Skip to main content

Apa itu NAT ?

Hai, kali ini saya akan berbagi sedikit tentang jaringan komputer. Saya akan membahas tentang NAT pada jaringan komputer. Langsung saja .

Apa itu NAT (Network Address Translator) ?
Network Address Translation atau biasanya orang menyebutnya dengan NAT. NAT adalah suatu metode untuk menghubungkan lebih dari satu komputer ke jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP. Biasanya menggunakan IP Publik sebagai penghubungnya. NAT digunakan karena ketersediaan alamat IP yang terbatas, kebutuhan akan keamanan dan kemudahan serta fleksibilitas dalam administrasi jaringan.

Dalam jaringan local / LAN , NAT diperlukan untuk menghubungkan jaringan LAN untuk dapat mengakses internet. NAT sendiri juga disebut sebagai bagian dari firewall dalam sebuah jaringan komputer. Firewall yang dimaksud adalah seperti menghubungkan jaringan yang memiliki IP Private (biasanya LAN) ke internet. Pada pelayanan ISP, biasanya akan diberikan 1 alamat IP Publik yang digunakan menuju ke internet. Disinilah NAT di berikan kepada masing-masing komputer / perangkat client yang ingin terhubung dengan internet.

Di dalam NAT sangat diperlukan keamanan. Musalnya ketika suatu komputer terkoneksi ke internet, komputer tersebut tidak sengaja mengakses misalnya ke server atau suatu situs tertentu, tetapi komputer tersebut juga sangat mungkin untuk diakses oleh komputer lain yang sama-sama terkoneksi ke internet. Jika hal ini terjadi dan disalahgunakan, apabila sampai terjadi seperti hal tersebut akan sangat membahayakan. Data - data pribadi / penting juga dapat dilihat atau di curi bahkan di salah gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

NAT secara otomatis akan memberikan proteksi layaknya firewall yang saya sebutkan diatas. NAT hanya akan mengizinkan koneksi yang berasal dari dalam jaringan. Hal ini berarti akan menahan atau menolak akses koneksi dari luar ke dalam jaringan menjadi relatif kecil.

Berikut ini adalah beberapa command line atau perintah yang digunakan untuk membuat nat pada beberapa perangkat seperti menggunakan Router Cisco , Linux server, atau Mikrotik.

1. Konfigurasi NAT pada Router CISCO
Misalnya kita akan meNATkan IP 192.168.17.1 bisa akses ke internet. dengan ip publik 117.102.227.49
Router#enable
Router#configure terminal
Enter configuration commands, one per line. End with CNTL/Z.
Router(config)#ip nat inside source static 192.168.17.1 117.102.227.49
Router(config)#int fa0/0 -----> [masuk ke interface ke internet]
Router(config-if)#no shutdown -----> [untuk mengaktifkan interfacenya]
Router(config-if)#ip nat outside
Router(config-if)#exit ------------> [keluar dari interface internet]
Router(config)#int fa1/0 ---------> [masuk ke interface local]
Router(config-if)#no shutdown -----> [untuk mengaktifkan interfacenya]
Router(config-if)#ip nat inside
Router(config-if)#exit
untuk penjelasan pada router CISCO bisa cek disini

2. Perintah NAT pada Router Mikrotik
pada terminal ketikkan perintah :
ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade
untuk penjelasan pada router mikrotik bisa cek disini

3. Perintah NAT pada Linux Server
NAT pada Linux server biasanya menggunakan perintah IPTABLES. sebelumnya kita harus mengaktifkan IP Forwading .
echo 1 > /proc/sys/net/ipv4/ip_forwardnano /etc/sysctl.conf#iptables -t nat -A POSTROUTING -o eth0 -j MASQUERADE
pada perintah kedua, ubahlah baris yang tertulis net.ipv4.ip_forward = 0 menjadi net.ipv4.ip_forward = 1



CONCLUSION
Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan secara ringkas bahwa

  1. NAT berfungsi untuk mengubah IP Private seolah-olah menjadi IP Publik yang terkoneksi ke internet.
  2. NAT berfungsi sebagai salah satu pintu keamanan / firewall pada sebuah jaringan. 


Mungkin itu sedikit yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Drama Korea A Thousand Days Promise Sinopsis Lengkap

Kali ini saya akan hadir dengan Sinopsis Drama Korea Terbaru yang berjudul A Thousand Days Promise   dan bagi anda penggemar drama korea mungkin tidak mau melewatkan A Thousand Days Promise. drama korea yang berjenis melodrama romantis yang bisa membuat anda sangat terharu. A Thousand Days Promise menceritakan tentang kesetiaan serta kegigihan seorang suami dalam merawat istrinya yang perlahan lahan hilang ingatan,A Thousand Days Promise Korean Drama ini diproduksi pada tahun 2011, dan dibintangi oleh artis papan atas korea seperti Soo Ae sebagai Lee Seo-yeon, Kim Rae-won Sebagai Park Ji-hyung, dan Jung Yoo-mi Sebagai Noh Hyang-ki. Adapun kisah dari drama korea ini sangatlah menyentuh dan sangat mengharukan dengan ending yang bisa ditebak yaitu sad ending. nah bagi anda yang penasaran akan saya berikan Sinopsis A Thousand Days Promise . berikut sinopsisnya. A Thousand Days Promise Sinopsis Drama ini memulai kisahnya pada Lee Seo-yeon (Soo Ae) yang telah mengen

Pengertian dan Definisi Cara Mengetik 10 Jari (Typing Master Pro)

Assalamualaikum Wr.WB. Selamat pagi atau apalah pokoknya saya udah ngucapin selamat buat kalian entah pagi,siang,sore,malam,maupun tidur.(hehehe). Sudah lama nih saya tidak posting blog. hmmmm.. ini karena saya masih fokus untuk menyelesaikan semua tugas saya di sekolah saya tercinta. terutama tugas untuk produktif,karena saya adalah seorang anak smk (wkwkkw...). (lama amat, min... ) yaudah ketimbang saya curhat dan ngomong yang gk ada artinya lebih baek simak tulisan atau sedikit tips dan trick,pengetahuan untuk kalian semua. langsung saja , saya akan menulis tentang sebuah artikel yang berjudul " Pengertian dan Definisi Cara Mengetik 10 Jari (Typing Master Pro) ". langsung saja kita simak bareng-bareng.. :D Typing Master Pro (Mengetik 10 Jari) A.       Pengertian.   Typing Mater Pro adalah sebuah software yang dapat melatih kecepatan mengetik kita. Dengan software ini, kita dapat menjadi seorang typing yang handal . Typing Master ini dapat membantu Kita yang ingin

Perbedaan Useradd dan Adduser pada Linux

Soal Produktif. Jelaskan 3 perbedaan perintah Adduser dan Useradd ! Berikut adalah perbedaan useradd dan adduser : 1. a) Useradd : menciptakan user tanpa mengeset password.      b) Adduser : menciptakan user dengan melakukan setting password terlebih dahulu. 2. a) Useradd : menciptakan user tanpa ada home dirktorinya.     b) Adduser : menciptakan user serta home direktorinya. 3. a) Useradd : menciptakan user tanpa memberikan keterangan lengkap mengenai user tersebut.     b) Adduser : menciptakan user dengan memberikan keterangan lengkap si user tersebut.