harddisk berupa file-file, kita harus mengetikan perintah dir supaya file-file yang ada pada drive bisa ditampilkan. Beda bukan dengan saat ini yang sudah dikenal dengan teknologi system operasi windows yang semuanya dapat dilakukan dengan mudah, yaitu hanya dengan explorer, semua file pada drive yang ditentukan dapat terlihat dengan jelas.
Diantara perintah-perintah DOS tersebut ada sebuah perintah yang juga sangat bermanfaat untuk menampilkan akun para pengguna computer serta mengganti password akun tersebut pada windows, yaitu perintah NET (huruf capital hanya mempertegas bahwa tulisan itu adalah sebuah perintah), dalam penggunaannya boleh dengan huruf besar atau kecil.
Sebagai informasi bahwa praktek mengubah password untuk user windows ini saya menggunakan windows xp service pack 2 (sp2) dan perintah ini hanya dapat dilakukan oleh seorang administrator, dengan begitu maka untuk melakukan perintah ini harus login menggunakan akun administrator sedangkan bila login menggunakan user yang lebih rendah haknya dari administrator maka perintah tersebut akan tidak berfungsi untuk mengubah password namun perintah tersebut hanya bisa digunakan untuk melihat user yang ada.
Berikut ini perintah untuk melihat dan mengubah password user yang ada pada windows xp sp2.
Pertama jalankan command prompt dengan cara klik Start-All Programs-Accessories-Command Prompt sehingga muncul jendela berwarna hitam seperti terlihat pada gambar berikut.
Pada command prompt ketikan perintah sebagai berikut : net user ENTER sehingga hasilnya seperti gambar berikut.
Dari user-user yang ada, anda bisa membuat sebuah password untuk user yang ada dan dapat juga menghapus password yang ada atau mengganti password yang ada dari setiap user yang ada.
Membuat password dan Mengubah Password
Untuk membuat password pada masing-masing user dapat dilakukan dengan memberikan perintah berikut ini.
Net user {nama user} {password}
Contoh : net user guest 1234
Penjelasannya : Net user adalah perintah, kemudian guest adalah nama user dan 1234 adalah password, jadi perintah di atas adalah membuat atau mengubah password bagi nama pengguna Guest. Perhatikan gambar berikut.

Setelah menekan ENTER maka muncul pesan “The Command Completed Successfully” yang menyatakan bahwa perintah pembuatan password untuk akun Guest sudah berhasil dengan baik. Untuk membuktikan bahwa akun Guest sudah menggunakan password 1234 coba klik menu Start-Log Off-Switch User dan gunakan akun Guest untuk login, maka windows akan meminta anda memasukan password karena anda sudah membuatnya pada command prompt. Ketik 1234 kemudian tekan ENTER untuk masuk ke akun Guest.
Setelah membuat atau mengubah password, tentu kita juga harus bisa menghapus password tersebut apabilah sudah tidak dibutuhkan lagi. Lalu bagaimana caranya ikuti langkah berikut ini.
Menghapus password
Akun Guest yang sudah dibuatkan passwordnya melalui command prompt, sekarang kita akan menghilangkannya atau menghapusnya, caranya dengan perintah berikut :
Net user guest * ENTER
Setelah menekan enter maka muncul pesan “Type a password for the user :” tekan ENTER saja karena kita tidak ingin membuat password melainkan menghapus password yang ada.
Berikutnya adalah pesan “Retype the password to confirm :” juga tekan ENTER saja karena tidak ada password sehingga muncul pesan yang terakhir “The Command Complited Successfully” yang berarti bahwa perintah menghilangkan password tersebut sudah berhasil dilakukan.
Perintah menghapus password di atas juga dapat digunakan untuk membuat sebuah password baru. Apabila hendak membuat password baru dengan perintah di atas maka pada saat muncul pesan “Type a password for the user :” maka tulis atau ketikan password untuk user tersebut (contoh : 1234) dan tekan ENTER, kemudian muncul pesan kedua “Retype the password to confirm :” maka ketiklan sekali lagi password (contoh : 1234) kemudian tekan ENTER.
PESAN: KALAU TERJADI SESUATU ATAU KESALAHAN ANDA SENDIRI DI LUAR TANGGUNG JAWAB 

Comments

Popular posts from this blog

Perintah-Perintah Dasar Linux Debian

A. Perintah-perintah dasar GNU/Linux
Perintah-perintah (command) dasar di GNU/Linux di jalankan di suatu terminal shell yang
biasa disebut terminal atau console. Terminal atau console ini dikenal dengan istilah
command line interface (CLI) yang bisa diaktifkan dengan cara klik menu Applications -
Accessories - Terminal. Selain itu bisa juga dengan bekerja diconsole murni dengan
menakan kombinasi tombol ctrl+alt+F1 dimana F1 bisa diganti sampai F6. Untuk kembali
ke mode Grafical User Interface (GUI) tekan ctrl+alt+F7.
Berikut ini hanya beberapa command yang umum terdapat di setiap distribusi GNU/Linux
khususnya distribusi Ubuntu.
1. login
Fungsi : Untuk masuk ke dalam jaringan .
Keterangan : Setiap pemakai sah dari sistem UNIX mempunyai identifikasi pemakai
sendiri (ID).
2. password
Fungsi : Memasukkan kata sandi setelah login.
Keterangan : Untuk pemakai yang baru didaftar oleh SUPER USER maka user tidak
perlu memasukkan kata sandi. Untuk menjaga kerahasiaan, pengetikan
tombol passwor…

Kisah Cinta LDR (Pacaran Jarak Jauh)

Love is in the chat messenger
Girl : Kamu lagi ngapain say ?
Boy : Biasa lagi ngerjain tugas kuliah. Kamu udah makan ?
Girl : Udah. Kamu belum tidur ? Kalau disini siang berarti disana tengah malem kan ?
Boy : Biasa lah say aku belum bisa tidur kalau tugas belum selesai. Deadlinenya besok soalnya. Haha. Lembur deh aku malem ini.
Girl : Brati chatting aku ngganggu ya ?
Boy : Nggak kok, aku lagi isitirahat. Udah mau selesai juga kok tugasnya. Paling sejam lagi juga kelar
Girl : Kamu kapan pulang ke Indonesia ?
Boy : Libur semester ini aku pulang dari China ke tanah air. Mungkin dua bulan lagi. Kamu kapan pulang dari Inggris ? Aku kangen banget loh.
Girl : Mungkin libur semester juga, tapi libur semesterku masih empat bulan lagi. Yah nggak bakal ketemu dong kita. Hiks
Boy : Udah-udah. Kan sekarang kita lagi ketemuan walaupun Cuma di dunia maya.
Girl : Iya untung deh ada internet, walaupun kita LDR tetep bisa melepas cinta. Nggak kerasa udah hampir 6 bulan kita LDR.
Boy : Iya, kangen ni…

Jenis Jenis Tower Jaringan Telekomunikasi Berdasarkan . . .

Tower Jaringan Telekomunikasi adalah menara yang terbuat dari rangkaian besi atau pipa baik segi empat atau segitiga, atau hanya berupa pipa panjang (tongkat) yang bertujuan untuk menempatkan antenna dan radio pemancar maupun sebagai penerima gelombang telekomunikasi dan informasi. Intinya Tower BTS berfungsi untuk menjembatani perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan yang menuju jaringan lain.

Berdasarkan Lokasinya, tower jaringan telekomunikasi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
1. Rooftop : Tower yang berdiri di atas sebuah gedung.
2. Greenfield : Tower yang berdiri langsung di atas tanah.

Berdasarkan bentuknya, tower jaringan telekomunikasi dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

1. Tower 4 Kaki ( Rectangular Tower )

Tower ini berbentuk segi empat dengan empat kaki. Tower dengan 4 kaki sangat jarang sekali dijumpai roboh. Tower jenis ini memiliki kekuatan tiang pancang serta sudah dipertimbangkan konstruksinya. Tower ini mampu menampung banyak antenna dan radio. Harga tipe ini sangat m…